Pidato Adiwiyata

contoh pidato tema adiwiyata

1. contoh pidato tema adiwiyata


cerita pendek singkat tema adiwiyata, :
Asalam mualaikum warahmatullahiwabarakatu
yg saya hormati bapak ibu komite smp negri 1 gondang yg saya hormati dan bapak kepala smp negri gondang yg saya hormati bapak ibu dan dewan guru staff tata usaha dan karyawan serta kawan kawan yg berbahagia
selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.pertama tama kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat allah swt .karna berkat rahmat allah hidayahnya kita dapat berkumpul
dg keadaan sehat wal.. afiat tak juga lupa salawat serta salam semoga tetap tercurahkan terhadap junjugan kita nabi besar muhammad swt. pada kesempatan baik ini saya menyapaikan beberapa hal yg penting yg ada kaitannya dg kegiatan yg sedang ramai di bicarakan yaitu adiwiyata.
program ini belum cukup lama dibelakukan di sekolahan ini tetapi untuk jadi syarat syarat adiwiyata sudah di umumkan utama tentang lingkungan hidup di sekolah tidak terawat
seolah olah tidak tau adanya masalah ini. saya menyimpulkan ini bahwa sekolah meremehkan ini mengungkapkan hal ini sudah terbukti.ini saja yang saya beritahukan pada pagi hari ini maaf jika ada kesalahan yg tersinggung tolong di maafkan ...
wasalamualaikum warohmatllahi wabarakatu:
ini pidatonya maaf kalau gak nyambung...

2. pidato adiwiyata bahasa Jawa


Assamualaikum wr.wb.

[kagem para rawuh ingkang agami sanes ,kula aturaken salam mugi raharja]

Bapak Kepala sekolah ingkang kinurmatan.

Bapak/Ibu Guru ingkang kula hormati

Siswa/siswi kelas 7 lan 8 ingkang kula tresnani

Saha para lenggah ingkang satuhu bagya mulya

Minangka purwakaning atur sumangga kita sesarengan ngaturaken puja lan puji syukur ing ngarsanipun Gusti ingkang Maha Agung ingkang sampun paring kanugrahan,rahmat,serta hidayahipun. Sahingga kita sedaya taksih saged kempal ing acara punika kanthi mboten wonten alangan satunggal punopo.

Kula badhe njelasake tentang sampah organik lan anorganik

Sampah ing sekolah kula dibedakno ono 2 bagian yaiku sampah anorganik lan sampah organik . Dipunpirsani sangking lingkungan sekolah kula,taksih wonten sampah sing kececeran iggih punika sampah plastik , kertas,lan godhong – godhongan .padahal ,kepala sekolah sampun nyediakake tempat sampah ing tiap – tiap ngarep kelas.tempat sampah ndek sekolah kula ana loro werna yaiku biru damel sampah organik lan werna kuning damel sampah anorganik.

Wonten mriki kula badhe njelas ake bab ngolah sampah organik.awalepun kita kudu nyeseh no godhong garing sak-katahipun ,sampuniku kita kudu nglebetake sampah wonten wadah nomer 1 seng ajeng dewe,lan diparingi bio kompos lan banyu,wonteniku kita kudu nyelep ,setunggal minggu. kita kudu nambah bio kompos, kanti dadi bubuk.sampuniku kita kudu mindah ing wadah nomer 2 lajeng diayak ngrantos dadi pupuk organik.Sampah anorganik ing sekolah kula dimanfaatna kanggo kerajinan tangan .contoh wadahe teh gelas di daur ulang dadi tirai pintu /pajangan.

Kesimpulane kita lan warga sekolah kudu njaga kebersihan lingkungan ,supaya sekolah kita katon resik lan indah. kita kudu manfa’at no sampah kanggo kompos utawa daur ulang.

Cekap semanten atur kaula ingkang ana salah nyuwun ngapura . bilih menawi wonten kalepatan kula nyuwun pangapunten.

Wassalamu’alaikum wr.wb


3. contoh pidato persuasif tentang Adiwiyata​


Jawaban:

Pidato Tentang Adiwiyata

Assalamu’alaikum Warahmatullahiwabaraqatu.

Yang saya hormati Bapak/Ibu Komite SMP Negeri 1 Gondang, Yang saya hormati Bapak Kepala SMP Negeri Gondang, Yang saya Hormti Bapak/Ibu dewan Guru, Staff Tata Usaha dan karyawan, serta kawan-kawan semua yang berbahagia.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Subhanahuwata’ala karena berkat rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul dengan keadaan sehat wal’afiat. Tak lupa juga salawat serta salam semoga tetap tercurahkan terhadap junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. Pada kesempatan yang baik ini saya akan menyampaikan beberapa hal penting yang ada kaitannya dengan kegiatan yang sedang ramai dibicarakan yaitu Adiwiyata.

