4 Kata Awalan P

Sinonim juga 4 kata awalan P ?

Daftar Isi

1. Sinonim juga 4 kata awalan P ?


Answered is: panjang. pendek.panjang lawannya pendek

2. Sinonim juga 4 kata awalan P ?


pula?
maaf kak kalau salah

3. Mana lagi nama nama alat tulis kantor?Ada 4 lagi!Hint:Kata pertama diawali B Kata kedua diawali S Kata ketiga diawali P Kata keempat diawali R


bigong.rime cumaa itu aja yg tau

4. Tuliskan minimal 4 kata berimbuhan dengan awalan men yang diikuti kata dasar dimulai bunyi k p t dan S yang diambil dalam teks pesona Pantai Senggigi!tolong dijawab yaa!!​


Jawaban:

maaf, teksnya yang mana ya??

Jawaban:

teks nya mana kak?

Penjelasan:

kasih teks juga ya kak.


5. Terdapat kata-kata sebagai berikut:1. Mempunyai2. Memunyai3. Memperhatikan4. MemerhatikanTentukan kata yang baku dan tidak baku dan beri penjelasan!*tolong plis saya bingung dalam ketentuan kata berawalan (k,t,s,p)


Mempunyai dan memperhatikan.

Alasan kenapa mempunyai:
Karena terdapat kata dasarnya yaitu"punya"

Alasan kenapa memperhatikan:
Karena terdapat kata dasarnya yaitu perhatikan/perhatian.Dan kedua kata tersebut tercantum dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI)

Maaf kalau salah

6. TUGAS (SOAL)1. Cari dan tulislah 5 kata yang menggunakan katadepan di !2. Cari dan tulislah 5 kata yang menggunakan awalandi-3. Buatlah dua kalimat yang menggunakan katadepan di !4. Buatlah dua kalimat yang menggunakan kataberawalan di-!5. Cari dan tulislah kata yang menggunakan awalanmeN- yang diikuti kata dasar berhuruf awal (k, p, t, s)jumJawaban ditulis di kertas folio dan dikumpulkankak tolong bantu​


Jawaban:

1.Dimana kamu berada?

2.Dibagian mana kamu parkir?

3.Dimana rumahmu?

4.Dibagian Sini adalah rumah nenekku

5.Dimana Nenek berada?

#Maaf klo salah


7. 4. Berikan contoh penulisan kata berawalan meN yang dirangkai dengan kata yang diawali denganhuruf k, p, t, s!​


Jawaban:

mengunci (k), memegang (p), menulis (t), menyapu (s)

Penjelasan:

Imbuhan me(N) yang dirangkai dengan kata yang diawali dengan huruf-huruf tertentu dapat berubah penulisan dan pengucapannya, beberapa dari huruf tersebut yaitu:

1. k. Kata berawalan k dengan imbuhan me(N) akan mengubah bentuk dari me(N) –> me(NG), namun huruf k pada awal kata dihilangkan. Sebagai contoh:

a. kunci : me(N) + kunci = mengunci

b. kalung : me(N) + kalung + i = mengalungi

2. p. Kata berawalan p dengan imbuhan me(N) akan mengubah bentuk dari me(N) –> me(M), namun huruf p pada awal kata dihilangkan. Sebagai contoh:

a. pegang : me(N) + pegang = memegang

b. pijit : me(N) + pijit = memijit

3. t. Kata berawalan t dengan imbuhan me(N) akan tetap menjadi imbuhan me(N), namun huruf t pada awal kata dihilangkan. Sebagai contoh:

a. tulis : me(N) + tulis = menulis

b. tarik : me(N) + tarik = menarik

4. s. Kata berawalan s dengan imbuhan me(N) akan mengubah bentuk dari me(N) –> me(NY), namun huruf s pada awal kata dihilangkan. Sebagai contoh:

