Kelebihan Dan Kelemahan Metode Sq3r


Kelebihan Dan Kelemahan Metode Sq3r

Ungkapkan pengalaman anda,apa saja yang anda peroleh dari metode sq3r,ungkapkan pula kelemahan dan kelebihan dari metode sq3r

1. Ungkapkan pengalaman anda,apa saja yang anda peroleh dari metode sq3r,ungkapkan pula kelemahan dan kelebihan dari metode sq3r


Jawaban:

Metode SQ3R

Adalah metode membaca untuk menemukan ide ide pokok pendukung serta membantu pemahaman agar memiliki daya ingat yang tahan lama, SQ3R adalah singkatan dari 5 langkah strategi dalam membaca yitu,

1. Survey maksudnya memeriksa atau meneliti seluruh teks

2. Question bertanya

3. Read membaca

4. Recite mengutarakan atau menceritakan kembali

5. Review meninjau ulang

Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa SQ3R merupakan metode yang melalui lima tahap kegiatan yaitu meninjau, bertanya, membaca, menuturkan dan mengulang. Metode ini dapat membantu siswa untuk dapat bereaksi kritis-kreatif serta berpikir sistematis.

Metode sq3r banyak digunakan karena hasil yang dirasakan sangat memuaskan ,biasanya banyak digunakan untuk pelajar atau mahasiswa untuk membaca secara secara mendalam , contohnya ketika pelar sedang menghadapi ujian tentu, harus punya pemahan yang sangat mendalam supaya bisa menjwab soal dengan sempurna

Mamfaat SQ3R salah satunya adalah sebelum membaca pastinya kita survey terlebih dahulu,apakah yang akan kita baca dibutuhkan atau tidak, dengan melihat sekilas, apakah bacaan tersebut sesuai dengan keperluan kita atau tidak, jika perlu boleh di lanjutkan , jika tidak boleh mencari bahan lain apa yang perlu dibutuhkan , bahan atau bacan ya maksudnya.

Dengan metode ini membuat pembaca berlaku fleksibel artinya dengan adanya metode ini membuat pembaca lebih fleksibel artinya pembaca bisa mengubah kecepatan pembaca ketika menemukan poin poin penting dalan melakukan pemahaman terhadap bacaan , dengan cara memperlambat bacaan dengan maksud supaya menginggatnya dan menyimpan pemahaman diotak. Biasanya terdapat pada hal hal yang relative baru baginya , dan hal hal yang memerlukan pemikiran dan pemahaman baginya dan berisis informasi penting. Dan sebaliknya jika bacaan nya kurang relevan maka pembaca akan mempercepat bacaan , biasanya hal hal umum yang mudah di pahami, dan hal hal biasa saja menurutnya.

Metode ini menghasilkan pemahaman yang komperensif artinya menangkap pemahaman dengan menerima yang baik, atau memperluas wawasan, pemahaman nya ini bersifat bertahan lama diotak berbeda dengan menginggat.karena dengan pemahaman , sudah pasti paham dan pasti menyimpan di memeri di otak.

pemahaman adalah kemampuan seseorang untuk menangkap makna dan arti dari bahan yang dipelajari, yang dinyatakan dengan menguraikan isi pokok dari suatu bacaan atau mengubah data yang disajikan dalam bentuk tertentu ke bentuk yang lain. Tentu beda dengan menginngat , maka metode ini memang sangat diperlukan bagi semua pembaca sekarang karena dengan metode ini kita mendapatkan pemahaman terhadap bacaan .

Kelebihan

- Diarahkan untuk terbiasa berpikir terhadap bahan bacaan sehingga menjadi lebih aktif dan terlatih untuk bisa membuat pertanyaan.

- Berusaha untuk memikirkan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang mendalami isi bacaan atau teks tersebut.

- Dapat bekerjasama dalam kelompoknya untuk saling bertukar pendapat dalam memahami konsep materi yang disajikan dalam uraian teks.

Kelemahan

- Sulit dikondisikan (ramai) saat berdiskusi denga teman sebangkunya dalam mempelajari teks materi pelajaran.

- Tidak efektif dilaksanakan pada kelas dengan jumlah yang terlalu besar karena bimbingan guru tidak maksimal terutama dalam merumuskan pertanyaan.

Penjelasan:


2. Ungkapkanlah pengalaman Anda, apa saja yang Anda peroleh dari metode SQ3R. Ungkapkan pula kelebihan dan kelemahan metode SQ3R. Silakan saling memberi tanggapan.