Program ini belum cukup lama diberlakukan di sekolah ini tetapi syarat-syarat untuk menjadi sekolah Adiwiyata sudah diumumkan terutama tentang lingkungan hidup, dan lain-lain. Meskipun begitu beberapa lingkungan hidup di sekolah ini masih tetap tidak terawat , terutama di sudut-sudut sekolah ini. Harusnya masalah ini ditanggapi oleh pihak sekolah tetapi faktanya pihak sekolah malah membiarkan lingkungan hidup di sekolah tidak terawat, seolah-olah tidak tahu akan adanya masalah ini.

Saya menyimpulkan bahwa sekolah meremehkan hal ini, saya berani mengungkapkan hal ini karena memang sudah terbukti. Jika memang sekolah tidak meremehkan hal ini, pasti sudah ditanggapi dengan serius dari awal diadakannya program Adiwiyata. Bahkan jauh sebelum diadakannya program tersebut. Saya sebenarnya sangat kecewa dengan pihak sekolah, karena sudah menyia-nyiakan kesempatan yang bagus ini, bahkan kesempatan yang ditunggu-tunggu oleh sekolah lain.

Saya sangat-sangat mengharapkan agar pihak sekolah memperhatikan masalah yang menurut saya serius. Harusnya pihak sekolah terus menjaga lingkungan hidup di seluruh sekolah ini dan tidak hanya sehari atau dua hari.

Demikian masukan-masukan dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga saja masalah ini bisa segera teratasi dan saya juga meminta maaf apabila ada salah kata dari perkataan saya.

Wabillahitaufiq Walhidayah, Wassalamu’alaikum Warahmatullahiwabaraqatu.


4. teks pidato dengan tema lingkungan sekolah judul adiwiyata


Assalamualaikum wr wb

    Yang terhormat Kepala dan Bapak-Ibu guru serta teman-teman yang saya sayangi.

    Pertama-tama marilah kita mengucapkan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya sehingga pada acara ini kita dapt berkumpul dalam keadaaan sehat walafiat. Shlawat serta salam senantiasa kita sampaikan kepada Rasulullah SAW. Pada kesempatan kali ini saya akan berpidato singkat tentang program adiwiyata

    Kita semua sudah pahan tentang adiwiyata dan sudah melaksanakan program-programnya dengan baik. Namun, akhir-akhir ini saya mengamati ada beberapa hal yang menyimpang. Contoh pertama, sekarang warga sekolah membuang sampah sembarangan di meja kantin sekolah, padahal di area tersebut sudah di sediakan beberapa tempat sampah. Contoh kedua, hari Sabtu adalah hari kerja bakti, namun, para siswa lebih memilih untuk mengerjakan PR, bermain gadget, mengobrol, dll. Hal ini membuktikan bahwa kurangnya kesadaran warga sekolah tentang program adiwiyata sekolah kita.

    Sebenarmya itu hanyalah beberapa contoh dari banyak penyimpangan program adiwiyata sekolah kita. Maka dari itu marilah kita menyadarkan diri masing-masing tentang arti penting adiwiyata yang sebagaimana telah dijelaskan pada buku saku adiwiyata, arti penting adiwiyata pada akhirnya akan berguna pada kelancaran proses belajar mengajar di sekolah kita.

    Semoga kita dapat menjadikan sekolah adiwiyata yang hebat. Jika kita merawat lingkungan, maka lingkungan akan menjaga kita juga.

    Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb.


5. tolong bikinin naskah pidato temanya" pendidikan terhadap adiwiyata



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tentunya kita sebagai hamba yang beriman, tak akan lupa untuk senantiasa mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena hanya berkat rahmat, hidayah, karunia serta inayahNya, kita semua dapat berkumpul pada malam hari ini dengan penuh barokah. Tak lupa shalawat serta salam akan senantiasa kita haturkan kepada junjungan Nabi Akhir Jaman Muhammad SAW, beserta para sahabat dan keluarganya serta seluruh umatNya hingga akhir jaman.

Seluruh hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Mungkin bagi sebagian orang mendengar kata adiwiyata memang masih asing di telinga. Lalu apa itu yang dimaksud dengan Adiwiyata?. Kata adiwiyata sendiri berasal dari dua kata yaitu adi yang memiliki arti besar atau agung , lalu kata yang kedua adalah kata wiyata yang memiliki arti ideal atau sempurna. Jadi adiwiyata adalah tempat yang agung atau tempat yang besar, agung dan indah dan tempat tersebut digunakan sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma serta etika. Dan salah satu tempat tersebut tentunya adalah sekolah. Sehingga yang dimaksud dengan sekolah adiwiyata tentunya adalah sekolah yang peduli dengan lingkungan yang sehat,indah dan ideal.

Seluruh hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Tujuan sekolah adiwiyata ini sendiri tentunya untuk memberikan suatu tempat yang ideal bagi mereka yang sedang menuntut ilmu dan dapat membuat sekolah –sekolah agar dapat turut melaksanakan upaya pemerintah untuk menjaga melestarikan lingkungan. Demi terlaksana program ini memang diharapkan selruh warga sekolah untuk turut serta, sehingga pada akhirya sekolah akan menjadi sebuah tempat pembelajaan dan penyadaran untuk warga sekolah itu sendiri.