a. sapu : me(N) + sapu = menyapu

b. sikat : me(N) + sikat = menyikat

SemogaMembantu


8. Penulisan kata berawalan meN- yang dirangkai dengan kata yang diawali huruf k, p, t, s: (1)Fonem k, p, t, s LULUH jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang berawalan huruf k. p. t. s. Misalnya: memengaruhi (meN- + pengaruh), memesona (meN- + pesona), mengarantina (meN- + karantina), dan sebagainya. (2)Fonem k, p, t. s TIDAK LULUH jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang diawali dengan kluster/konsonan rangkap. Misalnya: memprakarsai, mengkriminalkan, mengklasifikasi, dan sebagainya. (3)Fonem k, p, t, s TIDAK LULUH jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata berimbuhan yang berawal dengan huruf k. p. t. s. Misalnya: mempertaruhkan, memperluas, dan sebagainya. Tantangan Pilihlah kalimat dengan peluluhan yang benar! 1. Perajin memroduksi suvenir dalam kegiatan industri rumah tangga dengan skala kecil. 2. Kemampuan bahasa pemandu wisata itu sangat mengagumkan. Ia secara tangkas menterjemahkan paparannya dari bahasa Inggris ke bahasa Jerman kepada rombongan wisatawan mancanegara yang dipimpinnya. 3. Kilau sinar matahari yang menerpa permukaan danau itu sangat mengagumkan. 4. Pendaki gunung tidak memersoalkan kenaikan tarif selama fasilitas toilet dan keamanan tersedia di sepanjang jalur pendakian. 5. Paman memprediksi bahwa kami akan tiba di Pantan Terong tepat saat matahari terbit.​


Jawaban:

Kalimat dengan peluluhan yang benar adalah kalimat nomor 3 dan 5.

Penjelasan:

1. Perajin memroduksi suvenir dalam kegiatan industri rumah tangga dengan skala kecil

2. Kemampuan bahasa pemandu wisata itu sangat mengagumkan. Ia secara tangkas menterjemahkan paparannya dari bahasa Inggris ke bahasa Jerman kepada rombongan wisatawan mancanegara yang dipimpinnya.

3. Kilau sinar matahari yang menerpa permukaan danau itu sangat mengagumkan.

4. Pendaki gunung tidak memersoalkan kenaikan tarif selama fasilitas toilet dan keamanan tersedia di sepanjang jalur pendakian.

5. Paman memprediksi bahwa kami akan tiba di Pantan Terong tepat saat matahari terbit.


9. A. Kata yang berawalan kata dasar k 1. meN- dan kaji : mengaji 2. 3. 4. dst sampai 10 B. Kata yang kata dasar berawalan huruf p 1. 2. 3. Dst. sampai 10 C. Kata dasar yang berawalan huruf t 1. 2. 3. dst. sampai 10 D. Kata dasar yang berawalan huruf s 1. 2. 3. Dst. sampai 10​


Jawaban:

A. kata dasar berawalan huruf meN

1.mengkaji

2. menulis

3. mengunci

4. menampar

5. menyanyi

6. mencoba

7. mentrasfer

8. mencuci

9. menunda

10. mencibir

B. kata dasar berawalan huruf P

1. pantau

2. pelit

3. pintar

4. pecicilan

5. putar

6. pingsan

7. pusing

8. pasrah

9. perantara

10. penutup

C.

1. tiada

2. tidak

3. tampan

4. tidur

5. terapi

6. topeng

7. tinjau

8. tutup

9. tampilan

10. tiup

D.

1. susah

2. sedih

3. senang

4. sepi

5. seru

6. sampai

7. sesuai

8. sempurna

9. supaya

10. saudara


10. Tema 7 subtema 4 pembalajaran 1 kelas 5 hal 82 ayo berlatih ayo, temukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan yang berjudul"peristiwa pembacaan teks proklamasi". kemudian, carilah arti katanya di kamus besar bahasa indonesia, bertanya kepada guru, atau berdiskusi. perhatikan cara-cara menggunakan kamus. 1. pilihlah sebuah kata dari daftar kosakata barumu. misalnya: proklamasi 2. bukalah kamusmu, carilah daftar kata-kata yang dimulai dengan huruf awal"p". ingat, setiap kata pada kamus selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad. 3. dalam daftar kata yang berhuruf awal "p" itu, carilah daftar kata yang dimulai dengan "pr". 4. carilah daftar kata yang dimulai dengan "pro". kata proklamasi akan kamu temukan di antara kata-kata itu. selamat mencari! ​


