Menganalisis Peluang Usaha Produk Barang Jasa


Menganalisis Peluang Usaha Produk Barang Jasa

Sebutkan macam-macam analisis peluang usaha produk barang / jasa​

Daftar Isi

1. Sebutkan macam-macam analisis peluang usaha produk barang / jasa​


Jawaban:

Berikut ini terdapat beberapa analisis peluang usaha, terdiri atas:

Analisis peluang usaha berdasar jenis produk/jasa. ...2. Analisis peluang usaha berdasar minat dan daya beli konsumen. ...Menganalisis Peluang Usaha dengan Analisis SWOT. ...Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan usaha.

maaf kalo salah


2. 1. Menganalisis peluang usaha produk barang / jasa2. Merencanakan produk usahakalau ada tau atau bisa, tolong kerjakan.


Jawaban:

mana saya tau pikir aja sendiri


3. Suatu ide usaha produk barang atau jasa diciptakan memerluka adanya... A. Kreativitas B. Inovasi C. Peluang D. Analisis E. Identifikasi


krearivits.karena tanpa kreativitas produk yang akan kita buat tidak akan pernah mengalami kemajuan penjelasan:

diperlukan adanya krativitas...
dikarenakan kreatifitas adalah suatu ide yang harus dikembangkan oleh suatu orang untuk kemajuan produksi dan kewirausahaannya itu.maka dari itu kewirausahaan itu sangat penting apabila dibekali oleh kreatifitas kreatifitas tersebut agar terlihat menjadi terkesan


mata pelajaran: Wirausaha
materi: kreatifitas dalam wirausaha
kelas: X sepuluh

4. 1. Salah satu yang bisa mempengaruhi secaralanngsung ataupun tidak langsung terhadap aktivitas bisnis adalah...a. Lingkungan bisnisb. Pengaruh bisnisc. Faktor bisnisd Etika bisnise. Strategi bisnis2. Lingkungan bisnis terbagi menjadi dua, yaitua. lingkungan Usaha dan niagab. Internal dan eksternalc. Impor dan ekspord. Mikro dan makroe. Produksi dan pemasaran3. Berikut yang termasuk dalam unsur lingkungan khusus, kecualia. Pelangganb. Pemasokc. Peralatand. Perantarae. Pesaing4. Dalam proses analisislingkungan menganalisis kecendrungan faktor dan masalah utama yang diperkirakan mempunyai dampak penting terhadapperumusan strategi, merupakan urutan prosesa. Pertamab. Keduac. Ketigad. Keempate. Kelima5. Berikut bukan merupakan proses yang dilakukan secara kontinyu untuk melakukananalisis lingkungan eksternal, yaitua. Pemindahanb. Pengawasanc. Peramaland. Pengaturane. Penilaian6. Kesempatan yang ada untuk bbisa di manfaatkan dalam memperoleh sebuah keuntungan bagi seorang wirausaha, disebuta. Peluang dagangb. Peluang usahac. Kesempatan dagangd. Kesempatan usahae. Kesempatan bisnis7. Di baawah ini faktor eksternal yang mempengaruhi inspirasi yaitua. Pengetahuan yang di milikib. Pengalaman dari individu itu sendiric Kesulitan yang di hadapi sehari-harid. Pengalaman yang merupakan pemikiranyang muncul dari individu itu sendirie. Intuisi yang merupakan pemikiran yangmuncul dari invidu itu sendiri8. Dalam pemilihan produk berupa barang yang dapat menciptakan peluang usaha adalah dengan mempertimbangan produk-produk yang.....a. Sukar dalam pemakaianb. Tidak tepat dalam penggunaanc. Kualitas produk tidak terjamind. Adanya jaminan keamanan dalam pemakaiane. Boros dalam pemakaian9. Untuk menganalisasi suatu usaha digunakandalain analisisa. SWATb. SWANSEAc. SOWTd. WOSTe. SWOT10. Dalam analisis SWOT situasi penting yang tidak menguntung dalam lingkunganperusahaan atau organisasi disebut... a. Ancamanb. Kekuatanc. Kelemahand. Peluange. Lingkungan11. Alat untuk mencapai tujuan jangka panjang disebut .......a. Bauranb. Strategic. Bisnisd. Pemasarane. Sasaran12. Pada dasarnya setiap perusahaan memilikitujuan utama yang hampir sama yaitua. Mengikuti perkembangan zamanb. Melayani konsumenC. Mencapai tingkat keuntungan atau laba tertentud. Meningkatkan pangsa pasarMembuat produk/jasa13. Yang bukan merupakan empat komponen dalam bauran pemasaran yaitua. Produkb. PriceC. Promotiond. Publik relatione. Place14. Menurut Kotler dan Amstrong (1996) ada tigastrategi bersaing untuk menang yaitua. Merger, kooptasi, dan asosiasib. Merger ,kontak, dan asosiasic. Merger, kootasi, dan joent venturesd. Kepeminpinan biaya rendah, difrensasi dan fokuse. Kepeminpinan harga rendah, diferensasi dan fokus15. Strategi yang diharapkan berdasarkan pemafaatannya peluang yang ada dengan carameminimalkan kelemahan adalah strategia. STb. SOc. SWd. WTe. WO16. Proses penyusunan komunikasi terpadu yangbertujuan untuk memberikan inpormasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannyadengan memuaskan kebutuhan dan keinginanmanusia, disebut ..a. Perdaganganb. Perniagaanc. Perencanaand. Pemasarane. Pendistribusian17. Menerapkan strategi pemasaran di awali dengan menganalisis secara keselurahan dan situasi perusahaan, yaitu pemasaran harusmelakukan analisisa. STb. SOc. SWOTd. STOWe. WOTS18. Jantung dari rencana pemasaran dinyatakandalama. Stategi pemasaranb. Bauran pemasaranc. Siasat pemasarand. Sasaran pemasarane. Tujuan pemasaran19. Produk yang baik adalaha.Benda yang inovatif dan bergunab. Benda yang bagusc. Benda yang bermafaotd. Benda berwujude. Barang/jasa20. Strategi adalah alat untuk mencapai tujuanjangka panjang ,pengertian strategi menurut.....a. Fred R. Davidb. Stephanie K Marrusc. Hameld. Prahalade. Hughes dan Kap​


