Contoh Pertanyaan Tentang Metode Pembelajaran


Contoh Pertanyaan Tentang Metode Pembelajaran

Judul proposal "karakteristik murid dengan metode belajar online" Buatlah 15 pertanyaan tentang judul proposal diatas contoh : "nasi goreng ayam" pertanyaan : Apa bahan utama nasi goreng ayam ? tolong jawab ya :)​

Daftar Isi

1. Judul proposal "karakteristik murid dengan metode belajar online" Buatlah 15 pertanyaan tentang judul proposal diatas contoh : "nasi goreng ayam" pertanyaan : Apa bahan utama nasi goreng ayam ? tolong jawab ya :)​


Jawaban:

layang layangan=bagaimana cara buat layang layangan?

Penjelasan:

maaaf cumn tau satu aja


2. 2. Tentukanlah struktur dari masing-masing paragraf dalam teks tersebut. 3. Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan isi teks yang telah dibaca a. Apakah metode forfire itu? B. Apa tujuan yang ingin dicapai melalui metode foxfire? C. Jelaskan contoh kerja sama antara guru dengan siswa dalam penerapan metode ini? D. Bimbingan dan petunjuk apa yang diberikan guru kepada siswa dalam penerapan metode ini? Е Jelaskan kelebihan dan kekurangan metode foxfire. F. Kapan siswa dapat memperoleh pendapatan finansial dalam penerapan metode ini? G.Menurut kamu, bagaimana caranya metode ini dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar? H. Jelaskan hubungan metode foxfire dengan PAKEM. (TEKS NYA ADA DI GAMBAR ATAS) tolong dijawab dengan benar jangan jawab ngasal ​


Bisa disimpulkan bahwa metode pidato terdiri atas empat macam, yaitu improptu, memoriter, naskah, dan ekstemporan. Keempat metode tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan


3. 2. Tentukanlah struktur dari masing-masing paragraf dalam tekstersebut.3. Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan isi teks yang telah dibaca a. Apakah metode forfire itu?b. Apa tujuan yang ingin dicapai melalui metode foxfire?c. Jelaskan contoh kerja sama antara guru dengan siswa dalam penerapan metode ini?d. Bimbingan dan petunjuk apa yang diberikan guru kepada siswa dalam penerapan metode ini?е Jelaskan kelebihan dan kekurangan metode foxfire.f. Kapan siswa dapat memperoleh pendapatan finansial dalampenerapan metode ini? g.Menurut kamu, bagaimana caranya metode ini dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar? h. Jelaskan hubungan metode foxfire dengan PAKEM.(TEKS NYA ADA DI GAMBAR ATAS)tolong dijawab dengan benarjangan jawab ngasal​


2. Struktur dari masing masing paragraf pada teks di atas ialah sebagai berikut:

Evaluasi : Paragraf 1.Deksripsi : Paragraf 2, 3, 4, dan 5.Penegasan ulang : Paragraf 6.

3. Berikut jawaban dari pertanyaan berdasarkan isi teks:

Metode foxfire adalah metode penugasan atau pemberian tugas kepada peserta didik untuk melakukan kajian kemasyarakatan ke suatu daerah.Tujuan yang ingin dicapai diantaranya meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga warisan sosial dan budaya masyarakat, meningkatkan keterampilan siswa dalam memproses pengumpulan data, serta meningkatkan keterampilan menulis.Yang dimaksud contoh kerja sama antara guru dengan siswa dalam penerapan metode foxfire adalah guru berperan sebagai mentor yang membimbing dan memberikan petunjuk kepada siswa. Bimbingan dan petunjuk yang diberikan guru kepada siswa dalam penerapan metode foxfire adalah bimbingan dan petunjuk dalam aktivitas pengumpulan data agar teradministrasikan dengan baik.Kelebihan metode foxfire diantaranya para siswa akan memiliki keterampilan dalam proses pengumpulan data lapangan, keterampilan dalam menulis, hasil menimbulkan kerja sama diantara sekolah dan penerbit, dan yang terakhir siswa akan mendapatkan pendapatan finansial jika hasil tulisannya dapat diterbitkan dan laku dijual. Kelemahan dari metode foxfire diantaranya memerlukan waktu yang cukup lama sehingga menyulitkan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum untuk membuat jadwal yang dapat mengakomodasi pelaksanaan metode foxfire. Kemudian memerlukan guru yang benar benar memiliki kemampuan untuk membimbing para siswa dalam menulis.Siswa dapat memperoleh pendapatan finansial atau ekonomi ketika hasil tulisannya diterbitkan dan laku dijual.Metode foxfire dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar dengar cara melaksanakan model penugasan proyek yang dilaksanakan di luar waktu kegiatan belajar mengajar.Hubungan metode foxfire dengan PAKEM (Pembelajaran siswa Aktif, Kreatif, Inovatif, dan Menyenangkan) adalah metode foxfire melakukan pengembangan pendekatan pada metode PAKEM karena masih sejalan dengan metode PAKEM.

Pembahasan

Teks tanggapan adalah teks yang berisi sebuah komentar dan pendapat kritis penulis terhadap suatu permasalahan. Biasanya, teks ini memaparkan tentang kelebihan suatu permasalahan kemudian penulis akan menyampaikan kelemahan dan komentarnya.

Struktur teks tanggapan

Evaluasi. Bagian ini berisi gambaran umum dan penjelasan terhadap hal yang menjadi topik dalam teks. Deksripsi teks. Bagian ini memaparkan pernyataan pernyataan tentang pendapat yang mendukung topik pada teks kemuddian memaparkan pendapat yang menentang topik dan terkesan melemahkan pendapat yang disampaikan.Penegasan ulang. Bagian ini berisi pernyataan ulang dari awal hingga akhir teks.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang contoh teks tanggapan https://brainly.co.id/tugas/4273017Materi tentang struktur teks tanggapan https://brainly.co.id/tugas/18440029Materi tentang kaidah kebahasaan teks tanggapan https://brainly.co.id/tugas/26253153

----------------------------------------------------------

Detail jawaban

Kelas: IX

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Memberi Tanggapan dengan Santun