Seluruh hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Melihat betapa mulianya tujuan sekolah Adiwiyata itu sendiri, maka tentunya kita harus menyadari betul-betul bahwa lingkungan merupakan sebuah sistem yang saling terkait antara yang satu dengan yang lainnya. sehingga diharapkan kita akan semakin lebih peduli terhadap lingkungan. Dan kerusakan yang terjadi sekarang ini juga akan dapat diminimalisir. Kita harus mulai berpikir bahwasanya alam ini bukan hanya milik generasi yang sekarang, namun alam ini masih harus tetap di jaga karena masih akan ditempati oleh generasi-generasi selanjutnya. Dan sekolah, sebagai tempat formal dalam menimba ilmu diharapkan mampu dijadikan sebagai tempat yang benar-benar optimal untuk dapat melahirkan generasi-generasi yang peduli dengan alam dan lingkungan. Sehingga mulai sekarang, stop penebangan liar, stop pembakaran hutan, stop pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya. Sehingga dengan alam yang bersahabat, dengan alam yang seimbang maka secara tidak langsung pun kita telah menciptakan suatu lingkungan belajar yang lebih kondusif.

Seluruh hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Nampaknya saya tak akan memperpanjang pidato saya pada kesempatan kali ini. apabila dalam penyampaian saya tadi banyak sekali kekurangan dan kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan semoga apa yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

6. buatlah pidato bahasa jawa tentang adiwiyata


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Panjenengan bapak-bapak, ibu para warga ingkang kinurmatan, para kadhang werdha mudha sedaya ingkang kula tresnani.

Kula tansah ngaturaken gunging panuwun awit kerawihan panjenengan sedaya wonten ing papan punika, bab punika nedahaken bilih bapak, ibu lan para sederek sedaya angrumaosi minangka salah satunggaling warga ingkang sae. Kula sanget bingah lan mengkog ing penggalih anggadhahi warga kados bapak, ibu lan kadang-kadang sedoyo.

Bapak ibu, lan kadang-kadangs edaya kita remen kalian kaindahan lan kabersihan. Abersihan lan kaindahan meniko satunggaling kunci ketentreman, napake mawon! Ingkang asri lan sae badhe cepet ical kaindahanipun prikala mendeke mawon kanti kotor lan mboten kumrawat, kadosa ageman sae ingkang kotor dados mboten sae, semanten ugi kados untu ingkang rapi nanging kotor meniko ugi mboten diremeni.

Mula kagem njaga kabersihan lingkungan mangga kita laksanaaken kerja bakti, sareng-sareng.

Tartamta kemawon kanthi kerja bakti punika kita wiwiti kanthi ambudayakaken tresna dhateng kebersihan lingkungan punika, sedyaning manah kula, sesampunipun kerja bakti budaya tresna dhateng kebersihan.

Para tamu sedaya kebersihan menika salah satunggaling pokok kesehatan, menawi lingkungan kita resik, mila gesang kita badhe jeraos nyampun.

Mekaten, lan nyuwun gunging pangapunten manawi thitaling atur kula, kiranging suba sita miwah tumpang suhing basa lan sastra panutuping atur. 

wassalamu’alaikum Wr. Wb.


kalo gak salah y

7. Buatlah contoh pidato Bahasa Jawa tentang Adiwiyata Sekolah!


Jawaban:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Damai sejahtera damel kita sedaya

Ibu Kepala sekolah ingkang Kinurmatan,

Bapak / Ibu ingkang satuhu luhurinng budi,

Para karyawan ingkang kinurmatan,

Lan rencang-rencang ingkang kula tresnani.

Sumangga langkunng rumiyin sami ngaturaken puji syukur dhumateng Gusti ingkang Maha Kuwaos ingkang sampun maringi rahmat, taufik sarta hidayah saengga kita saged kempal ing acara punika kanthi mboten wonten alangan satunggal punapa.

Para sederek ingkang kawula hormati, sak menika sekolah kita badhe minuju sekolah Adiwiyata. Kita kedha nderek ndukung program menika.

Setunggalipun program ingkang badhe kita rembag sak menika inggih punika ngirangi jumlahipun sampah. Lajeng miturut para hadirin, menapa ingkang saged dipunlampahi? Sedanten punika saged kita lamapahi saking hal ingkang alit, inggih punika dipunwiwiti sampah ingkang wonten sakcelakipun kita. saking milah sampah punika, kita saged nyegah wontenipun sampah ingkang kekathahan.