1.a) lingkungan bisnis2.b) internal dan eksternal3.a)pelanggan4.a)pertama5.d)pengaturan6.d) kesempatan usaha7.c)kesulitan yang dihadapi sehari-hari8.d)adanya jaminan keamanan dalam pemakaian9.e)SWOT10.e)lingkungan11.b) strategi12.d) meningkatkan pangsa pasar membuat produk/jasa13.d) publik relation14.d) kepemimpinan biaya rendah diferensiasi dan fokus15.b) SO16.d) pemasaran17.c) SWOT18.a) strategi pemasaran19.c) benda yang bermanfaat20.a)Fred R. David

5. 1. Salah satu yang bisa mempengaruhi secaralanngsung ataupun tidak langsung terhadap aktivitas bisnis adalah...a. Lingkungan bisnisb. Pengaruh bisnisc. Faktor bisnisd Etika bisnise. Strategi bisnis2. Lingkungan bisnis terbagi menjadi dua, yaitua. lingkungan Usaha dan niagab. Internal dan eksternalc. Impor dan ekspord. Mikro dan makroe. Produksi dan pemasaran3. Berikut yang termasuk dalam unsur lingkungan khusus, kecualia. Pelangganb. Pemasokc. Peralatand. Perantarae. Pesaing4. Dalam proses analisislingkungan menganalisis kecendrungan faktor dan masalah utama yang diperkirakan mempunyai dampak penting terhadapperumusan strategi, merupakan urutan prosesa. Pertamab. Keduac. Ketigad. Keempate. Kelima5. Berikut bukan merupakan proses yang dilakukan secara kontinyu untuk melakukananalisis lingkungan eksternal, yaitua. Pemindahanb. Pengawasanc. Peramaland. Pengaturane. Penilaian6. Kesempatan yang ada untuk bbisa di manfaatkan dalam memperoleh sebuah keuntungan bagi seorang wirausaha, disebuta. Peluang dagangb. Peluang usahac. Kesempatan dagangd. Kesempatan usahae. Kesempatan bisnis7. Di baawah ini faktor eksternal yang mempengaruhi inspirasi yaitua. Pengetahuan yang di milikib. Pengalaman dari individu itu sendiric Kesulitan yang di hadapi sehari-harid. Pengalaman yang merupakan pemikiranyang muncul dari individu itu sendirie. Intuisi yang merupakan pemikiran yangmuncul dari invidu itu sendiri8. Dalam pemilihan produk berupa barang yang dapat menciptakan peluang usaha adalah dengan mempertimbangan produk-produk yang.....a. Sukar dalam pemakaianb. Tidak tepat dalam penggunaanc. Kualitas produk tidak terjamind. Adanya jaminan keamanan dalam pemakaiane. Boros dalam pemakaian9. Untuk menganalisasi suatu usaha digunakandalain analisisa. SWATb. SWANSEAc. SOWTd. WOSTe. SWOT10. Dalam analisis SWOT situasi penting yang tidak menguntung dalam lingkunganperusahaan atau organisasi disebut... a. Ancamanb. Kekuatanc. Kelemahand. Peluange. Lingkungan11. Alat untuk mencapai tujuan jangka panjang disebut .......a. Bauranb. Strategic. Bisnisd. Pemasarane. Sasaran12. Pada dasarnya setiap perusahaan memilikitujuan utama yang hampir sama yaitua. Mengikuti perkembangan zamanb. Melayani konsumenC. Mencapai tingkat keuntungan atau laba tertentud. Meningkatkan pangsa pasarMembuat produk/jasa13. Yang bukan merupakan empat komponen dalam bauran pemasaran yaitua. Produkb. PriceC. Promotiond. Publik relatione. Place14. Menurut Kotler dan Amstrong (1996) ada tigastrategi bersaing untuk menang yaitua. Merger, kooptasi, dan asosiasib. Merger ,kontak, dan asosiasic. Merger, kootasi, dan joent venturesd. Kepeminpinan biaya rendah, difrensasi dan fokuse. Kepeminpinan harga rendah, diferensasi dan fokus15. Strategi yang diharapkan berdasarkan pemafaatannya peluang yang ada dengan carameminimalkan kelemahan adalah strategia. STb. SOc. SWd. WTe. WO16. Proses penyusunan komunikasi terpadu yangbertujuan untuk memberikan inpormasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannyadengan memuaskan kebutuhan dan keinginanmanusia, disebut ..a. Perdaganganb. Perniagaanc. Perencanaand. Pemasarane. Pendistribusian17. Menerapkan strategi pemasaran di awali dengan menganalisis secara keselurahan dan situasi perusahaan, yaitu pemasaran harusmelakukan analisisa. STb. SOc. SWOTd. STOWe. WOTS18. Jantung dari rencana pemasaran dinyatakandalama. Stategi pemasaranb. Bauran pemasaranc. Siasat pemasarand. Sasaran pemasarane. Tujuan pemasaran19. Produk yang baik adalaha.Benda yang inovatif dan bergunab. Benda yang bagusc. Benda yang bermafaotd. Benda berwujude. Barang/jasa20. Strategi adalah alat untuk mencapai tujuanjangka panjang ,pengertian strategi menurut.....a. Fred R. Davidb. Stephanie K Marrusc. Hameld. Prahalade. Hughes dan Kap​