Jawaban:

Mohon untuk lebih kreatif sendiri ya dalam menjawab soal yang diberikan UT. Anda itu mahasiswa tugasnya ya belajar bukan mencontek jawaban dari orang lain. Anda berharap memberikan soal ini ke situs Brainly untuk mendapatkan jawaban dari orang lain untuk sekaligus menjawab jawaban saudara di forum diskusi UT tanpa berpikir sendiri. Saya berharap saudara menjawabnya sendiri dengan cara membaca buku bukan mengandalkan orang lain. Apa dipikir Tutor atau dosen Anda tidak tau ya mengenai situs brainly ini. Salam dari saya selaku Tutor UT MKWU Bahasa Indonesia saudara.

Penjelasan:


3. Ungkapkanlah pengalaman anda, apa saja yang anda peroleh dari metode sq3r. ungkapkan pula kelebihan dan kelemahan metode sq3r. silakan saling memberi tanggapan.


Jawaban:

up up up up up up up up up up up ut ut ut ut ut


4. sebutkan metode SQ3R !!​


Jawaban:

Survei (penelaahan dan pendahuluan)Question (bertanya)Read (baca)Recite (mengutarakan kembali)Review (mengulang kembali)

1. Surfey

2. Question

3. Read

4. Recall(recite)

5. Review

semogamembantu:)


5. sebutkan metode SQ3R​


Jawaban:

1.Survey (penelaahan pendahuluan).

2.Question (bertanya).

3.Read (baca).

4.Recite (mengutarakan kembali).

5.Review (mengulang kembali).

semoga membantu:)

soalnya:

sebutkan metode SQ3R.

jawabanya:

1.      Survei (penelaahan dan pendahuluan)

2.      Question (bertanya)

3.      Read (baca)

4.      Recite (mengutarakan kembali)

5.      Review (mengulang kembali)

*semoga bisa membantu*


6. kelebihan metode SQ3R​


Jawaban:

Kelebihan metode SQ3R adalah pembaca cenderung lebih menguasai isi bacaan dan tepat digunakan untuk membaca lanjut bagi pembaca yang sudah dapat berpikir secara abstrak, logis, dan sistematik.

Penjelasan:

semoga bermanfaat <3


7. menjelasskan metode sq3r


Survei
Question : memberi pertanyaan
Reed : menjawab pertanyaan
Recall : bicara pada diri sendiri
Rifyu : membaca kembali

Kalo tdk salah

8. Apa yg dimaksud metode SQ3R


Jawaban:

Metode SQ3R merupakan singkatan dari Survey, Question, Read, Recall dan Review.


9. Apa saja tujuan metode SQ3R ?​


Jawaban:

SQ3R bertujuan untuk membantu para siswa mengembangkan

suatu metode belajar dalam membaca dan mengingat tugas-tugas

content area reading dan Corner mengemukakan bahwa SQ3R

menyajikan empat tujuan, yakni untuk mengelisitasi pengetahuan

sebelumnya; menyusun tujuan untuk membaca; memungkinkan para

pemelajar untuk memonitor pemahaman mereka; dan memungkinkan

para pemelajar untuk menilai pemahaman mereka terhadap teks.

Sedangkan Collegeboard menyebutkan bahwa SQ3R membantu

menjadikan membaca bertujuan dan bermakna.

4 Berdasarkan tujuan-

tujuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan membaca dengan

menggunakan metode SQ3R akan lebih efektif dan efisien serta

memungkinkan memberi hasil yang maksimal.

Jawaban:

SQ3R bertujuan untuk membantu para siswa mengembangkan suatu metode belajar dalam membaca dan mengingat tugas-tugas content area reading dan Corner mengemukakan bahwa SQ3R menyajikan empat tujuan, yakni untuk mengelisitasi pengetahuan sebelumnya

Metode SQ3R merupakan suatu metode membaca yang memuat lima langkah utama, yaitu survey, question, read, recite, dan review. Sedangkan motivasi belajar merupakan daya penggerak yang dapat mengakibatkan seseorang siswa melakukan kegiatan belajar.

Metode ini pertama kali di kembangkan oleh"(Francis P.Robinson)"seorangFilosop

SQ3R

Surver or SkimQuestionRead ReciteReview

Penjelasan:

Surveyatau Skim

Gagasan umum terlebih dahulu melihat hal² berikut;

TopikJudul dan SubjudulDiagram / GrafikPengenalan dan kesimpulan

Question

Setelah melakukan survey pembaca di sarankan membuat pertanyaan. Hal ini dapat dilakukan dengan;

Mengubah Topik dan Subjudul ke suatu pertanyaanMelihat pertanyaan pada akhir sebuah teks

Contohpertanyaanyangdi ajukan;

Teks ini membicarakantentangapa?Informasiapasaja yangterkandungpada teks yang menarik?Bagaimanagagasan teks dapan membantusaya?