Kode: 9.1.4

#AyoBelajar


4. Perhatikan Contoh Kegiatan Guru dan Siswa dibawah ini! KEGIATAN KEGIATAN GURU KEGIATAN SISWA INTI  Guru menyuruh siswa untuk melakukan kajian pustaka atau tentang materi-materi yang akan di ajarnya dengan membaca terlebih dahulu materi  Guru menerangkan sekaligus menyimpulkan materi secara seksama.  Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru  Guru dan siswa bekerja sama membahas stugas-tugas yang di berikan guru secara bersama  Siswa memperhatikan penjelasan dari guru  Mengamati dan melakukan pengamatan belajar siswa satu persatu  Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk menanggapi materi yang sudah di jelaskan oleh guru  Guru memberikan kesimpulan bersama-sama-sama dengan siswa  Masing-masing siswa mengerjakan tugas dengan seksama  Siswa Mendengarkan penjelasan atau kesimpulan dari guru PENUTUP  Memberikan motivasi dan nasehat kepada siswa dan menjelaskan penting nya pendidikan  Guru menutup pelajaran secara bersama-sama  Mendengarkan nasehat guru Pertanyaan a. Metode/Teknik apakah yang lebih dominan digunakan pada kegiatan guru dan siswa? Sebukan dan Jelaskan! b. Jelaskan 3 keunggulan dan 2 kelemahan dari metode/teknik tersebut!


Jawaban:

a. metode ceramah

b. keunggulan nya yaitu

1. Ceramah merupakan metode yang ’murah’ dan ’mudah’ untuk dilakukan

2. Ceramah dapat menyajikan materi pelajaran yang luas.

3. Ceramah dapat memberikan pokok-pokok materi yang perlu ditonjolkan.

kelemahan nya yaitu

1. Materi yang dapat dikuasai siswa sebagai hasil dari ceramah akan terbatas pada apa yang dikuasai guru.

2. Ceramah yang tidak disertai dengan peragaan dapat mengakibatkan terjadinya verbalisme


5. Perhatikan Contoh Kegiatan Guru dan Siswa dibawah ini! KEGIATAN KEGIATAN GURU KEGIATAN SISWA INTI  Guru menyuruh siswa untuk melakukan kajian pustaka atau tentang materi-materi yang akan di ajarnya dengan membaca terlebih dahulu materi  Guru menerangkan sekaligus menyimpulkan materi secara seksama.  Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru  Guru dan siswa bekerja sama membahas stugas-tugas yang di berikan guru secara bersama  Siswa memperhatikan penjelasan dari guru  Mengamati dan melakukan pengamatan belajar siswa satu persatu  Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk menanggapi materi yang sudah di jelaskan oleh guru  Guru memberikan kesimpulan bersama-sama-sama dengan siswa  Masing-masing siswa mengerjakan tugas dengan seksama  Siswa Mendengarkan penjelasan atau kesimpulan dari guru PENUTUP  Memberikan motivasi dan nasehat kepada siswa dan menjelaskan penting nya pendidikan  Guru menutup pelajaran secara bersama-sama  Mendengarkan nasehat guru Pertanyaan: a. Metode/Teknik apakah yang lebih dominan digunakan pada kegiatan guru dan siswa? Sebukan dan Jelaskan! b. Jelaskan 3 keunggulan dan 2 kelemahan dari metode/teknik tersebut!


a. Berdasarkan dari uraian pada soal tersebut, metode atau teknik yang lebih digunakan pada kegiatan dan guru siswa adalah metode pembelajaran interaktif. Metode pembelajaran interaktif adalah proses yang melibatkan peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran baik secara fisik maupun mental.

b. Keunggulan dari metode pembelajaran interaktif yaitu:

Siswa diberikan kesempatan penuh untuk terlibat dalam objek yang akan dipelajarinya. Hal ini akan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran.Hasil belajar lebih bermakna. Hal ini dikarenakan siswa terlibat secara langsung.Siswa menjadi subjek pembelajaran yang aktif

Kelemahan dari metode pembelajaran interaktif yaitu

Sulitnya dalam membuat strategi dalam mengatur kelas dan mengembangkan dinamika kelompok.Memerlukan persiapan yang sangat matang karena jika tidak maka akan ada siswa yang cenderung pasif dan siswa yang aktif akan menguasai pembelajaran.

Pembahasan

Metode pembelajaran adalah suatu strategi atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di kelas yang diaplikasikan oleh tenaga pengajar sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik. Salah satu dari beberapa metode pembelajaran adalah metode pembelajaran interaktif.

Dalam metode pembelajaran interaktif ini, siswa diberikan kesempatan agar terlibat aktif dalam pembelajaran dengan membuat pertanyaan sesuai topik dan kemudian menyelidiki pertanyaan tersebut. Peran guru di sini hanya sebagai fasilitator yang membantu siswa jika terjadi kendala ataupun kesulitan.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengaruh penerapan metode pembelajaran

https://brainly.co.id/tugas/51484108

Materi tentang penerapan dan faktor - faktor dalam suatu metode pembelajaran

https://brainly.co.id/tugas/51336564

Materi tentang hubungan antara motivasi belajar serta metode dan tujuan pembelajaran

https://brainly.co.id/tugas/15605565

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Sosiologi

Bab: 5 - Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian

Kode: 10.20.5

#AyoBelajar #SPJ2


6. Ibu Sinta sedang mengajar materi energi pada SD. Pada saat pembelajaran ibu tersebut hanya menyuruh siswa membaca buku paket tentang materi energi selama 10 menit. Selanjutnya Ibu Sari secara lisan tanpa menggunakan media pembelajaran menjelaskan pengertian energi dan memberikan contoh-contohnya. Pada akhir pembelajaran, Bu Sinta memberikan tes formatif dilanjutkan dengan menyimpulkan pembelajaran. Berdasar hasil tes formatif, Bu Sinta sangat kecewa karena rerata hasil belajar siswa di bawah standar ketuntasan minimal. a. Berdasarkan penyebab ketidakberhasilan pembelajaran Bu Sinta, alternatif apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh Ibu Sinta? b. Dari beberapa alternatif yang diajukan, analisislah kekuatan dan kelemahannya! c. Agar memudahkan Ibu Sinta dalam mengajar, tuangkanlah usulan alternatif yang dianggap efektif ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang meliputi: Identitas RPP ..... Tujuan pembelajaran: .... Metode dan media: ... Ringkasan materi:.... Langkah-langkah pembelajaran: Kegiatan awal: .. Kegiatan Inti: ... Kegiatan akhir: ... Instrumen Evaluasi formatif yang mengukur tujuan pembelajaran:... LKS yang terdiri dari: tujuan percobaan, alat dan bahan, landasan teori, langkah kerja, tabel pengamatan, pertanyaan terkait pengamatan.