Para sederek ingkang kawula hormati, saklintunipun kalihan milahi sampah, cara ingkang lintu inggih punika pengolahan sampah ingkang nerapaken 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Reduce ingkang artosipun ngirangi jumlahipun sampah sakkedik-kedik. Reuse ingkang artosipun ndamel malih supados saged ngirangi jumlahipun sampah. Recycle ingkang atosipun barang-barang ingkang sampun mboten saged didamel dipun olah malih dados barang-barang ingkang saged dipun sade. Kita saged angsal bathi saking barang-barang ingkang ulang menika. Tamtu kemawon salah setunggalipun ingkang dados tujuanipun inggih punika ngirangi sampah ingkang kathah banget, sakmanten ugi kita inggih saged pikanthuk penghasilan ingkang kathah saking sadean barang-barang daur ulang punika.

Dados, pungkasanipun ingkang saged kita pundhut saking rembugan punika supados kita pirsa utamanipun pengolahn sampah kangge sedaya tiang. Tuladhanipun inggih punika warga sekolah supados nyiptakaken lingkungan ingkang sehat lan resik, supados bumi kita saged kopen.

Mugi-mugi kita kagungan kesadaran kangge utamanipun mbucal sampah dhateng panggenanipun, ugi milahi malih supados nggadhati regi sade ingkang cekap inggil saking sampah-sampah punika, supados wonten kesadaran enggal inggih punika sampah mboten malih dados masalah nanging dados peluang.

Cekap semanten atur kawula. Menawi wonten pitutur kawula ingkang kirang subasita, kawula nuwun pangapunten. Matur nuwun

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


8. Buatlah Contoh Pidato Tentang Perlombaan ADIWIYATA!​


Jawaban:

Assalamu’alaikum Warahmatullahiwabaraqatuh

Yang saya hormati bapak/ibu kepala sekolah dan komite sekolah , Yang saya Hormti Bapak/Ibu dewan Guru, Staff Tata Usaha dan karyawan, serta kawan-kawan semua yang berbahagia.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Subhanahuwata’ala karena berkat rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul dengan keadaan sehat wal’afiat. Tak lupa juga salawat serta salam semoga tetap tercurahkan terhadap junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. Pada kesempatan yang baik ini saya akan menyampaikan beberapa hal penting yang ada kaitannya dengan kegiatan yang sedang ramai dibicarakan yaitu Adiwiyata.

Program ini belum cukup lama diberlakukan di sekolah ini tetapi syarat-syarat untuk menjadi sekolah Adiwiyata sudah diumumkan terutama tentang lingkungan hidup, dan lain-lain. Meskipun begitu beberapa lingkungan hidup di sekolah ini masih tetap tidak terawat , terutama di sudut-sudut sekolah ini. Harusnya masalah ini ditanggapi oleh pihak sekolah tetapi faktanya pihak sekolah malah membiarkan lingkungan hidup di sekolah tidak terawat, seolah-olah tidak tahu akan adanya masalah ini.

Saya menyimpulkan bahwa sekolah meremehkan hal ini, saya berani mengungkapkan hal ini karena memang sudah terbukti. Jika memang sekolah tidak meremehkan hal ini, pasti sudah ditanggapi dengan serius dari awal diadakannya program Adiwiyata. Bahkan jauh sebelum diadakannya program tersebut. Saya sebenarnya sangat kecewa dengan pihak sekolah, karena sudah menyia-nyiakan kesempatan yang bagus ini, bahkan kesempatan yang ditunggu-tunggu oleh sekolah lain.

Saya sangat-sangat mengharapkan agar pihak sekolah memperhatikan masalah yang menurut saya serius. Harusnya pihak sekolah terus menjaga lingkungan hidup di seluruh sekolah ini dan tidak hanya sehari atau dua hari.

Demikian masukan-masukan dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga saja masalah ini bisa segera teratasi dan saya juga meminta maaf apabila ada salah kata dari perkataan saya.

Wabillahitaufiq Walhidayah, Wassalamu’alaikum Warahmatullahiwabaraqatuh.


9. tolong buatkan pidato singkat tema sekolah Adiwiyata ​


Jawaban:

Assalamualaikum wr wb

Yang terhormat Kepala SMPN 1 Candi dan Bapak-Ibu guru serta teman-teman yang saya sayangi.

Pertama-tama marilah kita mengucapkan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya sehingga pada acara ini kita dapt berkumpul dalam keadaaan sehat walafiat. Shlawat serta salam senantiasa kita sampaikan kepada Rasulullah SAW. Pada kesempatan kali ini saya akan berpidato singkat tentang program adiwiyata SMPN 1 Candi.

Kita semua sudah pahan tentang adiwiyata dan sudah melaksanakan program-programnya dengan baik. Namun, akhir-akhir ini saya mengamati ada beberapa hal yang menyimpang. Contoh pertama, sekarang warga sekolah membuang sampah sembarangan di meja kantin sekolah, padahal di area tersebut sudah di sediakan beberapa tempat sampah. Contoh kedua, hari Sabtu adalah hari kerja bakti, namun, para siswa lebih memilih untuk mengerjakan PR, bermain gadget, mengobrol, dll. Hal ini membuktikan bahwa kurangnya kesadaran warga sekolah tentang program adiwiyata sekolah kita.