Read

Setelah melakukan Survey dan membuat pertanyaan, ia selalu disarankan untuk selalu terlibat pada setiap segmen bacaan.

Recite

Menceritakan/menggambarkan ulang informasi yang ia dapat dari bacaan.

Pembaca mengingat apa yang di pelajari,lalu di torehkan baik dalam bentuk oral maupun tulisan.

Cara yang di tempuh pada segmen ini;

Memberanikan diri bercerita kepada orang lain perihal informasi yang ia dapatMenggunakan Diksi/pilihan kata hasil oleh pikiran yang membuat konsep materi yang ia dapatMengidentifikasi ide-ide pokok bacaan sebuah teks

Review

Langkah ini manawarkan pergaulan materi.

Cara yang dapat dilakukan;

Menguraikan gagasan pokok bacaan dengan kata² sendiriMelihat kembali seluruh pertanyaan

Semoga bermanfaat


10. Jelaskan metode SQ3R


metode sq3r merupakan aspek yg dipergunakan dalam belajar 
aspek ini meliputi 5 bagian yaitu 
1.survey 
2.question
3.read
4.recite
5.review

11. arti dari metode membaca SQ3R


SQ3R
merupakan singkatan dari
survey,question , read , recall , review

arti dari survey
membaca dengan bagian daftar , isi , bagian , bab , serta bagian kesimpulan

question
membuat bagian bab , dan su bab menjadi pertanyaan

read
ketika membaca harus selalu ingat

review
membaca kembali catatan

Survey,Question,read,recall,review

12. apa yang dimaksud dengan metode SQ3R


Jawaban:

Metode SQ3R adalah Survey, Question, Read, Recall dan Review

Penjelasan:

Jadikan jawaban tercerdas


13. Apa itu metode SQ3R​


Strategi belajar SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) merupakan penimbul pertanyaan dan tanya jawab yang dapat mendorong pembaca teks melakukan pengolahan materi secara mendalam dan luas. Strategi SQ3R yang dicetuskan oleh Francis


14. apakah kelemahan metode SQ3R menurut para ahli


Kelemahan:
(1) materi yang disajikan hanya berupa materi bacaan
(2) kurang efisien untuk kelas dengan jumlah siswa yang banyak
(3) membutuhkan banyak waktu. 

15. mengapa diperlukan metode sq3r


sanfat baik untuk kepentinggan mambaca secara intensif dan rasional.robinson (dalam anafia 2010:59)menyataka tentang effective study melalui kegiatan membaca denfan metode sq3r

16. jelaskan mengenai metode SQ3R


1.      Survei (penelaahan dan pendahuluan)

2.      Question (bertanya)

3.      Read (baca)

4.      Recite (mengutarakan kembali)

5.      Review (mengulang kembali)

A.  Pengertian Dan Langkah-Langkah Metode SKQ3R

Sering kita mengalami kesulitan dalam memahami sebuah buku atau bahan bacaan lainnya. Tidak jarang untuk memahami sebuah bacaan, kita membacanya lebih dari satu kali. Yang mengapa demikian? Banyak orang yang membaca sebuah buku atau bacaan lain dengan cara membaca keseluruhan bacaan ini sekaligus. Dengan cara ini, orang tersebut beranggapan akan dapat memahami bacaan tersebut dengan baik. Ternyata anggapan tersebut tidak terlalu tepat untuk memahami suatu bacaan, kita tidak sekedar membaca. Kita memerlukan strategi yang tepat agar dapat memahami bacaan itu dengan cepat dan dengan hasil yang baik.

Pemahaman bacaan merupakan kemampuan untuk mengerti ide-ide pokok, rincian yang penting dari bacaan dan pengertian yang menyeluruh terhadap bacaan itu. Oleh karena itu kita perlu menguasai kosa kata struktur tulisan dengan baik.
1.      Survei (penelaahan dan pendahuluan)

2.      Question (bertanya)

3.      Read (baca)

4.      Recite (mengutarakan kembali)

5.      Review (mengulang kembali)



maaf kalau salah :))

17. metode SQ3R menjelaskan tentang


·         Survei (penelaahan dan pendahuluan)

Sebelum kita membaca, biasanya orang menyedikan waktu beberapa menit untuk mengenal keseluruhan anatomi buku. Caranya dengan membuka-buka buku secara cepat dan keseluruhan yang langsung tampak. Yang dimaksud dengan anatomi buku tersebut meliputi (1) bagian pendahuluan: halaman judul ,daftar isi, halaman ucapan terimakasih, daftar tabel dan daftar gambar (jika ada daftar tabel, grafik dan gambar) atau barang kali juga halaman yang berisi persetujuan dari yang berwenang menerbitkan buku tersebut, dan abstraksi. (2) bagian isi buku, yang menggambarkan urutan dan tata penyajian isi buku. (3) bagian akhir buku, yang berisi kesimpulan, saran atau rekomendasi, daftar pustaka dan indeks. Jadi, dalam membaca buku, kita tidak langsung masuk kedalam batang tubuh bacaan tersebut.