Terhadap aktivitas bisnis, hal yang bisa mempengaruhi secara langsung dan tidak langsung adalah (A) lingkungan bisnis.Dua jenis dari lingkungan bisnis adalah (B) internal dan eksternal.Yang tidak termasuk dalam salah satu unsur lingkungan khusus adalah (C) peralatan.Langkah dalam proses menganalisis yang dilakukan dengan menganalisa faktor dan masalah utama strategi adalah (B) kedua.Dalam menganalisis lingkungan eksternal, yang tidak termasuk dalam salah satu proses yang dilakukan secara kontinyu adalah (D) pengaturan.Bagi seorang wirausaha, kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk mendapat keuntungan disebut dengan (B) peluang usaha.Dalam inspirasi, salah satu faktor eksternal yang bisa mempengaruhi adalah (C) kesulitan yang dihadapi sehari-hari.Produk yang harus dipertimbangkan untuk menciptakan peluang usaha adalah (D) adanya jaminan keamanan dalam pemakaian.Analisis yang digunakan untuk menganalisa usaha adalah (E) SWOT.Situasi penting yang tidak menguntungkan dalam perusahaan di dalam SWOT analysis disebut dengan (A) ancaman.Untuk mencapai tujuan jangka panjang, alatnya disebut dengan (B) strategi.Tujuan yang ada pada setiap perusahaan adalah (C) mencapai laba tertentu.Dalam bauran pemasaran, yang tidak termasuk dalam salah satu komponen utamanya adalah (D) public relation.Tiga strategi bersaing menurut Kotler dan Armstrong adalah (D) kepemimpinan biaya rendah, diferensiasi, dan fokus.Strategi yang dibuat dengan memanfaatkan peluang dan untuk meminimalkan kelemahan adalah (E) WO.Sebutan untuk proses membuat komunikasi untuk menyebarkan informasi mengenai barang dan jasa kepada manusia adalah (D) pemasaran.Analisis yang digunakan untuk menganalisa keseluruhan dan situasu perusahaan adalah (C) SWOT.Unsur yang mengandung jantung dari rencana pemasaran adalah (B) bauran pemasaran.Ciri khas dari produk yang baik adalah (A) benda inovatif dan ebrguna.Ahli yang mengemukakan bahwa strategi adalah alat untuk mencapai tujuan jangka panjang adalah (B) Stephanie K Marmus.

Pembahasan

Pada nomor 3, pilihan (A), (B), (D), dan (E) salah karena merupakan unsur dalam lingkungan khusus.

Pada nomor 6, pilihan (B) benar karena peluang usaha adalah kesempatan yang ada pada pasar dan bisa digunakan oleh pelaku usaha.

Pada nomor 7, pilihan (A), (B), (D), dan (E) salah karena merupakan faktor internal.

Pada nomor 9, pilihan (E) benar karena analisis yang digunakan untuk menganalisa usaha adalah Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats Analysis (SWOT Analysis).

Pada nomor 11, pilihan (B) benar karena menurut Marmus, strategi adalah alat yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan jangka panjang.

Pada nomor 13, pilihan (D) benar karena public relation tidak termasuk dalam salah satu 4P, yaitu Price, Place, Promotion, dan Product.

Pada nomor 16, pilihan(D) benar karena pemasaran adalah kegiatan penyampaian informasi mengenai barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada para calon konsumen.

Pada nomor 18, pilihan (B) benar karena jantung dari rencana pemasaran akan dinyatakan di dalam marketing mix atau bauran pemasaran.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang manajemen produksi dan manajemen operasi

https://brainly.co.id/tugas/27081301

Materi tentang manajemen keuangan dalam perusahaan

https://brainly.co.id/tugas/10268437

Materi tentang manajemen sumber daya manusia

https://brainly.co.id/tugas/24703049

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Wirausaha

Bab: -

Kode: 10.23

#AyoBelajar 


6. Kegunaan analisis SWOT, yaitu ….a. Mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan usaha produk barang atau jasa sebagai alat penyusun strategib. Melakukan strategi untuk mendapatkan keuntungan yang besarc. Menghitung total biaya produksi sehingga terjadi kerugiand. Menghitung biaya total yang akan dikeluarkan pada saat melakukan proses produksie. Menekanpengeluaran6. Perhatikan gambar berikut ini!Pada gambar di atas yang menunjukkan produk kreatif bangunan, yaitu ….a. Pilarb. Angin-anginc. Gypsumd. Batu alam ukire. Bata ringan7. Perhatikan bentuk-bentuk analisis berikut ini!1) Teknik sebelum peluang usaha baru diimplementasikan, dilihat dari aspek teknis perlu dilakukan analisis.2) Dalam melaksanakan analisis kelayakan teknis, perlu diperhatikan berbagai macam teknis pembuatan produk barang atau jasa.Bentuk analisis tersebut, yaitu …..a. Analisis kelayakanb. Analisis peluang pasarc. Menentukan jumlahd. Pembelian potensiale. Analisis kekuatan8. Seorang wirausahawan yang akan membuka usaha baru di bidang produk kreatif bangunan selalu membutuhkan informasi tentang pasar karena tujuan dari pemasaran adalah untuk memenuhi permintaan pelanggan.Untuk itu dilakukan analisis ….a. Analisis kelayakanb. Analisis peluang pasarc. Menentukan jumlahd. Pembelian potensiale. Uji coba pasar​


Jawaban:

5,a

6,d

7,b

8,d pembelian pontensial


7. 1. Memahami peluang usaha produk barang/jasa 2.Menentukan faktor- faktor keberhasilan dan kegagalan usaha 3. Menganalisis kemungkinankeberhasilan dan kegagalan usaha 4. Menyajikan bentuk-bentuk peluang usaha 5. Mencipta peluang usaha yang sesuai dengan kondisi lingkungan masing-masing secara kreatif dan inovatif tolong yg ahli di jelaskan satu persatu,ya :::​


Jawaban:

assalamualaikum saya nomor 5 aja

jawaban nya adalah peluang mendapatkan ketertarikan pelanggan pelanggan yg tertarik dan akan membelinya


8. Apabila ingin membuat usaha/ memulai bisnis maka diperlukan perencanaan yang matang agar usaha dapat berjalan lancar. Adapun aspek yang harus diperhatikan dalam perencanaan usaha meliputi hal-hal berikut kecuali a Sumber daya yang dibutuhkan b Analisis ide dan peluang usaha c Evaluasi usaha d Membuat ide usaha e Administrasi dan Pemasaran Question 2 Dalam marketing, kegiatan menyalurkan produk ke retailer maupun konsumen disebut sebagai a produksi b pengemasan c promosi d pemasaran e distribusi Question 3 Dalam usaha kita harus dapat memilih lokasi wirausaha yang tepat. Hal ini termasuk ke dalam analisa peluang usaha berupa a analisa kebutuhan pasar b analisa kebutuhan materi c analisa keberlanjutan usaha d analisa persaingan pasar e analisa pedapatan dan pengembangan Question 4 Hal utama dan pertama yang harus dipikirkan oleh seorang wirausahawan yang mau membangun usaha adalah a bahan baku yang digunakan b tenaga kerja yang akan berkontribusi c keadaan masyarakat sekitar d kebutuhan barang dan jasa masyarakat yang akan dijadikan produk e keuntungan yang akan didapatkan Question 5 Yang bukan menjadi alasan kegagalan pebisnis saat menjalankan bisnis adalah a kurangnya modal pribadi b manajer yang tidak kompeten c pemilihan lokasi tidak strategis d minimnya kegiatan promosi e tidak adanya analisa peluang usaha Question 6 Cara dalam mengembangkan upaya berfikir inovatif dalam berwirausaha adalah a keharusan bertindak efektif b percaya pada diri sendiri c percaya pada sumber ide d keharusan segera mencoba usaha e keharusan melakukan analisa pelung usaha Question 7 Tujuan pembuatan proposal usaha makanan adalah a Proposal bisnis kuliner ini dapat digunakan untuk mencari investor, mengikuti kompetisi ide bisnis b Proposal bisnis kuliner digunakan sebagai bahan analisis SWOT dan rancangan rencana awal keuangan c Preposal bisnis kuliner digunakan dalam menetapan strategi pemasaran sebelum memulai usaha d Proposal bisnis makanan digunakan sebagai bahan publikasi sebagai rancangan awal inisasi bisnis agar lebih terstruktur e Proposal bisnis kuliner digunakan sebagai bagian dari administrasi perijinan usaha bisnis kuliner sebelum usaha di buka Question 8 Perbedaan pikiran yang tidak mengikuti pola pikiran yang umum disebut sebagai a ketidaksempurnaan b kreatif c inovatif d efektif e efisien Question 9 Ketika menjalankan usaha pengolahan pangan terdapat beberapa sumber daya yang dibutuhkan. Sumber daya yang dibutuhan antara lain terdiri dari berikut, kecuali a material (bahan) b market (pasar) c money (uang) d information (informasi) e promotion (promosi) Question 10 Sumber daya yang merupakan sumber daya utama yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha pangan dimana memliki fungsi dalam merencanakan, mengolah dan memasarkan produk makanan merupakan sumber daya berupa a man (manusia) b money (uang) c material (bahan) d machine (peralatan) e method (cara kerja)


Yang tidak termasuk dalam aspek perencanaan usaha adalah (C) evaluasi usaha.Penyaluran produk ke retailer atau konsumen adalah (E) distribusi.Analisa peluang usaha dengan memilih lokasi wirausaha adalah (A) analisa kebutuhan pasar.Dalam membangun usaha, hal pertama yang harus dipikirkan adalah (D) kebutuhan barang dan jasa masyarakat yang akan dijadikan produk.Saat menjalankan bisnis, yang tidak termasuk dalam alasan gagal adalah (A) kurangnya modal pribadi.Dalam wirausaha, cara mengembangkan berpikir inovatif adalah (E) keharusan analisa usaha.Pembuatan proposal usaha makanan dilakukan unutk (A) mencari investor.Sebutan untuk perbedaan pikiran tidak mengikuti pola umum adalah (B) kreatif.Berikut yang tidak termasuk dalam salah satu sumber daya dalam pengolahan pangan adalah (D) informasi.Pemasaran dan pengolahan produk makanan dilakukan oleh sumber daya berupa (A) man.

Pembahasan

Pada nomor 1, pilihan (C) benar karena evaluasi dilakukan pada saat akhir dari usaha atau rencana usaha.

Pada nomor 4, pilihan (D) benar karena pemilihan produk adalah hal paling utama dalam wirausaha.

Pada nomor 5, pilihan (A) benar karena kita bisa mencari investor untuk mendapatkan modal tambahan.

Pada nomor 7, pilihan (A) benar karena tujuan utama dari pembuatan proposal adalah mencari investor.