Sebenarmya itu hanyalah beberapa contoh dari banyak penyimpangan program adiwiyata sekolah kita. Maka dari itu marilah kita menyadarkan diri masing-masing tentang arti penting adiwiyata yang sebagaimana telah dijelaskan pada buku saku adiwiyata, arti penting adiwiyata pada akhirnya akan berguna pada kelancaran proses belajar mengajar di sekolah kita.

Semoga kita dapat menjadikan SMPN 1 Candi menjadi sekolah adiwiyata yang hebat. Jika kita merawat lingkungan, maka lingkungan akan menjaga kita juga.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb.


10. temukan informasi penting dalam pidato sekolah adiwiyata


2.teman teman
3.program sepedah kanggo untuk menyambut gawe
4.jagalah kebersian
5.-
maaf kalau salah

11. contoh pidato singkat tentang sekolah adiwiyata


Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang  saya hormati Kepala SMP Negeri 3 PatiYang  saya hormati Wakil Kepala SMP Negeri 3 PatiYang  saya hormati Bapak Ibu guru beserta staff dan Tata Usaha SMP Negeri 3 Patibeserta teman-teman yang saya cintai.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat, taufik, dan hidayahnya sehingga kita masih diberi kesehatan dan dapat berkumpul bersama dalam acara ini. 
Teman-teman 
Pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka, kita harus menjaga lingkungan kita baik -baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana. Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan. Dalam menjaga kebersihan lingkungan, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.
Teman-teman 
Menjaga Kebersihan Lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta, SMP Negeri 3 Pati. Apabila sekolah kita bersih maka orang lainpun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah. Dan kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.
 Teman-teman yang saya cintai
Bahwa kita sadari, lingkungan yang bersih dan sehat tak menjamin keselamatan bumi kita, maka dari itu kita sebagai generasi muda kita diharuskan menanam pohon,sehingga lingkungan di sekitar kita merasa sejuk dan asri, salah satu program yang sudah di capai sekolah kita yaitu Adiwiyata, dengan  cara merawat pohon, dalam hal merawat tumbuhan, teman-teman sekalian sangatlah berperan penting dalam menyiram, memupuk bunga atau tanaman setiap hari agar tumbuhan tersebut dapat tumbuh dengan besar dan mengurangi dampak dari Global Warming. Sekolah Adiwiyata adalah salah satu contoh dalam program Go Green dari pemerintah supaya mengurangi dampak Global Warming.
Teman-teman 
Di sini saya akan menjelaskan sedikit tentang bahaya Global Warming bagi manusia dan tempat tingal kita alias bumi, penyebab Global Warming sebetulnya banyak, salah satu contohnya yaitu kita menggunakan sepeda motor setiap hari sehinga asap yang di keluarkan oleh kendaraan itu akan menyebabkan lapisan ozon di bumi akan menipis, akibatnya cuaca di bumi menjadi panas maka di kutub utara dan selatan akan dikit demi sedikit mencair. Oleh karena itu sekolah kita menjadi sekolah Adiwiyata yang mengutamakan atau meminimalisis dampak Global Warming, saya himbau teman-teman menggunakan sepeda ketika berangkat sekolah, merawat pohon, dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Sebenarnya kesadaran akan pentingnya bumi kita dan menyukseskan sekolah Adiwiyata ada pada diri kita sendiri, kalau kita mau berusaha pasti kita bisa menjaga lingkungan di sekitar kita. Karena kita yang menjaga lingkungan dan menyelamatkan bumi kita dari bahaya Global Warming.
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman, 

Wassalammualaikum Wr. Wb.

12. Contoh teks pidato bahasa jawa tentang adiwiyata


Jawaban:

Contoh Pidato Bahasa Jawa Tentang Pendidikan Assalamu’alaikum Wr. Wb. Ingkang kinurmatan bapak ibu guru SMPN 1 Japah Sedaya kanca-kanca seperjuangan ingkang kawula tresnani. Langkung rumiyin monggolah kita sesarengan ngunjukaken takwa […]


13. buatlah pidato adiwiyata singkattolong dibantu​


Assalamualaikum wr wb

Yang terhormat Kepala SMPN 1 Candi dan Bapak-Ibu guru serta teman-teman yang saya sayangi.

Pertama-tama marilah kita mengucapkan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya sehingga pada acara ini kita dapt berkumpul dalam keadaaan sehat walafiat. Shlawat serta salam senantiasa kita sampaikan kepada Rasulullah SAW. Pada kesempatan kali ini saya akan berpidato singkat tentang program adiwiyata SMPN 1 Candi.

Kita semua sudah pahan tentang adiwiyata dan sudah melaksanakan program-programnya dengan baik. Namun, akhir-akhir ini saya mengamati ada beberapa hal yang menyimpang. Contoh pertama, sekarang warga sekolah membuang sampah sembarangan di meja kantin sekolah, padahal di area tersebut sudah di sediakan beberapa tempat sampah. Contoh kedua, hari Sabtu adalah hari kerja bakti, namun, para siswa lebih memilih untuk mengerjakan PR, bermain gadget, mengobrol, dll. Hal ini membuktikan bahwa kurangnya kesadaran warga sekolah tentang program adiwiyata sekolah kita.