·         Question (bertanya)

Pada saat menghadapi sebuah bacaan, pernakah mengajukan pertanyaan pada diri senidiri tentang hal-hal yang berkaitan tentang dengan bacaan atau buku tersebut ? apabila pembaca melakukan hal demikian, maka pembaca telah merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan pertanyaan-pertanyaan itu dapat menuntun kita memahami bacaan, dan mengarahkan pikiran pada isi bacaan yang akan dimasuki sehingga anda bersikap aktif. Pembaca tidak saja mengikuti pada apa yang dikatakan pengarang. Pembaca boleh mengkritik dan mempertanyakan apa yang dikatakan pengarang sambil nanti melihat buktinya.

·         Read (baca)

Setelah mensurvei dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan, selanjutnya mulai melakukan membaca. Tidak perlu semua kalimat demi kalimat, melainkan membaca dapat dengan dituntun pleh pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan. Perlambat cara membaca pada bagian-bagian yang penting atau yang dianggap sulit dan percepat kembali pada bagian-bagian yang tidak penting atau yang telah dimengerti. Dengan demikian, kegiatan membaca dengan hal ini relatif lebih cepat atau efektif, pada langkah ini konsentrasi diri sangatlah penting.

·         Recite (mengutarakan kembali)

Setiap selesai membaca satu bagian berhentilah sejenak. Buatlah catatan-catatan penting tentang bagian yang dibaca itu dengan kata-kata sendir, lakukan itu secara terus-menerus sampai selesai membaca. Catatan itu dapat berupa kutipan, simpulan atau komentar. Catatan-catatan tersebut akan membantu untuk mengingat apa yang sudah dibaca agar tidak sampai terjadi begitu selesai membaca hilang pula apa yang telah dibaca.

·         Review (mengulang kembali)

Setelah selesai membaca buku secara keseluruhan, tinjau kembali hal-hal yang penting yang telah dibaca. Temukan bagian-bagian yang peting yang perlu untuk diingat kembali, terutama hal-hal yang telah diberi tanda atau garisbawah. Pengulangan kembali ini akan membantu daya ingat dan memperjelas pemahaman terhadap bacaan.

Dari uraian diatas kita tahu bahwa kegiatan membaca dengan menggunakan metode SQ3R akan lebih efektif dan efisien serta memungkinkan member hasil maksimal.
#Fix_JdiinJwbnTrbaik
#Follow

18. Saudara peserta tutorial yang berbahagia, pada diskusi ketiga ini anda berlatih menerapkan metode sq3r. ungkapkanlah pengalaman anda, apa saja yang anda peroleh dari metode sq3r. ungkapkan pula kelebihan dan kelemahan metode sq3r. silakan saling memberi tanggapan


Teks deskripsi adalah salah satu jenis teks yang menggambarkan suatu objek tertentu dengan teliti dan jelas sehingga objek yang digambarkan dapat diketahui secara langsung. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa pengertian metode sq3r, kelemahan, dan kelebihannya antara lain sebagai berikut:

Metode sq3r adalah salah satu metode membaca yang berfungsi untuk menemukan ide-ide pokok, pendukung, dan membantu pemahaman supaya siswa memiliki daya ingat yang tahan lama.Kelebihan metode sq3r yaitu siswa menjadi terbiasa berpikir terhadap bahan bacaan, siswa lebih aktif terlatih membuat pertanyaan, dan siswa berusaha untuk memikirkan jawaban-jawaban atas pertanyaan yang diajukan sehingga melatih kerjasama kelompok.Kelemahan metode sq3r yaitu siswa sulit dikondisikan saat berdiskusi dengan teman dan tidak efektif dilaksanakan pada kelas dengan jumlah yang terlalu besar.