Pada nomor 10, pilihan (A) benar karena sumber daya manusia digunakan untuk mengolah bahan baku.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang analisa ide dan peluang usaha dengan analisis SWOT https://brainly.co.id/tugas/31222895Materi tentang analisis ekonomi https://brainly.co.id/tugas/3502309Materi tentang tujuan riset pasar https://brainly.co.id/tugas/4558094

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Wirausaha

Bab: -

Kode: 10.23

#AyoBelajar #SPJ2 


9. 18. Berikut merupakan kegiatan promosi dalam memasarkan produk yang berasal dari limbah berbentuk bangun ruang yaitu ...a. Memproduksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang b. Memasang iklan di radio c. Mendistribusikan barang dari tempat produksi ke agen besard. Mendistribusikan barang dari tempat produksi ke konsumen akhire. Menggunakan jasa pemasaran19. Berikut yang tidak digunakan sebagai alat penyambungan ialah ...a. Lemb. Pasakc. Pakud. Benange. Kain20. Tahap paling akhir dalam pembuatan kerajinan dari limbah bangun ruang, yaitu ...a. Menemukan alat dan bahanb. Melakukan evaluasic. Membuat sketsad. Menggali sumber ide kerajinane. Menganalisis ide dan peluang usaha..Tolong bantuan nya yaa, soalnya mau dikumpul secepatnya!​


Jawaban:

18. a. Memproduksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang

19 e. Kain

20 e. Menganalisis ide dan peluang usaha

maaf klo salh


10. 12. Terdapat beberapa aspek dalam menganalisis kelayakan usaha, salah satunya aspek pemasaran. Berikut yang menunjukkan aspek pemasaran dalam usaha adalah .... a.menerapkan harga yang sama di setiap segmentasi pasar b. memberikan peluang bagi pesaing untuk memasarkan produknya c.membagi segmentasi pasar sesuai dengan jarak perusahaan dengan konsumen d. merencanakan segmentasi pasar strategis untuk pemasaran barang dan/atau jasa


Jawaban:

D . merencanakan segmentasi pasar strategis untuk pemasaran barang /jasa

Penjelasan:

maaf kalo salah


11. 1.Berikut bukan termasuk kepekaan seorang wirausaha kerajinan yaitu….a. Pandai dalam bergaulb. Pengenalan terhadap arti lingkunganc. memiliki keinginan yang besar untuk menggali dan mendayagunakan sumber-sumber ekonomis di lingkungan setempatd. Rasa syukur atas segala yang diperoleh atau dimiliki2.Salah satu tujuan kewirausahaan, yaitu….a. Sebagi generator pembangunan ekonomib. Menciptakan tenaga kerja baruc. Meningkatkan jumlah kewirausahaan yang berkualitas dan berdedikasi tinggid. Memberikan contoh kepada para generasi muda untuk bekerja keras3.Kerajinan di Indonesia menjadi komoditas negara yang dapat meningkatkan ….a. Keuntunganb. Pasarc. Turis ke Indonesiad. Devisa4.Perancangan karya kerajinan melalui konsep gambar rencana, dengan mempertimbangkan nilai fungsi, kenyamanan , keamanan/keseamatan, kesehatan, kepraktisan, keunikan, dan keindahan/estetika, trend pasar ( nilai ekonomi) disebut….a. Pengertian kerajinanb. Desain kerajinanc. Peluang usahad. Manfaat kerajinan5.Berikut hal-hal perlu diperhatikan dalam menetapkan desain proses produksi kerjinan kecuali….a. Jenis kerajinanb. Teknikc. Pendistribusiand. Manfaat6.Kegiatan penciptaan, pengubahan, atau penambahan nilai guna suatu barang disebut….a. Proses produksib. Pengemasanc. Teknik produksid. Analisis gagasan7.Berikut kepercayaan atau rasa yakin yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha kerajinan, kecuali….a. Kecerdasan sendirib. Kemampuan untuk bekerja secara kreatif dan inovatifc. kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baikd. Keyakinan dapat menguasai pasar8.Fungsi bahan kerajinan adalah….a. Benda pakai dan benda hiasb. Benda pakan dan benda tak bergunac. Benda benda kayu dan benda batud. Benda alami dan benda buatan9.Berikut yang bukan merupakan tujuan dari promosi adalah….a. Menjatuhkan pesainb. Memperoleh konsumen baru dan menjaga kesetiaan dari konsumen. Jadi konsumen tetap setia untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa perusahaanc. Meningkatkan penjualan sehingga pendapatan perusahaan meningkatd. Memberi pembeda dan mengunggulkan produk perusahaan dibanding dengan produk para pesaing10.Perencanaan proses produksi meliputi tahapan berikut, kecuali….a. Proses persiapanb. Analisis gagasanc. Prosedur kerjad. Penyaringan gagasan​


Jawaban:

1. A

2.A

3.D

4.B

5.C

6.A

7. D

8.A

9.A

10. D


12. 7. Perhatikan bentuk-bentuk analisis berikut ini! 1) Teknik sebelum peluang usaha baru diimplementasikan, dilihat dari aspek teknis perlu dilakukan analisis. 2) Dalam melaksanakan analisis kelayakan teknis, perlu diperhatikan berbagai macam teknis pembuatan produk barang atau jasa. Bentuk analisis tersebut, yaitu ….. a. Analisis kelayakan b. Analisis peluang pasar c. Menentukan jumlah d. Pembelian potensial e. Analisis kekuatan 8. Seorang wirausahawan yang akan membuka usaha baru di bidang produk kreatif bangunan selalu membutuhkan informasi tentang pasar karena tujuan dari pemasaran adalah untuk memenuhi permintaan pelanggan. Untuk itu dilakukan analisis …. a. Analisis kelayakan b. Analisis peluang pasar c. Menentukan jumlah d. Pembelian potensial e. Uji coba pasar 9. Berikut yang merupakan tujuan riset pasar adalah … a. Mengumpulkan informasi untuk pengembalian keputusan tentang usaha produk barang atau jasa yang akan dibuka b. Menentukan besarnya distribusi c. Memahami produk-produk unggulan d. Membentuk pasar barang e. Menentukan pangsa pasar 10. Dalam melaksanakan analisis kelayakan teknis, perlu diperhatikan … a. Teknis pembuatan produk barang atau jasa b. Keunggulan produk c. Kekurangan produk d. Keinginan pelanggan e. Keinginan pasar