Sebenarmya itu hanyalah beberapa contoh dari banyak penyimpangan program adiwiyata sekolah kita. Maka dari itu marilah kita menyadarkan diri masing-masing tentang arti penting adiwiyata yang sebagaimana telah dijelaskan pada buku saku adiwiyata, arti penting adiwiyata pada akhirnya akan berguna pada kelancaran proses belajar mengajar di sekolah kita.

Semoga kita dapat menjadikan SMPN 1 Candi menjadi sekolah adiwiyata yang hebat. Jika kita merawat lingkungan, maka lingkungan akan menjaga kita juga.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb.

14. Teks pidato persuasif tentang Adiwiyata


Pidato adalah salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk menyampaikan suatu pemikiran dan pesan di hadapan orang banyak. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa contoh teks pidato persuasif tentang Adiwiyata antara lain sebagai berikut:

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Yang saya hormati Kepala SMP Tunas Harapan, Bapak/Ibu guru, karyawan, dan anak-anakku yang saya sayangi dan banggakan.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya kepada kita sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di sini tanpa ada halangan apapun.

Bulan Juni akan ada Adiwiyata tingkat kabupaten. Oleh karena itu, mari kita menjaga lingkungan sekolah dengan sebaik-baiknya. Kita bisa menanam pohon, menanam bunga, dan menjaga kebersihan sekolah.

Saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Hanya ini yang dapat saya sampaikan.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Pembahasan:

Pada saat kita belajar Bahasa Indonesia, kita akan belajar tentang pidato. Pidato adalah salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk menyampaikan suatu pemikiran dan pesan di hadapan orang banyak. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa contoh teks pidato persuasif tentang Adiwiyata antara lain sebagai berikut:

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Yang saya hormati Kepala SMP Tunas Harapan, Bapak/Ibu guru, karyawan, dan anak-anakku yang saya sayangi dan banggakan.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya kepada kita sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di sini tanpa ada halangan apapun.

Bulan Juni akan ada Adiwiyata tingkat kabupaten. Oleh karena itu, mari kita menjaga lingkungan sekolah dengan sebaik-baiknya. Kita bisa menanam pohon, menanam bunga, dan menjaga kebersihan sekolah.

Saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Hanya ini yang dapat saya sampaikan.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang contoh dakwah singkat brainly.co.id/tugas/11545685Materi tentang hukum berdakwah amar ma'ruf nahi munkar brainly.co.id/tugas/12611232Materi tentang kaidah kebahasaan teks pidato brainly.co.id/tugas/13733681

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Mendeskripsikan Sesuatu

Kode: 9.1.2

#AyoBelajar

#SPJ2


15. pidato bahasa daerah tentang adiwiyata menggunakan krama inggil


kaya gini bukan ka?
Bang Madun nendang werna
Werni floated menyang gol
Kabeh warga seneng air-sekolah Adiwiyata
Kalem learning lingkungan seneng
ini pidatonya ...

16. pidato bertema "Sekolahku Adiwiyata" ​


Jawaban:

Assalamu’alaikum Warahmatullahiwabaraqatu.

Yang saya hormati Bapak/Ibu Komite SMP Negeri 1 Gondang, Yang saya hormati Bapak Kepala SMP Negeri Gondang, Yang saya Hormti Bapak/Ibu dewan Guru, Staff Tata Usaha dan karyawan, serta kawan-kawan semua yang berbahagia.

    Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Subhanahuwata’ala karena berkat rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul dengan keadaan sehat wal’afiat. Tak lupa juga salawat serta salam semoga tetap tercurahkan terhadap junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. Pada kesempatan yang baik ini saya akan menyampaikan beberapa hal penting yang ada kaitannya dengan kegiatan yang sedang ramai dibicarakan yaitu Adiwiyata.

Program ini belum cukup lama diberlakukan di sekolah ini tetapi syarat-syarat untuk menjadi sekolah Adiwiyata sudah diumumkan terutama tentang lingkungan hidup, dan lain-lain. Meskipun begitu beberapa lingkungan hidup di sekolah ini masih tetap tidak terawat , terutama di sudut-sudut sekolah ini. Harusnya masalah ini ditanggapi oleh pihak sekolah tetapi faktanya pihak sekolah malah membiarkan lingkungan hidup di sekolah tidak terawat, seolah-olah tidak tahu akan adanya masalah ini.

Saya menyimpulkan bahwa sekolah meremehkan hal ini, saya berani mengungkapkan hal ini karena memang sudah terbukti. Jika memang sekolah tidak meremehkan hal ini, pasti sudah ditanggapi dengan serius dari awal diadakannya program Adiwiyata. Bahkan jauh sebelum diadakannya program tersebut. Saya sebenarnya sangat kecewa dengan pihak sekolah, karena sudah menyia-nyiakan kesempatan yang bagus ini, bahkan kesempatan yang ditunggu-tunggu oleh sekolah lain.