Jawabanmafffotonyamanaakugakbisakalaugakadafotonyagakpaham


11. kata berawalan men yang dirangkai dengan kata yang diawali dengan huruf k, p, t, s :1. Kata2. Sendiri3. Putih4. Suara5. Sakral6. Sesuai7. Tarik


》Mengubah Bentuk Kata Hubung dengan Kata Dasarnya


Semua huruf di bawah ini :

k
p
t
s


apabila dihubungkan dengan imbuhan "me-" akan terbentuk :

k = meng--
meny--
p = mem--
t = men--
s = meny--



Penbuktian :


1. kata ----> mengata--kan (saya beri imbuhan "kan" agar memiliki arti)

kata ----> menyata--kan

❌ menkata--kan
❌ memkata--kan



2. sendiri ----> menyendiri

❌ mensendiri
❌ memsendiri
❌ mengsendiri

contoh lain :

✔ menyukai
✔ menyuap
✔ menyalin



3. Putih ----> memutih (huruf "P" harus lenyap atau lebur dengan -ny-)

❌ menputih
❌ menyutih
❌ mengutih
❌ memputih


contoh lain :

✔ mematung
✔ memastikan
✔ memudar



4. suara ----> menyuara--kan (huruf "S" lebur dengan --ny--

❌ mensuara
❌ memsuara
❌ mengsuara

✔ menyapih
✔ menyunting
✔ menyelam




5. sakral ----> menyakral---kan

❌ mengsakral
❌ memsakral
❌ mensakral



6. Sesuai -----> menyesuai---kan

❌ mengsesuai
❌ mensesuai
❌ memsesuai



7. Tarik ----> menarik

❌ memtarik
❌ mengtarik
❌ menyarik




[tex]cmiiw[/tex]

12. Tuliskanlah 4 kata yg diawali dengan huruf (k,p,t,s)


Jawaban:

kantor

pendidikan

tawon

sani

Penjelasan:

semoga membantu


13. 1.Buatlah teks deskripsi bertema lingkungan sekolah2.tentukanlah struktur dari teks yang bertema lingkungan sekolah 3.Buatlah 5 kata sinonim Buatlah 5 kata antonim Buatlah 5 kata berimbuhan yang diawali dengan hidup k-t-p-s4.Buatlah masing-masing 5 kata depan (di) dan 5 awalan (di-)​


Jawaban:

1. Sekolahku yang AsriSaat ini, sekolah baruku termasuk sekolah favorit di kotaku. Setiap memasuki masa pendaftaran peserta didik baru, sekolah yang terletak di Kota Ungaran ini selalu diburu ratusan pendaftaranDari sekian pendaftar, yang berhasil lolos dan diterima hanya separuhnya. Aku termasuk anak yang beruntung dapat diterima di sekolah ini.

Sekolah baruku memang layak menjadi sekolah favorit. Bukan hanya prestasi akademiknya yang mentereng, melainkan juga lingkungan sekolahnya yang asri.

Pepohonan hijau yang rindang tampak kokoh membatasi lingkungan sekolah dengan jalan raya. Pintu gerbang yang bertuliskan nama sekolah tampak kokoh, tetapi tetap ramah menyapa setiap orang yang datang melintasinya.

Hal ini sungguh berbeda dengan sekolah lain yang pernah aku lihat. Pagar tembok sekolah tinggi-tinggi tanpa ada kerindangan pepohonan yang menyertainya. Tidak heran apabila tampak angkuh, gersang dan angker.

Sekolah baruku tercinta, tempatku menimba ilmu, tak hanya cantik dan asri dari luar. setelah memasuki pintu gerbang, pandangan akan segera jatuh pada taman sekolah yang hijau, subur, rindang, dan tertata rapi.