Jawaban:

7. b

8. e

9. a

10. a

semoga membantu


13. 1. Orang yang membeli barang dengan harga pasti, meskipun orang tersebut tidak mengetahui harga barang tersebut akan dijual, pengertian dariA. EntrepreneurB. EntrepreneurshipC. InterpreneurD. IntrapreneurE. Ekstrapreneurship2. Seorang yang menciptakan kesejahteraan untuk orang lain dan menemukan cara- cara baru dengan menggunakan sumber daya, mengurangi pemborosan, dan membuka lapangan kerja yang disenangi oleh masyarakat merupakan pengertian dariA. UsahawanB. PengusahaC. DermawanD. WiraswastaE. Wirausaha3. Keberhasilan seorang wirausaha salah satunya dapat diidentifikasi sebagaimana berikut iniA. Terlalu ambisiusB. Memiliki etos kerja yang tinggiC. Tidak memiliki modalD. Keuntungan yang diperolehE. Banyak memiliki karyawan4. Melaksakan kegiatan dengan penuh perhatian, tanggung jawab dan tidak mau menyerah adalah pengertian dariA. DreamB. DesicivinessC. DoersD. DeterminationE. Dedication5. Rela berkorban untuk kepentingan bisnis kadang mengorbankan kepentingan pribadi dan keluarga untuk sementara, semua perhatian dan kegiatan nya dipusatkan semata – mata untuk bisnis adalah pengertian dariA. DreamB. DesicivinessC. DoersD. DeterminationE. Dedication6. Seorang wirausaha yang berhasil harus memiliki pandangan jauh kedepan. Selain itu faktor keberhasilan sebuah usaha juga didasari dengan memiliki pola pikir yang kuat, antara lainA. Malas bekerjaB. Tidak percaya diriC. Tidak kreatif dan inovatifD. Tidak minat atan tidak punya bakatE. Memiliki sikap mental yang positif7. Seorang wirausahawan akan berusaha untuk mengerjakan segala sesuatu berdasarkan kekuatan dan kemampuannya sendiri tanpa memikirkan pertolongan orang lain terlebih dahulu, sikap seperti ini mencerminkan sikapA. TelitiB. MandiriC. Mengenal potensi diriD. Manajemen yang baikE. Berpedoman pada program8. Rudi merupakan seorang entrepreneur dalam bidang kuliner “Baso Tempe Maknyus” yang tidak pernah puas dengan cara atau metode yang dilakukan saat ini, ia selalu menuangkan imajinasinya dalam pekerjaan. Dia selalu melakukan perubahan dalam bisnisnya. Berikut ini yang dapat menggambarkan karakteristik Rudi sebagai wirausaha adalahA. Berorientasi tugas dan hasilB. Berorientasi ke masa depanC. Bersikap kepemimpinanD. Percaya diriE. Inovatif9. Contoh peluang usaha yang dapat dijadikan produk kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan barang yang disediakan oleh alam yaituA. Kursi dari plastikB. Kain perca menjadi kesetC. Kulit telur menjadi piguraD. Sedotan minuman dibuat bungaE. Membuat tas dari bungkus kopi10. Factor internal yang harus diperhatikan dalam melakukan analisis peluang usaha bagi suatu usaha adalahA. Strength dan weaknessB. Strength dan opportunityC. Threat dan opportunityD. Weakness dan opportunityE. Strength dan threat11. Salah satu contoh dari analisis SWOT yang berhubungan dengan opportunity adalahA. Modal terbatasB. Pajak rendahC. Lokasi usaha strategisD. Tenaga kerja profesionalE. Sulit memperoleh bahan baku12. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi usaha jasa pencucian mobil adalah dekat denganA. Sumber airB. KonsumenC. Sumber bahan bakuD. Sumber tenaga kerjaE. Bahan bakar13. Bentor merupakan salah satu produk dari hasilA. MenciptakanB. MemodifikasiC. MengkombinasiD. MengimplementasiE. Mengkreasi14. Bekerja harus pintar memperhitungkan resiko, mampu melihat peluang dan dapat mencari solusi yang baik, arti dari kerjaA. Kerja ikhlasB. Kerja mawasC. Kerja cerdasD. Kerja kerasE. Kerja tuntas15. Bekerja harus mampu mengorganisasikan bagian usaha secara terpadu dari awal sampai akhir untuk dapat menghasilkan usaha sampai selesai dengan maksimal, arti dari kerjaA. Kerja ikhlasB. Kerja mawasC. Kerja cerdasD. Kerja kerasE. Kerja tuntas16. Yang bukan rumusan mencapai sukses menurut Paul CharlapA. Work hardB. Work smartC. EnthusiasmD. ServiceE. Work nice17. Kegiatan usaha yang disesuaikan dengan perubahan yang terjadi mengikuti selera konsumen merupakan pengembangan ideA. PositifB. KreatifC. InovatifD. InisiatifE. Fleksibel18. Kegiatan usaha yang mengarahkan pada penciptaan produk baru yang berguna bagi masyarakat merupakan pengembangan ideA. PositifB. KreatifC. InovatifD. InisiatifE. Fleksibel19. Factor eksternal yang harus diperhatikan dalam melakukan analisis peluang usaha bagi suatu usaha adalahA. Strength dan weaknessB. Strength dan opportunityC. Threat dan opportunityD. Weakness dan opportunityE. Strength dan threat20. Ancaman apa saja yang terjadi saat memulai usaha, seperti munculnya pesaing merupakan jenis analisisA. StrengthB. WeaknessC. OpportunityD. ThreatE. Strategy​