Penjelasan:

-seharusnya ibu sinta mengenali murid-murid ya karena ada sebagian murid yg paham dengan metode2 yg berbeda misalnya, ada metode lisan , tulisan dsb

-kekuatan; ibu sinta menjelaskan pengertian energi dan contoh - contoh ya.

kelemahan; anak-anak hanya di beri waktu 10 menit untuk membaca buku dan mencerna isi buku ke dlm otak ya .

semoga membantu

7. 1 Anda telah mempelajari materi modul atau BMP Metode dan Teknik Penyuluhan Pertanian/ LUHT4234, khususnya tentang konsep dasar, ragam dan pertimbangan pemilihan metode dan teknik penyuluhan pertanian. Pemahaman yang baik terhadap materi tersebut akan menentukan kemampuan dalam pemilihan metode dan teknik penyuluhan yang tepat/sesuai, yang akan menentukan kualitas pelaksanaan penyuluhan, serta output yang dihasilkan yaitu perubahan perilaku sasaran penyuluhan. Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan materi BMP Metode dan Teknik Penyuluhan Pertanian/ LUHT4234. a. Jelaskan pengertian Metode dan Teknik Penyuluhan Pertanian! b. Salah satu prinsip metode penyuluhan pertanian adalah “pengembangan berpikir kreatif. Jelaskan makna prinsip tersebut dan berikan contoh cara penyuluh dalam memenuhi prinsip tersebut pada saat melaksanakan penyuluhan! c. Sebutkan ragam metode dan teknik penyuluhan berdasarkan penggolongannya!


Jawaban:

Pengembangan berpikir kreatif bukanlah dimaksudkan agar masyarakat sasaran selalu menggantungkan diri kepada petunjuk, nasihat, atau bimbingan penyuluhnya. Akan tetapi sebaliknya, melalui penyuluhan harus dihasilkan petani yang mampu dengan upayanya sendiri mengatasi masalah-masalah yang dihadapi, serta mampu mengembangkan kreativitasnya untuk memanfaatkan setiap potensi dan peluang yang diketahuinya untuk terus menerus dapat memperbaiki mutu hidupnya. Oleh karena itu, pada setiap kegiatan penyuluhan, seorang penyuluh harus mampu memilih metode yang sejauh mungkin dapat mengembangkan daya nalar dan kreativitas masyarakat sasaran.

Contohnya adalah penggunaan alat multifator guna untuk mengolah tanah dalam bentuk bedengan, serta pemakaian mulsa agar terhindar dari hama dan penyakit serta menjaga ketersediaan unsur hara untuk menunjang kualitas pertumbuhan cabai dapat meningkat secara kualitas dan kuantitas

Penjelasan:

hal ini sesuai dalam BMP Metode dan Teknik Penyuluhan Pertanian, jadi jangan ragu


8. Ada beberapa pendekatan dan metode dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang kita kenal, di antaranya pendekatan komunikatif, pendekatan tujuan, pendekatan struktural, pendekatan keterampilan proses, pendekatan whole language. Demikianpun metode pembelajaran bahasa Indonesia, kita mengenal ada metode demonstrasi, metode diskusi, tugas, ceramah, bermain peran dan sebagainya. Tak ada satupun pendekatan atau metode yang terbaik. Pada dasarnya semua pendekatan dan metode pembelajaran itu baik. Hal ini tentu berkaitan dengan situasi dan kondisi pembelajaran itu berlangsung. Atas pernyataan tersebut simaklah ilustrasi berikut. Pak Made merupakan guru kelas 4 SD yang hendak membelajarkan siswa pada tema ke 6 “Indahnya Kebersamaan”. Pada tema tersebut, terdapat kompetensi pembelajaran Bahasa Indonesia berikut. 3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. Berdasarkan Kompetensi-kompetensi dasar yang hendak diajarkan Pak Made, jawablah beberapa pertanyaan berikut. a. Metode pembelajaran bahasa Indonesia yang cocok diterapkan Pak Made adalah…. Berikan argumen Saudara! (level kognitif C3, skor 2) b. Buatlah contoh skenario pembelajaran terpadu lintas materi berdasarkan contoh ilustrasi tersebut! (level kognitif C6, skor 4)


Jawaban:

a. Metode Jigsaw, adalah suatu metode kooperatif yang memperhatikan skema atau latar belakang pengalaman siswa dan membantu mengaktifkan skemata tersebut agar bahan pelajaran lebih bermakna. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menitik beratkan kepada kerja kelompok dalam bentuk kelompok kecil. Metode atau tipe Jigsaw merupakan metode belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen. Siswa bekerja sama saling ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri. Dalam pembelajaran ini, siswa juga memiliki banyak kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Sehingga metode ini sangat cocok untuk tema “Indahnya Kebersamaan “

b.  ILUSTRASI PEMBELAJARAN  

1. Pendahuluan  

a. Guru mengucapkan salam.  

b. Peserta didik berdoa dengan dipimpin ketua kelas.  

c. Guru memotivasi siswa dengan tepuk dan yel-yel.  

d. Guru menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”. Nasionalis  

e. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran pada hari ini.  

f. Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa.  

2. Kegiatan Inti  

a. Sebelum memulai pembelajaran, guru menampilkan slide gambar orang memakai baju-baju tradisional. (Mengamati)  

b. Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia. Guru mengajukan pertanyaan pembuka. (Mengkomunikasikan)  

c. Tahukah kalian nama suku daerah kita? Adakah yang berasal dari suku berbeda? (Menanya)  

d. Coba kamu buat satu pertanyaan apa yang ingin kamu tanyakan tentang gambar yang kamu lihat? (kritis dan menanya)  

e. Siswa secara berpasangan melakukan wawancara tentang asal daerah, etnis dan agama masing-masing. (Mengkomunikasikan)  

f. Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa dalam setiap kelompok.  

g. Siswa membaca teks bacaan “Pawai Budaya” yang ada di buku siswa. Masing-masing kelompok dibagi tugas untuk berdiskusi membuat peta konsep menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada satu paragraf. (kritis, dan kolaborasi)  

h. Siswa menyampaikan peta konsepnya ke depan kelas. (Mengkomunikasikan)  

i. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan mencari dan mendapatkan beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari berbagai sumber informasi yang akan dipelajari (nama daerah dan ciri khas daerah) diupayakan agar setiap kelompok tidak sama. Siswa kemudian berdiskusi mencari informasi tentang keragaman budaya. (Mengamati dan Mengekplorasi)  

j. Siswa nomer urut 1 kelompok A, B, C, D membentuk kelompok kecil demikian seterusnya sampai nomer urut 4 untuk bertukar informasi tentang keragaman budaya. (kolaborasi)  

k. Siswa menyampaikan hasil bertukar informasi ke depan kelas. (Mengkomunikasikan)  

l. Siswa mengamati gambar alat musik dari berbagai daerah yang disampaikan guru. (Mengamati)  

m. Siswa berdiskusi mencari nama alat musik, asal daerah dan cara menghasilkan bunyi. (kritis, dan kolaborasi)  

n. Siswa menyampaikan hasil diskusinya ke depan kelas (Mengkomunikasikan)

o. Guru memberikan penguatan dan tanya jawab kepada siswa berkaitan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama di Indonesia.  

