2. Adakah al-Qur’an dan Hadits mengcover perlunya evaluasi pendidikan, pengajaran dan pembelajaran yang dilakukan para guru terhadap peserta didiknya? Jelaskan, mengapa persoalan tersebut penting dibahas dalam al-Qur’an dan Hadits?
1. 2. Adakah al-Qur’an dan Hadits mengcover perlunya evaluasi pendidikan, pengajaran dan pembelajaran yang dilakukan para guru terhadap peserta didiknya? Jelaskan, mengapa persoalan tersebut penting dibahas dalam al-Qur’an dan Hadits?
Mengenai perlunya evaluasi pendidikan, pengajaran dan pembelajaran yang dilakukan para guru terhadap peserta didiknya, maka tidak terdapat ayat dan hadis yang jelas mejelaskan permasalahan tersebut. Akan tetapi terdapat hadis-hadis umum yang berkaitan dengan pendidikan dan evaluasi diri untuk lebih baik.
Sebagaimana disebutkan dalam hadis tentang Rasulullah minta dingatkan dan tentang seorang pemimpin yang diingatkan. Hadis tersebut adalah:
إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ، أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ، فَإِذَا نَسِيتُ فَذَكِّرُونِي
“Sesungguhnya aku hanyalah manusia seperti kalian. Aku lupa sebagaimana kalian lupa. Oleh karenanya, ingatkanlah aku ketika diriku lupa” [HR. Bukhari].
إِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِالْأَمِيرِ خَيْرًا جَعَلَ لَهُ وَزِيرَ صِدْقٍ، إِنْ نَسِيَ ذَكَّرَهُ، وَإِنْ ذَكَرَ أَعَانَهُ
“Jika Allah menghendaki kebaikan bagi diri seorang pemimpin/pejabat, maka Allah akan memberinya seorang pendamping/pembantu yang jujur yang akan mengingatkan jika dirinya lalai dan akan membantu jika dirinya ingat” [Shahih. HR. Abu Dawud].
Sehingga jika diimplementasikan terhadap pendidikan seorang guru terhadap muridnya, maka tidak mengapa seseorang atau muridnya mengingatkan kepada guru jika ada hal-hal yang tidak sesuai demi terciptanya pendidikan yang lebih baik.
PembahasanSeorang Muslim dituntut untuk bisa terus bermusabahah atau terus melakukan introspeksi untuk menjadi lebih baik lagi. Seringkali kita mendengar "Hari ini harus lebih baik daripada hari sebelumnya"dan ini adalah sesuai dengan apa yang diajarkan Islam melalui Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.
Demikian, semoga membantu!
Pelajari lebih lanjut1. Materi tentang agama Islam agama penyempurna brainly.co.id/tugas/9009433
2. Materi tentang berlomba lomba di dalam kebaikan brainly.co.id/tugas/20978535
3. Materi tentang ayat terakhir yang diterima Rasulullah brainly.co.id/tugas/36207110
Detail jawabanKelas: 10
Mapel: Agama
Bab: Al-Qur'an dan Hadis adalah Pedoman Hidupku
Kode: 10.14.4
Kata kunci: Evaluasi Diri
#AyoBelajar
2. apa perbedaan evaluasi pendidikan dengan evaluasi pendidikan islam?
Evaluasi pendidikan Islam adalah suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan suatu aktivitas di dalam pendidikan Islam.
kalo evaluasi pendidikan adalah adalah pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa dan menetapkan sajauh mana tingkat perubahan dalam pribadi siswa.
3. apakah sama evaluasi pendidikan dengan evaluasi pembelajaran
menurut ku berbeda...Sama,karena evaluasi pendidikan dan evaluasi pembelajaran sama sama membahas tentang masalah pendidikan bagi anak anak
4. pengerian evaluasi pendidikan
proses pengumpulan data untuk digunakan sebagai pegangan keputusan dalam rangka menjawab permasalahan yang muncul demi kemajuan dan penyempurnaan pendidikanevaluasi pendidikan yaitu :setiap usaha atau proses dalam menentukan nilai atau proses pemberian nilai berdasarkan data kuantitatif hsil pengukuran untuk keperluan pengambilan keputusan.