Pembahasan:

Salah satu jenis teks yang telah kita pelajari yaitu teks deskripsi. Teks deskripsi adalah salah satu jenis teks yang menggambarkan suatu objek tertentu dengan teliti dan jelas sehingga objek yang digambarkan dapat diketahui secara langsung. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa pengertian metode sq3r, kelemahan, dan kelebihannya antara lain sebagai berikut:

Metode sq3r adalah salah satu metode membaca yang berfungsi untuk menemukan ide-ide pokok, pendukung, dan membantu pemahaman supaya siswa memiliki daya ingat yang tahan lama.Kelebihan metode sq3r yaitu siswa menjadi terbiasa berpikir terhadap bahan bacaan, siswa lebih aktif terlatih membuat pertanyaan, dan siswa berusaha untuk memikirkan jawaban-jawaban atas pertanyaan yang diajukan sehingga melatih kerjasama kelompok.Kelemahan metode sq3r yaitu siswa sulit dikondisikan saat berdiskusi dengan teman dan tidak efektif dilaksanakan pada kelas dengan jumlah yang terlalu besar.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengertian teks deskripsi brainly.co.id/tugas/3721165Materi tentang ciri-ciri kebahasaan teks deskripsi brainly.co.id/tugas/30579841Materi tentang jenis-jenis teks deskripsi berdasarkan objek brainly.co.id/tugas/31687294

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Mendeskripsikan Sesuatu

Kode: 9.1.2

#AyoBelajar

#SPJ2


19. Ungkapkanlah pengalaman anda, apa saja yang anda peroleh dari metode sq3r. Ungkapkan pula kelebihan dan kelemahan metode sq3r. Silakan saling memberi tanggapan


Saya memiliki pengalaman dalam Kelas Intensive Reading saya menggunakan metoder SQ3R (Survey, Question, Read, Recall dan Review). Dari pengalaman tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan metode yang dapat saya simpulkan.

Kelebihan:

1. Survey yang dilakukan dapat membangkitkan rasa keingintahuan siswa dan meningkatkan motivasi siswa untuk mempelajari lebih lanjut

2. Meningkatkan pemikiran kritik siswa dalam memunculkan pertanyaan-pertanyaan kritis

3. Meningkatkan kemandirian siswa dalam mencoba menjawabnya dari bacaan yang dibacanya.

4. Step yang sistematis dan Review yang dilakukan berulang dapat membuat materi semakin melekat.

Kekurangan

1. Memakan waktu yang cukup lama dan sulit mengordinir siswa untuk melakukan langkah-langkahnya dengan sistematis

2. Teknik ini bisa tidak cocok digunakan dalam topik atau mata pelajaran lain.

3. Kemampuan membaca dan berpikir siswa berbeda-beda, sehingga lama menyelesaikan 1 step berbeda antara siswa satu dengan lainnya.

Pembahasan:

A. Apa yang saya peroleh

1. Yang saya peroleh dari metode ini adalah belajar dengan diawali membaca sekilas daftar isi dan judul-judul bab yang ada di buku (implementasi dari Survey)

2. Kemudian, saya memiliki banyak pertanyaan mengenai judul bab/ topik materi tersebut dan menanyakannya pada kolom pertanyaan (implementasi Question)

3. Kemudian, saya membaca isi dari bab tersebut untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul (Read)

4. Recall

Menyelesaikan membaca dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul tadi dengan menuliskannya.

5. Review dapat dilakukan dengan tahapan berikut:

- Pahami bacaan secara menyeluruh

- Kumpulkan semua jawaban

- Kembali lagi untuk memeriksa jawaban

- Tahap review dapat dilakukan berkali-kali untuk membantu pembaca mengingat informasi

B. Kelebihan:

1. Survey yang dilakukan dapat membangkitkan rasa keingintahuan siswa dan meningkatkan motivasi siswa untuk mempelajari lebih lanjut

2. Meningkatkan pemikiran kritik siswa dalam memunculkan pertanyaan-pertanyaan kritis

3. Meningkatkan kemandirian siswa dalam mencoba menjawabnya dari bacaan yang dibacanya.

4. Step yang sistematis dan Review yang dilakukan berulang dapat membuat materi semakin melekat.

C. Kekurangan

1. Memakan waktu yang cukup lama dan sulit mengordinir siswa untuk melakukan langkah-langkahnya dengan sistematis

2. Teknik ini bisa tidak cocok digunakan dalam topik atau mata pelajaran lain.

3. Kemampuan membaca dan berpikir siswa berbeda-beda, sehingga lama menyelesaikan 1 step berbeda antara siswa satu dengan lainnya.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang Teknik Membaca SQ3R https://brainly.co.id/tugas/10885798

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4


20. Buku yang bisa dibaca dengan metode sq3r


Jawaban:

ada di atas jawabanya tpi maaf kalok salah


Video Terkait


Post a Comment

0 Comments