3. Kegiatan Penutup  

a. Siswa membuat rangkuman secara kreatif sebagai tugas tindak lanjut.  

b. Siswa melakukan refleksi terhadap proses kegiatan pembelajaran hari ini dengan arahan guru.  

c. Siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menguatkan pemahaman terhadap materi pembelajaran hari ini.  

d. Siswa mendapat umpan balik dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan terhadap proses serta hasil pembelajaran.  

e. Siswa mendapat informasi rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya .  

f. Siswa mendapat penguatan pendidikan karakter dari guru.  

g. Siswa menyanyikan lagu Bungong Jumpa. h. Siswa berdoa dan bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

Penjelasan:


9. Perhatikan masalah-masalah pembelajaran yang terjadi di kelas bu Tuti berikut ini, mata pelajaran Bahasa Indonesia, topik: Membuat Karangan1. Metode pembelajaran monoton2. Tidak ada media pembelajaran yang sesuai untuk topik tersebut3. Bu Wulan sangat kurang memberikan contoh tentang bentuk-bentuk karangan4. Ruang belajar kurang terangPertanyaan:Berdasarkan kasus di atas, lakukan analisis terhadap masalah yang dihadapi oleh Bu Tuti. Selanjutnya tentukan masalah yang dapat diteliti dengan PTK​


Jawaban:

kenapa ada nama topik ?

Penjelasan:

itu nama abang aku?


10. C. Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas.Para dokter dan biologiwan sedang melakukan penelitian tentang virus flu burung, Cabanbiologi apa saja yang diperlukan untuk mengkaji penelitian mengenai virus flu burungtersebut?2. Cabang-cabang biologi apa saja yang perlu dipelajari ketika seorang pelajar SMA akanmengidentifikasi suatu hewan?3. Berikan contoh pemanfaatan biologi dalam bidang pertanian dan industri.4. Bagaimana kalian memandang bencana alam yang terjadi seperti banjir bandang di Bahoratau banjir yang terjadi di Jakarta beberapa waktu yang lalu dari segi biologi? Dapatkah bmembantu mencegah terjadinya hal itu?5. Suatu percobaan biasanya dilakukan melalui tahapan metode ilmiah. Apakah metode ilmitu? Jelaskan tahapan-tahapannya.Tolong dijawab ya plisss


Jawaban:

nomor 4 cara mencegahnya adalah

1 membuang sampah pada tempatnya jangan dibuang di sungai

2 membuat resapan air


11. RANCANGAN PEMBELAJARAN DARINGKelas/Sem I GenapTema 5PengalamankuSubtema 1 Pengalaman Masa KecilMuatan Terpadu: Bahasa Indonesia, PPKn dan SBDPKegiatan Pembelajaran:Pendahuluan (10 Menit)Orientasi persepsi dan motivasi siswaInti (150 Menit)a. Guru dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting. membuka pelajarandengan memperdengarkan lagu "Bunda Piara" dengan ketukan lambat dancepat secara bergantian.b. Siswa diminta melakukan gerakan berjalan di tempat sesuai lagu yangdimainkanc. Mengajak siswa menyimpulkan ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukanlambat dan cepat.d. Guru membacakan cerita yang berkaitan dengan pujian, kemudian siswadiminta berdiskusi mengenai ungkapan yang dapat disampaikan saatmemberikan apresiasi kepada orang lain.e. Siswa diminta menyalin contoh kalimat pujian berdasarkan pengalaman yangdialami.1. Siswa diminta mengamati gambar burung garuda yang disajikan guru.g. Siswa diminta membacakan Pancasila bersama-samah Siswa diminta mengurutkan potongan-potongan kata dari sila ke-2 pancasiladan membunyikan secara lantang.i Siswa mengirimkan hasil tugas mandiri ke WAPenutup (15 menit)Guru memberikan refleksi2 dan 3POGAPertanyaanBerdasarkan kasus scenario/prosedur pembelajaran tersebut:Lakukan analisis, bagaimanakah kualitas dari skenarlo alau rancangan pembelajaran tersebutterkait komponen metode dan kriteria pemilihan metode pembelajaran!Skor Total​


Jawaban:

Lah?Saya Di Foto Gitu? Kan Saya Bkn Anak, YNTKS


12. Haloo kk,, boleh bantu jawab ga? :> Soal: 1.apa itu ilmu sains? < 1 contoh> 2.Tuliskan metode ilmiah/kimia 3.Tuliskan profil pelajar pancasila yg menurut kamu untuk mengembangkan diri kita, sehingga kita menjadi pelajar yg sukses Kalo boleh juga... Saya mau tanya nih kk, kan saya itu ada pr prakarya,, pr nya tantangan wirausaha, boleh kasih contoh atau maksudnya ga kak? :3


ilmu sains adalah ilmu yang mempelajari tentang semua gejala-gejala alam apa yang berhubungan dan alam Bagaimana segala sesuatu dapat terjadi Bagaimana segala sesuatu dapat berjalan dan teori-teori perhitungan tentang alam