Bunga warna-warni yang bertaburan di atas taman menyemburkan aroma wangi dan indah dipandang.Setelah melintasi sederet ruang yang begitu kokoh bercat kuning muda, tampak lapangan sekolah yang biasa digunakan untuk kegiatan upacara, olahraga, atau kegiatan yang lain.

Kibaran bendera sang merah putih tampak bagaikan menjilat dinding langit dengan begitu perkasa. Lapangan yang menghampar luas beralas semen itu seperti menjadi saksi beragam kegiatan anak-anak dalam berjuang mencapai masa depan.

Demikian juga halnya dengan kondisi ruang kelas. Selain lantainya yang selalu bersih dan mengkilat, dindingnya juga dihiasi dengan beragam pajangan hasil karya siswa yang tertata rapi dan indah.

Setiap regu piket kelas melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Mereka selalu kompak dalam bekerja sama untuk mewujudkan seuasana ruang kelas yang bersih, indah dan nyama. Tidak ada sebutir debu pun yang dibiarkan menempel di lantai, apalagi sampah plastik dan kertas.

Keterangan:Pembaca seolah-olah melihat:Pepohonan hijau yang rindang tampak kokoh membatasi lingkungan sekolah dengan jalan raya. Pintu gerbang yang bertuliskan nama sekolah tampak kokoh, tetapi tetap ramah menyapa setiap orang yang datang melintasinya.

Selain lantainya yang selalu bersih dan mengkilat, dindingnya juga dihiasi dengan beragam pajangan hasil karya siswa yang tertata rapi dan indah.

Kibaran bendera sang merah putih tampak bagaikan menjilat dinding langit dengan begitu perkasa. Lapangan yang menghampar luas beralas semen itu seperti menjadi saksi beragam kegiatan anak-anak dalam berjuang mencapai masa depan.

Pembaca seolah-olah mencium pembauanBunga warna-warni yang bertaburan di atas taman menyemburkan aroma wangi dan indah dipandang.

2.

3. Kata sinonim

•Abadi = Kekal

•Abang = Kakak

•Abad = Seratus tahun

•Absolut = Adikara

•Abu = Arang

Kata antonim

•Abadi >< Sementara

•Abdi >< Majikan

•Abolisi >< Pemberatan

•Ahli >< Amatir

•Akrab >< Canggung

4. kata depan (di)

1.Di mana dia tinggal sekarang?

2.Sejak tadi aku terus memandang dirinya yang

tengah termangu di bangku taman itu.

3.Di sini, aku mendapat berbagai ilmu dan pengalaman yang berharga.

4.Di rumah makan itu, kita bisa menambah porsi nasi sepuasnya.

5.Di sana, aku bertemu dengan seorang pria misterius.

kata awalan (di)

1.dikenai tindakan

2.dibeli

3.dipukul

4.dites. dikenai dengan

5.diparang

Penjelasan:

mohon maaf jika salahkalau jawaban nya benar tolong jadikan jawaban tercerdas

14. 4. Berikan contoh penulisan kata berawalan meN yang dirangkai dengan kata yang diawali denganhuruf k,p,t,s!​


Contoh:

1. Diambil dari kata (k)ukus ditambah imbuhan MeN menjadi mengukus

2. Diambil dari kata (t)ulis ditambah imbuhan MeN menjadi menulis

3. Diambil dari kata (s)ulit ditambah imbuhan MeN menjadi menyulitkan


15. 2.Tuliskan contoh penggunaan kalimat perincian untuk mengkonkretkan! 3.Daftarkan kata umum dan kata khususnya yg sering digunakan dalam teks deskripsi! 4.Berikan contoh penulisan berawalan meN- yg sering dirangkai dengan kata yg diawali dengan huruf k,p,t,s!


Indah:umum.