Saya sangat-sangat mengharapkan agar pihak sekolah memperhatikan masalah yang menurut saya serius. Harusnya pihak sekolah terus menjaga lingkungan hidup di seluruh sekolah ini dan tidak hanya sehari atau dua hari.

Demikian masukan-masukan dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga saja masalah ini bisa segera teratasi dan saya juga meminta maaf apabila ada salah kata dari perkataan saya. 

Wabillahitaufiq Walhidayah, Wassalamu’alaikum Warahmatullahiwabaraqatu.

Jawaban:

Assalamualaikum Wr Wb

Yang terhormat Bapak Marjadi selaku kepala sekolah, yang saya hormati bapak/ibu guru, serta teman – teman yang saya cintai.

Pertama – tama marilah kita panjatkan puja dan puji kehadiran ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat.

Saya disini akan menyampaikan pidato saya yang bertemakan lingkungan.

Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata sansekerta yaitu ADI berarti baik, besar, ideal, sempurna, agung. Sedangkan WIYATA berarti tempat dimana orang memperoleh ilmu pengetahuan, norma, dan etika dalam kehidupan sosial. Jadi Adiwiyata adalah program terhadap sekolah untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan dan peduli lingkungan, maknanya adalah tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh banyak ilmu pengetahuan berbagai norma serta etika yang mendasari manusia untuk mencapai kesejahteraan hidup dan menuju cita – cita pembangunan.

Tujuan program ADIWIYATA adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran bagi warga sekolah, sehingga warga sekolah dikemudian hari dapat bertanggung jawab dalam upaya – upaya kebersihan lingkungan.

Beberapa program sekolah ADIWIYATA adalah pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan/pendidikan berbasis partisipatif, pengembangan dan pengolahan sarana pendukung sekolah, pengembangan sekolah peduli dan berwawasan lingkungan (SPBL).

Dampak ADIWIYATA terhadap sekolah adalah sekolah yang mendapatkan gelar ADIWIYATA antara lain :

1.     sekolah dapat lebih berperan aktif dalam menciptakan kawasan yang peduli dengan lingkungan.

2.     sekolah dapat menciptakan siswa – siswa yang peduli dengan lingkungan.

3.     sekolah dapat mengikuti semua kegiatan dalam rangka mengurangi global warming.

4.     Sekolah dapat menjadi sarana penyalur pendidikan lingkungan secara praktek langsung

Dari pidato saya di atas kesimpulannya ADIWIYATA adalah program terhadap sekolah untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan dan peduli lingkungan, saya berharap semoga dengan program ADIWIYATA siswa – siswa dapat lebih peduli dengan lingkungan.

Saya kira cukup sekian pidato dari saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih, jika kata – kata saya ada yang salah dan jika ada tingkah laku saya yang kurang baik saya minta maaf. Sekian

Wassalamualaikum Wr Wb

Penjelasan:


17. Pendahuluan naskah pidato tntng adiwiyata


pak pergi sekolah dapat info dll

18. buat teks pidato tentang Adiwiyata (ingat buat sendiri jangan copas )​


Jawaban:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak ibu kepala sekolah yang terhormat seluruh karyawan serta teman teman yang saya banggakan.

Puji syukur kita panjatkan kepada tuhan yang maha esa atas segala rahmatnya sehingga kita dapat berkumpul di acara ini. Selamat pagi bagi seluruh peserta kali ini saya akan membuat pidato tentang adiwiyata.

Apa sih artinya adiwiyata adiwiyata adalah lingkungan yang bersih contohnya plastik berkurang dan streroform berkurang lingkungan bersih macam itu akan membuat nyaman warga dan kitapun akan nyaman buat para semuanya marilah kita menjaga kebersihan dengan cara mengurangi sampah plastik dan streroform.

Sekian dari saya mohon maaf bila ada kata kata yang kurang berkenan wassalammualikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jawaban:

Assalamualaikum wr wb

Kepada bapak/ ibu guru yang terhormat

Serta siswa siswi yang berbahagia

Pertama marilah kita panjatkan puji sukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya kepada kita agar bisa berkumpul disini.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato tentang Adiwiyata.

Pasti tidak asing lagi bagi kita tentang Adiwiyata. Banyak sekolah Adiwitaya salah satunya di Sekolah kita tercinta ini. Bisa kita amati di sekitar, sekolah ini memiliki green house dan juga terdapat pemilahan sampak organik maupun an organik. Itu termasuk sebagian dari Adiwiyata.

Jika lingkungan nyaman dan bersih, akan berdampak juga terhadap pembelajaran. Kebersihan sebagian dari iman. Kita wajib menjaga lingkungan dengan baik dan dimulai dari hal yang paling kecil. Bukan hanya di bidang ilmu pengetahuan saja tetapi di masa yang akan datang peserta didik perlahan menjadi generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan, sekaligus mendukung dan mewujudkan sumberdaya disekitar sekolah.