13. 1.Di dalam hukum tempo perkembangan bahwa perkembangan anak masing-masing berlangsung menurut .... a. kebutuhan b. tempo nya sendiri c. Temponya bersamaan d. tempo cepat e. temponya lamban 2.Apa yang dimaksud dengan gerakan instink ? a. Gerakan menyatakan rasa puas b. Gerakan cepat tanpa menggunakan pikiran c. Gerakan tangan menggenggam d. Gerakan memasukan benda ke dalam mulut e. Gerakan meludah-ludah 3.Munculnya keinginan maju dan memahami kenyataan mencapai puncaknya, dan perkembangan jasmaninya yang pesat terjadi pada seorang anak merupakan ciri khas dari fase apa? a. masa keempat b. masa pertama c. masa kedua d. masa ketiga e. sensorik motorik 4.Berikut yang termasuk metode pengumpulan yaitu : a. Angket,biografi, dan buku harian b. Tes psikologi dan eksperimen tes c. Tes, non tes dan wawancara d. Foto-foto, tes tertulis dan biografi e. Intropeksi dan ekstropeksi 5.Ada macam tangisan antara lain, kecuali : a. Tangis haru b. Tangis minta digendong c. tangis yang tidak disebabkan suatu hal tertentu d. Tangis manja e. tangis menyatakan rasa tak nyaman 6.Munculnya pemahaman intelektual yang melibatkan panca indera terjadi pada seorang anak di awal masa perkembangannya merupakan ciri khas dari fase apa? a. Fase Trotz periode ketiga b. Fase pra operasional c. fase berpikir konkrit d. Fase sensorik motorik e. Fase operasional formal 7.Dalam hukum perkembangan terdapat hukum konvergensi yang dipelopori oleh a. William Stern b. Schopenhauer c. Jean Piaget d. Sigmund Freud e. John Locke 8.Pengamatan yang dilakukan dengan maksud mempelajari proses kejiwaan diri sendiri disebut : a. Intropeksi b. Tes Klinis c. Ekstropeksi d. observasi e. Tes IQ 9.Berikut cara mempelajari tingkah laku manusia dan interaksi manusia dalam psikologi perkembangan kecuali : a. Metode Klinis b. Metode Eksperimen dan tes c. Metode pengamatan d. Metode pengumpulan e. Metode hipnotis 10.Perkembangan seorang anak merupakan ulangan dari sejarah kehidupan suatu bangsa yang berlangsung dengan lambat disebut teori hukum a. irama perkembangan b. masa peka c. tempo perkembangan d. Rekapitulasi e. konvergensi 11.Dalam mengukur sebuah kecerdasan pada seorang anak maka diperlukan melakukan tes…. a. Placement test b. Tes Baca Tulis c. Tes IQ d. Final Test e. Tes kepribadian 12.Pengamatan yang dilakukan dengan sengaja memperhatikan atau mempelajari proses kejiwaan pada diri sendiri disebut : a. Eksperimen b. Intropeksi c. Observasi d. Ekstropeksi e. Metode tes 13.Jika seorang anak ketika mengalami perkembangan maka dia akan mengalami masa pasang surut misalnya ketika dia baru belajar berjalan dan berbicara maka ketika sedang giatnya berjalan maka perkembangan bicaranya mereda sementara, itu merupakan hukum a. Rekapitulasi b. bertahan dan mengembangkan diri c. irama/ritme perkembangan d. tempo perkembangan e. masa peka 14.Dalam metode pengumpulan ada meneliti dari buku harian, buku harian bermanfaat sebagai: a. menjelaskan kesukaan b. mempelajari kehidupan c. belajar menulis d. ungkapan kejiwaan e. tempat tulis-tulis saja 15.Hukum bertahan dan mengembangkan diri pada masa perkembangan anak-anak contohnya di bawah ini sebagai berikut, kecuali : a. Perasaan tidak puas terhadap sesuatu b. mulai mengenal wajah ibunya sendiri c. rasa persaingan dengan sesama d. usaha belajar berjalan e. kegiatan bermain 16.Gerakan yang berupa dorongan dari luar yang berbentuk perangsang dan menimbulkan reaksi disebut : a. Gerakan impulsif b. Gerakan refleks c. Gerakan menstimulasi d. Gerakan motoris e. Gerakan instinktif 17.Berikut bentuk penelitian khusus dalam metode klinis bagi perkembangan anak-anak, kecuali : a. jawaban a,b,c benar b. Mengamat-amati c. mengajak bercakap-cakap d. memberi nasehat e. tanya jawab 18.Tokoh hukum Konvergensi berasal dari Jerman bernama... a. Montessori b. Sigmund Freud c. William Stern d. John Locke e. Jean Piaget 19.Munculnya keinginan bermain dan berkembang menjadi semangat kerja dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan yang tinggi terjadi pada seorang anak merupakan ciri khas dari fase apa? a. masa pertama b. masa kelima c. masa ketiga d. masa keempat e. masa kedua 20.Daftar pertanyaan dalam metode pengumpulan disebut : a. Anecdot b. tes tidak tertulis c. Angket d. bahan observasi e. tanya jawab 21.Di dalam sebuah perkembangan yang dialami anak dipengaruhi oleh lingkungan dan pembawaan anak tersebut, merupakan pendapat hukum perkembangan... a. Hukum tempo perkembangan b. Hukum Rekapitulasi c. Hukum irama perkembangan d. Hukum Konvergensi e. Hukum masa peka 22.Metode pengamatan (observasi) dalam mempelajari interaksi manusia dapat dibagi menjadi dua yaitu : a. Metode eksperimen dan tes b. Metode intropeksi dan ekstrpeksi c. Metode tes dan non tes d. Metode direct dan undirect e. Metode ceramah dan klinis


Jawaban:

gini jawabanya

1.B 2.D 3.A 4.A 5.E 6.D 7.A 8.D 9.C 10.A 11.B 12.D. 13.C 14.D 15.B 16.A 17.C 18.B 19.A 20.A 21.B 22.A


14. PDGK4303 PERSPEKTIF GLOBAL 1 Ilustrasi Perkembangan dunia teknologi dan informasi yang sangat cepat, membawa dampak menyempitnya jarak antar bangsa di dunia. Pendidikan memiliki peran dalam membangun perspektif global peserta didik, agar dapar melihat sisi dunia dari berbagai sisi. Pada saat ini materi pembelajaran di Sekolah Dasar belum sampai pada tatanan membahas permasalahan global, masih lebih banyak membahas tatanan lokal. Perspektif global adalah suatu pandangan, di mana guru dan murid secara bersama-sama mengembangkan perspektif dan keterampilan untuk menyelidiki suatu yang berkaitan dengan isu global. Yang dimaksud dengan isu global antara lain isu lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan pendidikan. Peserta didik harus belajar tentang dirinya dan dunia. Guru harus terlebih dahulu memiliki perspektif global, berwawasan luas lalu membangun perspektif global peserta didik melalui kegiatan pembelajaran. Pada saat ini rendahnya minat belajar peserta didik menjadi masalah yang serius dalam dunia Pendidikan kita. Guru perlu menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, termasuk dalam pembelajaran yang memuat karakter perspektif global. Dalam pembelajaran IPS di sekolah Dasar, guru dan murid masih belum terbiasa berkomunikasi tentang permasalahan-permasalahan global. Pertanyaan: Analisis dan uraikan aspek-aspek yang harus diperhatikan dari kebutuhan belajar siswa agar pembelajaran IPS berbasis perspektif global berhasil dilaksanakan! Dalam hal ini analisis kebutuhan belajar siswa dilakukan dengan memperhatikan aspek: a. Kurikulum; dan b. Metode pembelajaran 20 2 Ilustrasi Perspektif global dalam berbagai bidang seperti iptek, transportasi, dan komunikasi internasional memiliki dampak negatif dan positif bagi generasi muda begitupun bagi peserta didik. Perkembangan iptek, transportasi, komunikasi internasional ini menerobos jarak dan waktu sehingga memudahkan pekerjaan manusia. Namun jika terjadi penyalahgunaan, akan memunculkan dampak negatif tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai salah satu contoh dampak negatif teknologi informasi yang disalahgunakan peserta didik, misalnya menggunakan berbagai aplikasi games yang tidak mendidik karena minim pengawasan dari orang tua. Pertanyaan: Lakukan analisis dan jabarkan hasilnya tentang bagaimana perspektif global mempengaruhi perkembangan iptek pada masa Covid 19, dan jelaskan pula dampak positif serta negatifnya! 3 Ilustrasi Indonesia sedang menghadapi berbagai isu global, baik di bidang ekonomi, pendidikan, politik, budaya serta bidang lainnya. Isu penting yang harus segera dicarikan solusinya di bidang ekonomi agar bisa berkembang kembali adalah dengan penciptaan lapangan kerja, serta pembangunan berkelanjutan seperti dalam infrastruktur. Namun di sisi lain, ada hal lain yang harus dicermati seperti meningkatnya hutang negara pada luar negeri. Isu global lain juga terjadi pada bidang politik, Pendidikan, serta budaya. Pertanyaan: Uraikan hasil kegiatan evaluasi yang harus Anda lakukan terhadap maksimum 6 isu dan masalah global di bidang ekonomi pada masa pandemi Covid 19! 25 4 Pertanyaan: Buatlah sebuah contoh evaluasi dengan teknik observasi untuk menilai keaktifan siswa dalam berdiskusi pada model pembelajaran pembinaan konsep berbasis perspektif global di Sekolah Dasar!


1. Kurikulum sekolah dari SD hingga SMA harus mengajarkan IPS dari perspektif global. Di sekolah dasar sendiri, keterampilan dasar sosiologi yang dikeluarkan Kemendikbud meliputi pembelajaran sosiologi dalam perspektif global. Salah satu materi yang berkaitan dengan perspektif global  IPS yang dipelajari di sekolah dasar adalah topik globalisasi. Dalam pembelajaran ini, siswa diminta untuk memahami globalisasi, dampak positif dan negatifnya, serta cara menghadapi globalisasi.

2. Perspektif global adalah cara untuk menghadapi atau mengatasi masalah dan masalah global. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa pandemi Covid-19 tidak terlepas dari perspektif global. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bertujuan untuk mengatasi permasalahan dan permasalahan yang muncul selama era Covid 19. Masalah umum selama pandemi Covid 19 adalah sulit untuk keluar  dan berkumpul. Ini akan melakukan semua kegiatan  dari rumah, termasuk: B.WFH (bekerja dari rumah), BDR (belajar dari rumah). Oleh karena itu, salah satu teknologi yang berkembang  pesat adalah teknologi informasi komunikasi jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet. Selain itu, beberapa negara telah mulai mengembangkan teknologi pengiriman berbasis drone dan menyediakan robot untuk pengunjung.

Dampak positif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa pandemi Covid-19:

(1) Ini dapat mempromosikan kegiatan selama pandemi. Contoh: Bekerja dari rumah atau belajar di rumah.  

(2) Memberikan hiburan saat bekerja di rumah

Dampak negatif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selama pandemi Covid-19:

(1) Beban pengeluaran meningkat karena uang harus dikeluarkan untuk membeli alat.  

(2) Setelah pandemi,  teknologi ini (drone dan robot) dapat mengurangi lapangan kerja.  

(3) Adanya ketergantungan  teknologi.

3. Covid-19 Masalah global dan ekonomi selama pandemi:

(1) Tingkat pengangguran yang tinggi akibat pemutusan hubungan kerja secara massal. Selama pandemi Covid-19, sebagian besar negara di dunia membatasi atau melarang warganya  keluar rumah, termasuk bekerja. Tentu saja hal ini juga berdampak pada perusahaan yang tidak dapat memproduksi produk jadi. Ini akan mengakibatkan pemecatan besar-besaran terhadap perusahaan. Dan banyak perusahaan dan industri  bangkrut.  (2) Harga tidak stabil karena kekurangan barang konsumsi. Selama pandemi COVID-19, aktivitas masyarakat sangat terbatas. Pabrik tidak bekerja. Hal ini menyebabkan kelangkaan dan lonjakan beberapa jenis barang konsumsi. Masker medis, makanan,  minyak goreng, dll. (3) Kegiatan impor/ekspor produk dihentikan sementara. Kegiatan impor dan ekspor telah dihentikan karena pembatasan dari negara-negara yang terkena dampak Covid 19. Hal ini berdampak pada perekonomian masyarakat desa. (4) Penurunan sektor pariwisata. Pandemi COVID-19 telah memungkinkan negara-negara untuk melarang warganya memasuki atau melarang negara mereka sendiri. Hal ini menyebabkan penurunan kunjungan wisatawan secara dramatis, mempengaruhi penduduk yang bekerja di sektor pariwisata.  (5) Terjadi krisis utang. Di masa pandemi COVID-19, masalah krisis utang pascapandemi terus memburuk  di tingkat masyarakat, perusahaan, dan pemerintah. Mayoritas dari mereka yang disurvei khawatir bahwa krisis utang ini akan menyebabkan gagal bayar lebih lanjut, kebangkrutan massal, atau  krisis likuiditas di tahun-tahun mendatang.

