12 Hukum Alam Semesta

Mengapa Alam Semesta selalu diatur oleh hukum-hukum?

Daftar Isi

1. Mengapa Alam Semesta selalu diatur oleh hukum-hukum?


agar seseorang yang mempunyai kekuatan,kepintaran atau kekuasaan yang lebh tinggi dari orang lain tidak bertingkah sesuka hatinya untuk menguasai selruh alam..

2. Allah swt menciptakan alam semesta dengan segala isinya sekaligus aturan dan hukum – hukum yang berlaku bagi tata kerja alam semesta, hal ini biasa juga disebut dengan


Jawaban:

al malik yang mahamerajai

Penjelasan:

semoga membantu

tolong jadikan jawaban cerdas ya...


3. Mempelajari alam semesta hukumnya....bagi setiap muslim​


Jawaban:

wajib

Penjelasan:

jangan lupa follow

Jawaban:

wajib

Penjelasan:

allah menyarankan manusia supaya memanfaatkan semua ciptaaanNya supaya kita bersyukur dan mendapat anugerah dari allah swt


4. Mempelajari alam semesta hukumnya....bagi setiap muslim


Jawaban:

wajib

Penjelasan:

maaf kalau salah


5. hukum yang pasti terjadi di alam semesta dalam islam disebut


hukum alam atau sunnatullah hukum yang pasti terjadi di alam semesta dalam islam disebut

takdir

6. kenapa dapat terciptanya kehidupan di alam semesta ini menurut ilmu hukum sains?​


kenapa dapat terciptanya kehidupan di alam semesta ini menurut ilmu hukum sains?​

Bumi yang penuh kehidupan sekarang ini awalnya hanya berisi batuan cair yang membara panas, seperti lava gunung berapi yang menyembur dan mengalir deras membakar semua yang dilewatinya.  Kondisi ini terus berlangsung dalam waktu yang sangat lama, sampai akhirnya cukup banyak kalor yang terlepas ke udara dan suhu permukaan bumi mendingin.  Terbentuklah daratan dan lautan yang berasal dari terpisahnya unsur padat dan cair, dan angkasa yang masih diisi oleh atmosfir primitif.  Atmosfir primitif bumi saat itu dipenuhi gas beracun akibat ketidak-mampuannya untuk menyaring sinar UV matahari.  Ini terus berlangsung sampai sekitar 3 milyar tahun yang lalu.

permukaan bumi

“Lalu di mana kehidupannya?” tanya seseorang.  Kehidupan muncul sekitar 2,5-3 milyar tahun yang lalu, dan bukan dari tanah yang tiba-tiba tertiup udara dan bernafas, namun dari laut.  Karena kondisi atmosfir yang tidak mendukung, semua kehidupan di permukaan darat akan habis tersiksa oleh sengatan matahari yang dahsyat dan udara yang tipis akan kandungan oksigen.  Jarak permukaan sampai ke dasar laut sangatlah dalam, dan laut berfungsi sebagai tabir surya di masa awal mula kehidupan.  Panas bumi dan cahaya matahari, keduanya merupakan faktor penting tercampur-aduknya sop purba dalam reaksi kimia yang menghasilkan organisme hidup perdana.  Asam amino adalah bahan dasarnya, dan reaksi yang mengaktifkan terbentuknya organisme purba ini akhirnya membuatnya mengembangkan kemampuan menyerap energi dan berkembang biak.

Bakteri yang menjadi nenek moyang seluruh kehidupan di bumi memanfaatkan energi cahaya matahari.  Mereka berwarna ungu, dan berkembang biak, menyebar dan memenuhi seluruh lautan.  Bayangkan bumi terlihat ungu dari luar angkasa, tidak seperti sekarang bercahaya biru. Hanya sebagian cahaya matahari yang dipakai oleh bakteri primitif ini, sisanya masuk ke laut yang lebih dalam.  Bakteri yang berkembang berikutnya memanfaatkan spektrum cahaya tersisa, yang menjadikan mereka berwarna hijau.  Mereka dikenal sebagai Cynobacteria, mikroba hijau inilah yang kemudian menjadi nenek moyang seluruh spesies tumbuhan di dalam Kingdom Plantae.

