Lelakaq Agama

ciri ciri lelakaq dan jenis jenis lelakaq​

1. ciri ciri lelakaq dan jenis jenis lelakaq​


Jawaban:

berdasarkan contoh lelekaq di atas dapat memiliki ciri-ciri yang sama dengan pantun yaitu (1) setiap bait terdiri atas 4 larik dan setiap larik terdiri 8 sampai 12 suku kata,(2)dua baris pertama merupakan sampiran dan dua baris terakhir merupakan isi foto maksud pantun tersebut(3)rima pada pantun harus.

punya jiwa berani,gak mudah di sakiti,dan kuat melawan apapun


2. apa perbedaan sesenggaq dengan lelakaq​


Jawaban:

serangga adalah binatang bisa menghisap darah manusia dan gatal

maaf y kalo salah


3. lelakaq terdiri atas​


Jawaban:

Lelakaq adalah ungkapan tradisional yang menyerupai pantun, terdiri dari empat baris, dua baris sampiran dan dua baris isi yang biasa di gunakan dalam adat tradisional suku Sasak.


4. Sebutkan dan jelaskan lelakaq


1. Jenis - jenis lelaqak berdasarkan bentuk atau jumlah baris:

Lelakaq dua baris

Yaitu lelakaq yang mempunyai dua baris dimana baris pertama berisi sampiran dan baris kedua berisi arti atau isi dari lelakaq.

Lelakaq empat baris

Yaitu lelakaq yang mempunyai emapat baris dimana baris pertama dan kedua merupakan sampiran sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi atau maksud dari lelakaq.

2. Jenis - jenis lelaqak berdasarkan jenis dan maksud:

Lelakaq agama : Berisi ajaran atau nasihat - nasihat agamaLelakaq nasihat : Berisi nasihat - nasihat untuk berperilaku baik dalam kehidupan sosial.Lelakaq anak - anak : Berisi hal - hal yang berkaitan dengan anak - anakLelakaq humor : Berisi candaan dengan tujuan untuk menghibur.

Pembahasan

Lelakaq merupakan ungkapan yang bersifat tradisional yang mirip dengan pantun, terdiri  dari empat baris yaitu dua baris pertama yang berisi sampiran dan dua baris terakhir yang berisi isi atau arti yang kerap dibawakan saat upacara tradisional Sasak. Sebagai salah satu bentuk budaya, lelakaq berfungsi untuk mengkomunikasikan pikiran atau pendapat rakyat yang berkembang dan maju seiring perkembangannya zaman. Lelakaq yang ada dan berkembang di antara penduduk adalah salah satu media yang efektif untuk menebarkan nilai - nilai kebajikan kepada penduduk Sasak.

Dengan lelakaq, penduduk Sasak menyampaikan berbagai bentuk pandangan dan masalah hidup mereka. Lelakaq juga dapat sebagai penilai dan pengendali terhadap perilaku penduduk Sasak, yang diakhirnya dapat menghasilkan hubungan yang baik dalam kehidupan, baik dengan orang lain, lingkungan sekitar, ataupun dengan Tuhan.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang asal daerah suku sasak

https://brainly.co.id/tugas/10241500

Materi tentang unsur-unsur pantun

https://brainly.co.id/tugas/1744622

Materi tentang pengertian pantun

https://brainly.co.id/tugas/4195338

Detail jawaban

Kelas: -

Mapel: Bahasa Sasak

Bab: -

Kode: -

#AyoBelajar #SPJ2


5. Srtuktur lelakaq terdiri dari . . .1 bagian3 bagian5 bagian2 bagian 4 bagian​


Jawaban:

3 bagian

Penjelasan:

maaf klo salah yah


6. tuliskan definisi lelakaq(pantun) sasak​


Jawaban:

Lelakaq adalah ungkapan tradisional yang menyerupai pantun, terdiri dari empat baris berupa dua bari sampiran dan dua baris isi yang sering dibawakan pada upacara tradisional Sasak. Sebagai salah satu bentuk budaya, lelakaq bertujuan mengkomunikasikan pikiran masyarakat yang tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu

Penjelasan:

semoga benar kak jangan lupa follow aku ya kak


7. sebutkan ciri ciri lelakaq​


Jawaban:

(1) setiap bait terdiri atas empat larik (baris) dan setiap larik terdiri 8-12 suku kata; (2) dua bari pertama merupakan sampiran, dan dua baris terakhir merupakan isi atau maksud pantun tersebut; (3) Rima pada pantun harus ...

Penjelasan:

maaf kalo salah

semoga membantu

Jawaban:

berdasarkan contoh lelekaq di atas dapat memiliki ciri-ciri yang sama dengan pantun yaitu (1) setiap bait terdiri atas 4 larik dan setiap larik terdiri 8 sampai 12 suku kata,(2)dua baris pertama merupakan sampiran dan dua baris terakhir merupakan isi foto maksud pantun tersebut(3)rima pada pantun harus.

semoga MEMBANTU


8. sebutkan fungsi lelakaq​


Jawaban:

Lelakaq bertujuan untuk menyampaikan pikiran masyarakat yang tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu, khususnya dalam acara sorong serah pada ritual pernikahan adat sasak. Penelitian ini adalah tentang kajian terhadap lelakaq yang merupakan ungkapan tradisional.

Penjelasan:

semoga membantu;)

Jawaban:

Lelakaq berfungsi untuk menyampaikan pikiran masyarakat yang tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu, khususnya dalam acara sorong serah pada ritual pernikahan adat sasak. Penelitian ini adalah tentang kajian terhadap lelakaq yang merupakan ungkapan tradisional.

Penjelasan:

semoga membantu maaf kalau salah


Video Terkait