Pembahasan:

IPS atau ilmu pengetahuan sosial adalah mata pelajaran yang dipelajari dari sd sampai dengan sma. dengan kata lain IPS adalah ilmu pengatahuan yang penting.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang ilmu pengetahuan sosial brainly.co.id/tugas/11810624

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1


15. Perhatikanlah kasus terkait scenario/prosedur pembelajaran berikut : RANCANGAN PEMBELAJARAN DARING Kelas/Sem : I / Genap Tema 5 : Pengalamanku Subtema 1 : Pengalaman Masa Kecil Muatan Terpadu: Bahasa Indonesia, PPKn dan SBDP Kegiatan Pembelajaran: Pendahuluan (10 Menit) Orientasi, persepsi dan motivasi siswa Inti (150 Menit) a. Guru dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting, membuka pelajaran dengan memperdengarkan lagu “Bunda Piara” dengan ketukan lambat dan cepat secara bergantian. b. Siswa diminta melakukan gerakan berjalan di tempat sesuai lagu yang dimainkan. c. Mengajak siswa menyimpulkan ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dan cepat. d. Guru membacakan cerita yang berkaitan dengan pujian, kemudian siswa diminta berdiskusi mengenai ungkapan yang dapat disampaikan saat memberikan apresiasi kepada orang lain. e. Siswa diminta menyalin contoh kalimat pujian berdasarkan pengalaman yang dialami. f. Siswa diminta mengamati gambar burung garuda yang disajikan guru. g. Siswa diminta membacakan Pancasila bersama-sama. h. Siswa diminta mengurutkan potongan-potongan kata dari sila ke-2 pancasila dan membunyikan secara lantang. i. Siswa mengirimkan hasil tugas mandiri ke WA Penutup (15 menit) Guru memberikan refleksi Pertanyaan: Berdasarkan kasus scenario/prosedur pembelajaran tersebut: Lakukan analisis, bagaimanakah kualitas dari skenario atau rancangan pembelajaran tersebut terkait komponen metode dan kriteria pemilihan metode pembelajaran!​


Penjelasan:

prosedur pembelajaran berikut : RANCANGAN PEMBELAJARAN DARING Kelas/Sem : I / Genap Tema 5 : Pengalamanku Subtema 1 : Pengalaman Masa Kecil Muatan Terpadu: Bahasa Indonesia, PPKn dan SBDP Kegiatan Pembelajaran: Pendahuluan (10 Menit) Orientasi, persepsi dan motivasi siswa Inti (150 Menit) a. Guru dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting, membuka pelajaran dengan memperdengarkan lagu “Bunda Piara” dengan ketukan lambat dan cepat secara bergantian. b. Siswa diminta melakukan gerakan berjalan di tempat sesuai lagu yang dimainkan. c. Mengajak siswa menyimpulkan ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dan cepat. d. Guru membacakan cerita yang berkaitan dengan pujian, kemudian siswa diminta berdiskusi mengenai ungkapan yang dapat disampaikan saat memberikan apresiasi kepada orang lain. e. Siswa diminta menyalin contoh kalimat pujian berdasarkan pengalaman yang dialami. f. Siswa diminta mengamati gambar burung garuda yang disajikan guru. g. Siswa diminta membacakan Pancasila bersama-sama. h. Siswa diminta mengurutkan potongan-potongan kata dari sila ke-2 pancasila dan membunyikan secara lantang. i. Siswa mengirimkan hasil tugas mandiri ke WA Penutup (15 menit) Guru memberikan refleksi Pertanyaan: Berdasarkan kasus scenario/prosedur pembelajaran tersebut: Lakukan analisis, bagaimanakah kualitas dari skenario atau rancangan pembelajaran tersebut terkait komponen metode dan kriteria pemilihan metode pembelajaran!


16. Perhatikan Contoh Kegiatan Guru dan Siswa dibawah ini! KEGIATAN KEGIATAN GURU KEGIATAN SISWA INTI  Guru menyuruh siswa untuk melakukan kajian pustaka atau tentang materi-materi yang akan di ajarnya dengan membaca terlebih dahulu materi  Guru menerangkan sekaligus menyimpulkan materi secara seksama.  Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru  Guru dan siswa bekerja sama membahas stugas-tugas yang di berikan guru secara bersama  Siswa memperhatikan penjelasan dari guru  Mengamati dan melakukan pengamatan belajar siswa satu persatu  Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk menanggapi materi yang sudah di jelaskan oleh guru  Guru memberikan kesimpulan bersama-sama-sama dengan siswa  Masing-masing siswa mengerjakan tugas dengan seksama  Siswa Mendengarkan penjelasan atau kesimpulan dari guru PENUTUP  Memberikan motivasi dan nasehat kepada siswa dan menjelaskan penting nya pendidikan  Guru menutup pelajaran secara bersama-sama  Mendengarkan nasehat guru Pertanyaan: a. Metode/Teknik apakah yang lebih dominan digunakan pada kegiatan guru dan siswa? Sebukan dan Jelaskan! b. Jelaskan 3 keunggulan dan 2 kelemahan dari metode/teknik tersebut


Jawaban:

panjang banget males baca soalnya


17. SoalPerhatikan Contoh Kegiatan Guru dan Siswa dibawah ini!Skor(20)KEGIATANINTIKEGIATAN GURU✓ GuruKEGIATAN SISWAmenyuruhsiswa untukmelakukan kajian Pustaka atauSiswa mendengarkan danmemperhatikan penjelasantentang materi-materi yang akan diguruajarnya dengan membaca terlebihdahulu materi✓ Guru menerangkan sekaligusmenyimpulkan materi secaraseksama.✓ Guru dan siswa bekerja sama Siswa memperhatikanmembahas stugas-tugas yang di penjelasan dari guruberikan guru secara bersama✓ Mengamati dan melakukan ✓ Masing-masing siswapengamatan belajar siswa satu mengerjakan tugas denganpersatuseksamaGuru memberikan kesempatan Siswa Mendengarkankepada setiap siswa untuk penjelasan atau kesimpulanmenanggapi materi yang sudah didari gurujelaskan oleh guru✓ Guru memberikan kesimpulanbersama-sama-sama dengan siswa✓ Memberikan motivasi dan nasehat ✓ Mendengarkan nasehatkepada siswa dan menjelaskan gurupenting nya pendidikan✓ Guru menutup pelajaran secarabersama-samaPENUTUPPertanyaan:a. Metode/Teknik apakah yang lebih dominan digunakan pada kegiatan guru dan siswa?Sebukan dan Jelaskan!b. Jelaskan 3 keunggulan dan 2 kelemahan dari metode teknik tersebut​