Masih banyak manfaat tentang Adiwiyata, mari kita junjung generasi yang peduli lingkungan. Tiada gading yang tak retak demikian pula saya masih banyak kekurangannya. Sekian

Wassalamualaikum wr wb


19. pidato bahasa jawa tema adiwiyata


wr.wb.

[kagem para rawuh ingkang agami sanes ,kula aturaken salam mugi raharja]

Bapak Kepala  sekolah ingkang kinurmatan.

Bapak/Ibu Guru ingkang kula hormati

Siswa/siswi kelas 7 lan 8 ingkang kula tresnani

Saha  para lenggah ingkang satuhu bagya mulya

Minangka purwakaning atur sumangga kita sesarengan ngaturaken puja lan puji syukur ing ngarsanipun Gusti ingkang Maha Agung ingkang sampun paring kanugrahan,rahmat,serta hidayahipun. Sahingga kita sedaya taksih saged kempal ing acara punika kanthi mboten wonten alangan satunggal punopo.

Kula badhe njelasake tentang sampah organik lan anorganik

Sampah ing sekolah kula dibedakno ono  2 bagian yaiku sampah anorganik lan sampah organik . Dipunpirsani sangking lingkungan sekolah kula,taksih wonten sampah sing  kececeran iggih punika sampah plastik , kertas,lan godhong – godhongan .padahal ,kepala sekolah  sampun nyediakake tempat sampah ing tiap – tiap ngarep kelas.tempat sampah ndek sekolah kula ana  loro werna yaiku biru damel sampah organik lan werna kuning damel sampah anorganik.

Wonten mriki kula badhe njelas ake  bab ngolah sampah organik.awalepun kita kudu nyeseh no godhong garing sak-katahipun ,sampuniku kita kudu nglebetake sampah wonten wadah nomer  1 seng ajeng dewe,lan diparingi bio kompos lan banyu,wonteniku kita kudu nyelep ,setunggal minggu. kita kudu nambah bio kompos, kanti  dadi bubuk.sampuniku kita kudu mindah ing wadah nomer 2 lajeng diayak ngrantos dadi pupuk organik.Sampah anorganik ing sekolah kula dimanfaatna kanggo kerajinan tangan .contoh wadahe teh gelas di daur ulang dadi tirai pintu /pajangan.

Kesimpulane kita lan warga sekolah kudu njaga kebersihan lingkungan ,supaya sekolah kita katon resik lan indah. kita kudu manfa’at no sampah kanggo kompos utawa daur ulang.

Cekap semanten atur kaula ingkang ana salah nyuwun ngapura . bilih menawi wonten kalepatan kula nyuwun pangapunten.

                                                Wassalamu’alaikum wr.wb


20. Buatkan pidato menuju sekolah adiwiyata mandiri


Jawaban:

MINGGU, 07 DESEMBER 2014

Pidato Bertemakan Sekolah Adiwiyata Mandiri

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat wali kelas X MS A dan teman-teman yang saya sayangi.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karunianya kita dapat berkumpul di ruangan ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Apa itu sekolah adiwiyata? Sekolah adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Yang memiliki tujuan untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah agar peduli terhadap lingkungan. Sekarang, SMAN-1 Sampit sedang berusaha mendapatkan gelar "Sekolah Adiwiyata Mandiri". Untuk menjadi sekolah adiwiyata mandiri, perlu dilaksanakannya beberapa program. Beberapa program yang mudah diterapkan seperti membuang sampah pada tempatnya, melakukan pemilahan sampah, melakukan program 3R yaitu reduce, reuse, dan recycle, membersihkan drainase agar tidak terjadi banjir ketika hujan, membuat kompos dan menanam pohon.

Sampah dibedakan menjadi 3 jenis yaitu organik, anorganik, dan anorganik berbahaya atau B3. Contoh sampah organik adalah sisa makanan, sayuran, buah-buahan dan daun-daunan. Contoh sampah anorganik adalah kertas bekas, gelas atau kaca, logam, dan plastik. Dan contoh sampah anorganik berbahaya adalah sisa potongan logam kecil, batu baterai bekas, dll. Untuk mengurangi tumpukan sampah kita dapat melakukan program 3R yaitu reduce yang artinya mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, reuse artinya menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan, dan recycle artinya mendaur ulang sampah menjadi produk baru yang bermanfaat.

Sekolah mana saja bisa menjadi sekolah adiwiyata mandiri asal memiliki niat, serta kerja sama dari semua warga sekolah dan tidak menganggap lemah program yang mudah diterapkan seperti membuang sampah pada tempatnya. Dengan menjaga lingkungan sekolah, secara tidak langsung kita menyelamatkan bumi dari dampak berbahaya global warming. Maka dari itu, marilah kita membiasakan diri sedikit demi sedikit untuk menjaga lingkungan kita. Lets Save Our Environment and Our Beloved Earth!

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Video Terkait