Cynobacteria memiliki kemampuan yang tidak dimiliki makhluk lain, fotosintesis.  Dengan memanfaatkan energi dari cahaya matahari, mereka memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen.  Hidrogen dipakai untuk bereaksi dengan karbondioksida menjadi gula, dan oksigen dilepaskan ke udara, mengisi atmosfir, dan akhirnya bereaksi membentuk Ozon.  Ozon inilah yang menjadikan atmosfir bumi mampu menyaring sinar UV matahari.  Sisa oksigen yang berlimpah bermanfaat untuk respirasi tumbuhan, dan dengan kondisi yang ramah kehidupan ini, makhluk lain yang memanfaatkan oksigen untuk mencerna makanan ikut mengalami ledakan populasi dan berevolusi.

Ilmuwan menyebut kejadian ini sebagai Oksidasi Besar, yaitu kejadian di mana reaksi pembentukan oksigen yang memenuhi atmosfir primitif, menjadikannya kaya akan oksigen (O2) dan akhirnya membentuk ozon (O3) yang menahan terjangan sinar matahari dan menstabilkan atmosfir sehingga mendukung kehidupan.


7. hukum Allah SWT tentang keteraturan alam semesta disebut?


bahwa manusia wajib mempercayai klaw allah itu ada

8. ajaran yang menyamakan tuhan dengan kekuatan-kekuatan dan hukum-hukum alam semesta disebut


ajaran sesat yg tidak boleh di lakukanmusrik seperti menyembah patung

       #terima kasih telah bertanya kepada ZACO#
.

9. Hukum asal semua makanan dan minuman yang ada di alam semesta ini adala​


Jawaban:

adalah halal sebelum ada dalil yang melarangnya

Jawaban:

Halal...

Sebelum ada pendidikan agama yang kalian anut masing masing yaaa.


10. Hukum Allah tentang keteraturan alam semesta disebut ?​


HukumAllahTentangKeteraturanAlamSemestaDisebutKauniyah.

SemogaMembantu

JadikanJawabanTerbaik

DanJanganLupaFollow


11. Tuliskan 5 hukum tertib alam semesta​


Jawaban:

☘ Hay kak ,, Coba Niwa Jawab Yak!

____________________☘ Soal :

________________

Tuliskan 5 hukum tertib alam semesta !

____________________☘ Jawab :

_________________

1.Utu Niyama, hukum ini mencakup semua fenomena anorganik, termasuk hukum-hukum dalam fisika dan kimia2.Bija Niyama, hukum ini mencakup semua gejala organik seperti dalam biologi3. Kamma Niyama, hukum moralitas, yaitu Hukum sebab-akibat (hukum karma).4.Citta Niyama, mengenai pikiran misalnya bagaimana proses kesadaran bekerja.5.Dhamma Niyama, mengenai segala sesuatu yang tidak diatur oleh keempat Hukum diatas._____________________

12. Hukum alam berdasar surah al-Qāri'ah dan al-Zalzalah adalah... A. alam semesta bersifat fana B. alam semesta bersifat abadi C. alam semesta ada terjadi dengan sendirinya D. alam semesta merupakan salah satu sifat Allah Swt.


A..................... A.alam semesta bersifat fana.

smga membantu

13. 1. Alam semesta ini akan kekal karena sesuai dengan hukum kekekalan energi.Jawaban Logis...2. Alam semesta ini akan hancurJawaban Logis...


1.tidak karena pasti semua akan berakhir dengan habis seperti air yang dikatakan sumber daya alam tidak habis tapi buktinya banyak sungai yang tidak ada airnya 2.betul karena dunia semakin tua seperti manusia yang tua pasti banyak penyakit kalau bumi semakin tua maka banyak lempengan yang bergejolak dan semua agama mengakui kalau dunia ini tidak kekal jadikan terbaik.ok.

14. hukum allah tentang keteraturan alam semesta disebut


Sunnatullah berarti tradisi Allah dalam melaksanakan ketetapanNya
berdosa dan akan mendapat akibatnya

mengalami gaya tarik menarik dgn benda lainnya

semoga membantu

16. hukum asal makanan dan minuman di alam semesta  yang diciptakan oleh Allah adalah . . .


halal sampai Allah memutuskan bahwa itu haram
Hukumnya halal sampai allah menjadikannya haram atau haram sampai allah menjadikannya halal.


17. Hukum allah di alam semesta di kenal dgn sebutan


hukum karma kalo gak salah

18. hukum yang oasti di alam semesta dalam islam disebut


hukum allah
#smoga membantuHukum Allah SWT
_____________

19. sunnatulah merupakan hukum hukum allah yany ada di alam semesta pernyataan dibawah ini yang bukan merupakan contoh​


Penjelasan:

coba ketik ulang peryataan nya.. insya Allah saya bantu


20. Hukum Allah tentang keteraturan alam semesta disebut​


Jawaban:

sunnatullah berarti tradisi alam


Video Terkait