Jawaban:

tehnik yg lebih dominan adalah tehnik menyimak dimana siswa lebih banyak mendengarkan

keunggulan

1. meningkatkan konsentrasi siswa

2. menanmbah daya imajinasi

3. dapat menyerap informasi lebih dari penjelasan guru

kelemahan

1. siswa kurang antusias

2. tingkat pemahaman yang relatif rendah

Penjelasan:

modul PDGK4204


18. Bu Ratna adalah guru kelas 6 yang sedang mengajarkan pembelajaran tematik bermuatan IPA 30 dengan materi inti sistem tata surya. la meminta anak untuk membaca buku materi sistem tata surya, kemudian meminta anak merangkum, lalu mempresentasikan di depan kelas. Pertanyaan: a. Sesuai hakikatnya, pembelajaran IPA harus melibatkan berbagai proses sains untuk menemukan pengetahuan IPA. Apakah Bu Ratna telah melakukan pembelajaran materi sistem tata surya sesuai hakikat IPA? Beri penjelasannya dan berikan 2 contoh aktivitas yang melibatkan proses sains terkait materi tersebut. 4. b. Tentukan satu metode/model pembelajaran yang sesuai dengan hakikat IPA, kemudian revisilah desain tersebut menjadi skenario pembelajaran (kegiatan awal, inti, dan akhir).​


Penjelasan:

berikan penjelasan dan berikan 2 contoh aktivitas yang melibatkan proses sains terkait materi tersebut


19. Perhatikanlah kasus terkait scenario/prosedur pembelajaran berikut : RANCANGAN PEMBELAJARAN DARING Kelas/Sem : I / Genap Tema 5 : Pengalamanku Subtema 1 : Pengalaman Masa Kecil Muatan Terpadu: Bahasa Indonesia, PPKn dan SBDP Kegiatan Pembelajaran: Pendahuluan (10 Menit) Orientasi, persepsi dan motivasi siswa Inti (150 Menit) a. Guru dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting, membuka pelajaran dengan memperdengarkan lagu “Bunda Piara” dengan ketukan lambat dan cepat secara bergantian. b. Siswa diminta melakukan gerakan berjalan di tempat sesuai lagu yang dimainkan. c. Mengajak siswa menyimpulkan ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dan cepat. d. Guru membacakan cerita yang berkaitan dengan pujian, kemudian siswa diminta berdiskusi mengenai ungkapan yang dapat disampaikan saat memberikan apresiasi kepada orang lain. e. Siswa diminta menyalin contoh kalimat pujian berdasarkan pengalaman yang dialami. f. Siswa diminta mengamati gambar burung garuda yang disajikan guru. g. Siswa diminta membacakan Pancasila bersama-sama. h. Siswa diminta mengurutkan potongan-potongan kata dari sila ke-2 pancasila dan membunyikan secara lantang. i. Siswa mengirimkan hasil tugas mandiri ke WA Penutup (15 menit) Guru memberikan refleksi Pertanyaan: Berdasarkan kasus scenario/prosedur pembelajaran tersebut: Lakukan analisis, bagaimanakah kualitas dari skenario atau rancangan pembeljaran tersebut terkait komponen metode dan kreteria pemilihan metode pembelajaran!


susunan komponennya sudah benar..sistem pembelajarannya kurang diadakannya alat peraga


20. 2. Tentukanlah struktur dari masing-masing paragraf dalam tekstersebut.3. Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan isi teks yang telah dibaca a. Apakah metode forfire itu?b. Apa tujuan yang ingin dicapai melalui metode foxfire?c. Jelaskan contoh kerja sama antara guru dengan siswa dalam penerapan metode ini?d. Bimbingan dan petunjuk apa yang diberikan guru kepada siswa dalam penerapan metode ini?е Jelaskan kelebihan dan kekurangan metode foxfire.f. Kapan siswa dapat memperoleh pendapatan finansial dalampenerapan metode ini? g.Menurut kamu, bagaimana caranya metode ini dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar? h. Jelaskan hubungan metode foxfire dengan PAKEM.(TEKS NYA ADA DI GAMBAR ATAS)Tolong di jawab dengan benarjangan jawab ngasal!!!poin nya lumayan jdi jangan jawab ngasal​


Jawaban:

3.a)Metode ini dikenal dengan nama foxfire. Metode foxfire sebenarnya merupakan metode penugasan atau pemberian tugas kepada peserta didik untuk melakukan kajian kemasyarakatan ke suatu daerah, kemudian hasil kajian itu disusun dalam bentuk tulisan singkat, dan akhirnya diterbitkan sebagai bentuk laporan.

b)Tujuan yang akan dicapai dengan menggunakan metode ini adalah untuk (1) meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga warisan sosial dan budaya masyarakat, (2) meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pengumpulan data, dan (3) meningkatkan keterampilan menulis.

c)saling tanya pelajaran yang belum terlalu paham itu juga salah satu contoh kerja sama antara guru dan murid sebab guru sangat menyukai muridnya bertanya yg baik karna guru akan merasa apa yg dia katakan itu cukup benar

d)bimbingan bahwa metode foxfire itu mengasyik kan, menyenangkan dan menghasilkan.

e)Metode mengajar ini memiliki kelebihan yang luar biasa. Pertama, para siswa akan memiliki keterampilan dalam proses pengumpulan data lapangan. Kedua, para siswa akan memiliki keterampilan dalam menulis. Ketiga, terjadi kerja sama sinergis antara sekolah dengan penerbit. Keempat, memberikan bekal keterampilan kepada siswa untuk dapat memperoleh penghasilan melalui menulis. Kelima, jika hasil karya siswa tersebut dapat diterbitkan dan laku dijual, maka kegiatan siswa ini akan dapat menghasilkan pendapatan yang luar biasa (generate income).

Meskipun demikian, metode mengajar ini memang memiliki beberapa kelemahan sebagai berikut. Pertama, memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga menyulitkan bagi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum untuk membuat jadwal yang dapat mengakomodasi pelaksanaan metode ini. Kedua, memerlukan guru yang benar-benar memiliki kemampuan untuk membimbing siswa

Penjelasan:

terimakasih


Video Terkait


Post a Comment

0 Comments