5. Bagaimana status pendidik dalam hadits rasululullah
Jawaban:
pendidik dalam perspektif hadits sebagai berikut: (1) Pendidik harus beriman,(2) Pendidik berniat ikhlas, (3) Pendidik harus berlapang dada,(4) Pendidik harus berlemah lembut dan tersenyum, (5) Pendidik harus memperhatikan kondisi muridnya.
Penjelasan:
maaf jika salah
6. apa perbedaan evaluasi pembelajaran, evaluasi pengajaran dan evaluasi pendidikan?
Jawaban:
aku bantu jawab ya
ini perbedaan nya
Evaluasi pembelajaran
adalah proses untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan dalam menentukan sejauh mana dan bagaimana pembelajaran yang telah berjalan agar dapat membuat penilaian (judgement) dan perbaikan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan hasilnya.
evaluasi pengajaran
adalah suatu proses merencanakan, memperoleh dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membantu alternatif-alternatif keputusan (mehrens dan lehmann, 1978).
evaluasi pendidikan
adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru secara sistematis, terarah dan terencana dalam upaya mengetahui sampai sejauh mana terjadi perubahan perilaku pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga guru dapat menentukan tindakan yang tepat.
Penjelasan:
ya semoga ini bisa membantu kamu ya :)
~Ju Nu
7. Mengapa program pendidikan perlu dievaluasi?
karena evaluasi dapat mencerminkan seberapa jauh perkembangan atau kemajuan hasil pendidikan. Dengan evaluasi, maka maju dan mundurnya kualitas pendidikan dapat diketahui, dan dengan evaluasi pula, kita dapat mengetahui titik kelemahan serta mudah mencari jalan keluar untuk berubah menjadi lebih baik ke depan.
Semoga BERMANFAAT
8. mengapa evaluasi merupakan bagian integeral dari pendidikan
Karena evaluasi dibutuhkan untuk memastikan bahwa pendidikan yang telah dilalui itu memiliki dampak pada bertambahnya pengetahuan. Gunanya tidak hanya untuk mengulang pelajaran saja, tetapi juga menambah pemahaman, memperoleh pengetahuan dan mentransformasi pengetahuan. Menurut J.S.Bruner, manusia adalah pemproses, pemikir dan pencipta informasi, dan karena itu pula evaluasi sebagai bagian dari proses belajar itu sendiri menjadi dibutuhkan untuk mensinergikan proses, berpikir, dan menciptakan informasidalam otak manusia.
Karena dengan adanya evaluasi guru akan mengetahui perkembangan siswanya, menjadi bertambahkah pengetahuannya karena sistem pendidikan yang dilakukannya atau tidak.
9. apa perbedaan evaluasi pembelajaran, evaluasi pengajaran dan evaluasi pendidikan?
Jawaban:
jawabanadadiatas
Penjelasan:
~*《<semogamembantu>》*~
danmaafklosalah
10. Mengapa belajar limu pendidikan islam itu harus harus mengetahui tentang hadits pendidikan ?
Jawaban:
Karna hadist merupakan sunnah dan perkataan dari Nadi muhammad S.A.W
Penjelasan:
Maka dari itu jika kita mempelajari ilmu agama kita harus mempelajari hadist
Hadist juga berfungsi sebagai petunjuk bagi kita saat mempelajari ilmu agama islam
NO COPAS
NO GOOGLE
NO ASAL
ANSWER BY SHAKILA777
11. apakah fungsi evaluasi terhadap peserta didik ?
untuk memperbaiki kesalahan2 yang ada di dalam peserta didik. maaf ya kalau salah semoga membantu..- Sebagai alat pengukur ketercapaian tujuan mata pelajaran
- Sebagai alat pengukur tujuan proses belajar megajar
- Mengetahui kelemahan siswa dan dapat menyelesaikan kesulitan belajar siswa
- Menempatkan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya serta kemampuan siswa
- Untuk guru BP, dapat mendata permasalahan yang dihadapi siswa dan alternatif bimbingan dan penyuluhannya
12. apa saja kontribusi psikologi pendidikan terhadap pendidik, peserta didik dan sistem evaluasi?