Permai,bagus,elok:khusus


16. 1. Carilah data sebanyak-banyaknya penggunaan awalan meN- yang diikuti kata dasar dengan huruf awal (k,p,t,s) pada teks deskripsi yang telah dipelajari! 2. Buatlah komentar penggunaan awalan meN- jika dirangkai dengan kata yang dimulai dengan huruf k, p, t, s! 3. Telaahlah apakah penggunaannya sesuai dengan kaidah penulisan kata dalam bahasa Indonesia! 4.Daftarlah kata berimbuhan dengan awalan meN- yang diikuti kata dasar dimulai bunyi k, p, t, dan s pada teks deskripsi yang telah dipelajari! Kata Pembentukan Kalimat pada Teks memesona meN- dan pesona memukau meN- dan pukau 5.Simpulkan prinsip penggunaan kata imbuhan meN- yang diikuti dengan kata dasar dimulai bunyi k, p, t, s!


Jawaban:

udah dijawab kalo mau jadi apa yang akan dibungkus oleh penggunaan bahan yang tadi les privat bahasa yang di brainly nya

Penjelasan:

tapi itu tidak akan bersama-sama dan lain-lainnya ini tidak ada itu tidak usah di dalam gudang lagu yang tadi les private message dan jelaskan tahap-tahap perkembangan orang yang kasih kita kepada Tuhan dan love yuo di dalam gudang garam filter udara di dalam gudang


17. Buatlah 4 kata berhurup awal K,T,P,S danBuatlah juga perubahannya setelah mendakan​


Jawaban:

1. Kertas, keramik, kucing, ketupat. Tupai, tahu, terong, tempe. Plastik, penguin, paus, piring. Santan, sayap, sagu, santai.

2. Mendakan tuh apa ya


18. Dari huruf-huruf kata : P E R M U T A S I , akan dibentuk kata-kata lain yang terbentuk dari 4 huruf, Banyaknya kata-kata dengan huruf awal dan akhir merupakan huruf Vokal adalah .., kata..tolong. dong​


Jawaban:

PERMUTASIAN.........

Penjelasan dengan langkah-langkah:

HEHE


19. 4.Berikan contoh penulisan kata berawalan meN- yang dirangkai dengan kata yang diawali denganhuruf k, p, t, s!​


Penjelasan:

k : mengkonsumsi, mengklik, mengkritik, mengkilap

p : mempunyai, memposting, mempesona

t : mentraktir, mentang, mending

s : menstruasi, mensemangat


20. 1. Pilihlah sebuah kata dari daftar kosakata baru, Proklamasi2.Bukalah kamusmu Carilah daftar kata-kata yang dimulai dengan huruf awal "P". Ingat, setiap kata pada kamu selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad. 3.Dalam daftar kata yang berhuruf awal "P" itu, Carilah daftar kata yang dimulai dengan "Pr".4.Carilah daftar yang dimulai dengan "Pro" kata proklamasi akan kamu temukan diantara kata-kata itu. Selamat mencarikk Tolong yg punya kamus 1-5 ya kak, Terimakasih​


Jawaban:

pra-

praanggapan

praba

prabawa ? perbawa

prabu

prada ? perada

pradana

pradesa

pradesain

pradini

praduga

pragmatik

pragmatika

pragmatis

pragmatisme

prah

prahara

prahoto

prairi

praja

prajaksa

prajurit

prakala

prakarsa

prakarya

prakata

prakilang

prakira

prakondisi

prakonsepsi

praksis

praktek

praktik

praktikan

praktikum

praktis

praktisi

pralahir

pramenstruasi

prameswari

pramodern

pramu-

pramubakti

pramubarang

pramubayi

pramugara

pramugari

pramujasa

pramuka

pramukamar

Penjelasan:

https://kbbi.web.id/ bisa di cari disini

Jawaban:pra-

praanggapan

praba

prabawa ? perbawa

prabu

prada ? perada

pradana

pradesa

pradesain

pradini

praduga

pragmatik

pragmatika

pragmatis

pragmatisme

prah

prahara

prahoto

prairi

praja

prajaksa

prajurit

prakala

prakarsa

prakarya

prakata

prakilang

prakira

prakondisi

prakonsepsi

praksis

Penjelasan:


Video Terkait