Jawaban:

1. [A] {Entrepreneur}

2. [E] {Wirausaha}

3. [B] {Memiliki etos kerja yang tinggi}

4. [D] {Determination}

5. [E] {Dedication}

6. [E] {Memiliki sikap mental yang positif}

7. [B] {Mandiri}

8. [A] {Berorientasi tugas dan hasil}

9. [C] {Kulit telur menjadi pigura}

10. [A] {Strength dan weakness}

11. [C] {Lokasi usaha strategis}

12. [A] {Sumber air}

13. [B] {Memodifikasi}

14. [C] {Kerja cerdas}

15. [E] {Kerja tuntas}

16. [E] {Work nice}

17. [E] {Fleksibel}

18. [C] {Inovatif}

19. [C] {Threat dan opportunity}

20. [D] {Threat}

Answer by Sukendimauria

Jawaban :

1. A

2. B

3. D

4. D

5. E

6. E

7. B

8. E

9. C

10. A

11. C

12. A

13. B

14. C

15. E

16. E

17. B

18. C

19. C

20. D


14. 12. Terdapat beberapa aspek dalam menganalisiskelayakan usaha, salah satunya aspek pemasaran.Berikut yang menunjukkan aspek pemasarandalam usaha adalah ....a.menerapkan harga yang sama di setiapsegmentasi pasarb. memberikan peluang bagi pesaing untukmemasarkan produknyac.membagi segmentasi pasar sesuai denganjarak perusahaan dengan konsumend. merencanakan segmentasi pasar strategisuntuk pemasaran barang dan/atau jasaC.​


Jawaban:

dalam analisis pemasaran, Jawaban yang paling tepat adalah "d" ya


15. 1. Pasar  yang  terdapat  banyak penjual  yang menghasilkan banyak  macam  barang adalah....2. Pasar  yang  jangkauan  distribusi barang  yang di perdagangkan  melampaui  batas suatu negara adalah  pasar....3. Apabila penyelenggaraan  pasar  dilakukan setiap hari  disebut  pasar ...4. Pekan  Raya Jakarta  di tinjau  dari  waktu penyelenggaraannya  termasuk  pasar ...5. Pasar yang terdapat  satu  penjual  untuk  satu jenis  barang  sehingga  penjual  bebas menentukan  harga  disebut...6. Pasar  tembakau  Bremen menurut luas jangkauan  distribusinya  merupakan pasar..,7. Peranan  pasar  dalam  perekonomian lndonesia  bagi produsen  adalah....8. Pasar berfungsi  memperlancar proses penyaluran  barang  dan  jasa  dari produsen kepada  konsumen.  Fungsi  pasar  tersebut adalah  ....9. Pasar  beras mendekati  bentuk  pasar...10. Salah satu  ciri pasar  persaingan  tidak sempurna adalah....11 . Kegiatan untuk meneliti kelayakan usaha disebut....12. Terdapat dua orientasi pada studi kelayakan usaha, yaitu....13. PDAM termasuk pada perusahaan....14. Kewenangan pemerintah daerah membentuk dan mengelola BUMD ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor....15. Dibawah ini yang termasuk ke dalam badan usaha adalah . . .16. Badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara disebut....17. Undang-undang yang mengatur tentang BUMN adalah....18. Perusahaan yang pemiliknya perorangan atau individu disebut....19. Suatu kumpulan modal yang diberi hak dan diakui oleh hukum untuk mencapai tujuan tertentu, biasanya untuk mencari keuntungan disebut....20. Kegiatan untuk meneliti kelayakan usaha disebut....21. Yang merupakan pengertian dari UKM adalah …22. Peran dari UKM bagi suatu Negara adalah …23. Yang termasuk kedalam upaya untuk pengembangan UKM adalah …24. Pengertian rencana usaha adalah….25. Kewirausahaan adalah penerapan kreatifitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan upaya untuk memanfaatkan peluang yang dihadapi setiap hari. Definisi ini dikemukakan oleh….26. Faktor produksi yang paling penting dalam sebuah usaha adalah….27. Pemasaran adalah suatu proses social dan managerial dimana seseorang atau kelompok memperolah hal yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai, definisi ini dikemukakan oleh….28. Tindakan mengklasifikasikan pasar ke dalam kelompok-kelompok dengan berbagai kategori atau proses membagi pasar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil berdasarkan dari karakteristik yang memiliki nilai disebut….29. Desain , pengumpulan, analisis dan pelaporan yang sistematis atas data dan segala30. Menetapkan target pasar yang ingin Anda sasar atau tuju dalam pemasaran disebut….​


Jawaban:

1.Pasar monopolistik

2.Pasar Internasional

3.Pasar Harian

4.Pasar tahunan

5.Pasar monopoli

6.Pasar Internasional

7.pasar berperan membantu memperlancar penjualan hasil produksi sekaligus kesempatan mempromosikan produknya.

8.Berfungsi baik jika kegiatan distribusi seringkali macet. Pasar sebagai Pembentuk Harga. Pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli

9.Persaingan

10.Pasar persaingan tidak sempurna memiliki beberapa ciri, antara lain :

Jumlah penjual yang ada sangatlah terbatas.