Psikologi Pendidikan; mengkaji perilaku individu dalam situasi pendidikanDisamping jenis – jenis psikologi yang disebutkan di atas, masih terdapat berbagai jenis psikologi lainnya, bahkan sangat mungkin ke depannya akan semakin terus berkembang,sejalan dengan perkembangan kehidupan yang semakin dinamis dan kompleks.Psikologi pendidikan dapat dikatakan sebagai suatu ilmu karena didalamnya telahmemiliki kriteria persyaratan suatu ilmu, yakni :
– Ontologis; obyek dari psikologi pendidikan adalah perilaku-perilaku individu yangterlibat langsung maupun tidak langsung dengan pendidikan, seperti peserta didik, pendidik, administrator, orang tua peserta didik dan masyarakat pendidikan.
13. macam macam hadits tentang pendidikan
-annadhofatu minal iman : kebersihan sebagian dari iman
14. hal paling penting pada pemantauan evaluasi pendidikan
Jawaban:
Evaluasi di dalam dunia pendidikan sering kita dengar dengan Evalusi Pembelajaran, dimana tenaga pendidik di tuntut untuk melakukan Evaluasi terhadap pembelajaran yang mereka berikan kepada peserta didik. Meskipun Evaluasi pembelajaran biasanya dilakukan di akhir pembelajaran, namun Evaluasi di rancang sedemikian rupa dan disiapkan sebelum pembelajaran dilakukan.
Pada hakikatnya evaluasi pembelajaran adalah proses pengukuran dan penilaian terhadap suatu pembelajaran dimana seorang pendidik mengukur atau menilai peserta didik dengan menggunakan alat tes.
Pengukuran alat tes, lebih bersifat kuantitatif dengan menggunakan perhitungan angka dalam mengukur hasil belajar peserta didik. Tujuan evaluasi sendiri adalah untuk mencari solusi dari kekurangan yang peserta didik alami, menyimpulkan seberapa menguasainya peserta didik dalam kompetensi yang diterapkan dan mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan peserta didik.
Jadi mengapa peranan Evaluasi pembelajaran sangatlah penting? Evaluasi pembelajaran sangat penting dilakukan untuk mengetahui efektif atau tidaknya suatu sistem pembelajaran yang diterapkan oleh tenaga pendidik. Karena bila seorang pendidik tidak melakukan Evaluasi, sama saja tenaga pendidik tersebut tidak ada perkembangan dalam merancang sistem pembelajaran. Sehingga peserta didik bisa saja merasa bosan dengan sistem belajar yang terus menerus sama.
#semoga membantu kakak ^_^⛄
15. bagaimanakah cara mengevaluasi program pendidikan inklusif dengan evaluasi model kesenjangan?
Jawaban:
Cara mengevaluasi program pendidikan inklusif dengan evaluasi model kesenjangan didasarkan atas 4 (empat) tahapan, antara lain tahap desain, tahap instalasi, tahap proses, dan tahap produk.
16. apa perbedaan evaluasi hasil dan evaluasi keluar dalam penyelenggaraan pendidikan TK
Evaluasi hasil atau evaluasi produk adalah evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, diperbaiki, dimodifikasi, ditingkatkan atau dihentikan.
Sedangkan, Evaluasi keluar adalah
evaluasi yang dilakukan pada saat program telah selesai dilaksanakan
17. Mengapa belajar limu pendidikan islam itu harus harus mengetahui tentang hadits pendidikan ? .
Jawaban:
Dalam pemikiran Islam kedudukan hadis sangatlah penting karena dapat memperkuat memperjelas berbagai persoalan yang ada dalam Al-Qur'an dan memberikan dasar pemikiran yang lebih kongkret mengenai penerapan aktivitas yang mesti dikembangkan dalam kehidupan manusia.
Penjelasan:
semoga membantu, maaf kalo salah
18. apa yg di maksud dgn pendidikan dan berikan contoh hadits tentang pendidikan
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. (pengertian resmi dari wikipedia)
Hadist tentang pendidikan salah satunya,
"Menuntut ilmu itu wajib atas setiap orang muslim" (HR. Ibnu Majah)
Atau
"Barang siapa keluar untuk menuntu ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia kembali" (HR At Tirmidzi)
19. Apa yang dimaksud Evaluasi ,didalam pendidikan?
evaluasi adalah serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mengukur keberhasilan program pendidikan.
20. hadits tentang pendidikan
Surat Al-mujadalah ayat 11, Surat Thoha ayat 114... ~
0 Comments