Penjelasan:

Maaf cuma bisa bantu segitu dulu ya:')


16. A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e, pada jawaban yang benar! 1. Kemampuan untuk merancang, membentuk, membuat, atau melakukan sesuatu dengan cara yang baru atau lain disebut … a. Inovasi b. Analisis c. Kreativitas d. Peluang e. Ide 2. Perhatikan cara-cara berikut ini! 1) Melakukan penelitian tentang seberapa luas bentuk usaha yang dijalankan. 2) Bentuk usaha apa yang akan dijalankan. 3) Jenis usaha yang akan dijalankan. 4) Informasi usaha yang akan dijalankan. 5) Intuisi usaha yang akan berkembang. Yang bukan merupakan cara untuk menganalisis perluang usaha yang ada di sekitar ditunjukkan oleh nomor …. a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5 3. Guna menganalisis keberhasilan maupun kegagalan usaha produk kreatif bangunan, anda dapat menggunakan analisis…. a. Peluang usaha b. Kelayakan usaha c. Kelayakan finansial d. SWOT e. Laba 4. Metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan dalam suatu proyek bisnis/wirausaha atau suatu spekulasi bisnis dinamakan …. a. Peluang usaha b. Kelayakan usaha c. Kelayakan finansial d. SWOT e. Laba 5. Kegunaan analisis SWOT, yaitu …. a. Mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan usaha produk barang atau jasa sebagai alat penyusun strategi b. Melakukan strategi untuk mendapatkan keuntungan yang besar c. Menghitung total biaya produksi sehingga terjadi kerugian d. Menghitung biaya total yang akan dikeluarkan pada saat melakukan proses produksi e. Menekan pengeluaran 6. Pada produk di bawah yang menunjukkan produk kreatif bangunan, yaitu …. a. Pilar b. Angin-angin c. Gypsum d. Batu alam ukir e. Bata ringan 7. Perhatikan bentuk-bentuk analisis berikut ini! 1) Teknik sebelum peluang usaha baru diimplementasikan, dilihat dari aspek teknis perlu dilakukan analisis. 2) Dalam melaksanakan analisis kelayakan teknis, perlu diperhatikan berbagai macam teknis pembuatan produk barang atau jasa. Bentuk analisis tersebut, yaitu ….. a. Analisis kelayakan b. Analisis peluang pasar c. Menentukan jumlah d. Pembelian potensial e. Analisis kekuatan 8. Seorang wirausahawan yang akan membuka usaha baru di bidang produk kreatif bangunan selalu membutuhkan informasi tentang pasar karena tujuan dari pemasaran adalah untuk memenuhi permintaan pelanggan. Untuk itu dilakukan analisis …. a. Analisis kelayakan b. Analisis peluang pasar c. Menentukan jumlah d. Pembelian potensial e. Uji coba pasar 9. Berikut yang merupakan tujuan riset pasar adalah … a. Mengumpulkan informasi untuk pengembalian keputusan tentang usaha produk barang atau jasa yang akan dibuka b. Menentukan besarnya distribusi c. Memahami produk-produk unggulan d. Membentuk pasar barang e. Menentukan pangsa pasar 10. Dalam melaksanakan analisis kelayakan teknis, perlu diperhatikan … a. Teknis pembuatan produk barang atau jasa b. Keunggulan produk c. Kekurangan produk d. Keinginan pelanggan e. Keinginan pasar B. Jawablah uraian di bawah ini dengan benar dan tepat! 1. Apa yang anda ketahui tentang peluang kewirausahaan bidang produk kreatif bangunan? 2. Tuliskan jenis produk kreatif bangunan yang kamu tahu, tuliskan minimal lima contoh!3. Uraikan yang kamu ketahui tentang studi kelayakan pasar! 4. Apa kelebihan melakukan uji coba pasar? 5. Apa saja hal yang harus diperhatikan dalam analisis kelayakan teknis?​


Jawaban:

C. Kreativitas

maaf kalo salah jawabannya.


17. Hangkuman Secura umum ada 2 macam limbah yaitu jenis lumbah organik dan jenis Limbah anorganik Limbah organik adalah limbah yang bisa dengan mudah diurukan atau matah membusuk, sedangkan limbah anorganik adalah jenis limbah yang berwujud pada sangat sulit atau bahkan sulit untuk di uraikan atau tidak membusuk Limbah berbentuk bangun datar adalah limbah yang berbentuk bangun yang berdimensi dua, yaitu bahan limbah yang memiliki sisi panjang dan Habar sehingga tidak mempunyai ruang. Limbah berbentuk bangun datas dapat berupa bedang beraturan seperti lingkaran segi empat, segi tiga, dan bidang tidak beraturan Menganalisis peluang usaha pada produk kerajinan dimaksudkan untuk menemukan peluang dan potensi usaha yang dapat dimanfaatkan, serta untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia dan berapa lama saha tersebut dapat bertahan Analinis SWOT (Serengar. Weakness Opportunity Threar) adalah suatu loan terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Analisis. ini didahului oleh proses identifikasi faktor eksternal dan internal untuk menentukan strategi yang terbaik, kemudian dilakukan pembobotan terhadap tiap unsur SWOT berdasarkan tingkat kepentingan Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikatagorikan atas enam tipe sumber daya (6M), yaitu: man (manusia), money (manusia), material fisik), machine (teknologi), method (metode), market (pasar). Perencanaan administrasi usaha kerajinan, pada dasarnya terdiri dari perizinan usaha, surat-menyurat, pencatatan transaksi barang/jasa, pencutatan transaksi keuangan, dan pajak pribadi serta pajak usaha. Pemasaran sebagai proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dengan tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannnya Merencanakan jenis usaha adalah merencanakan kegiatan yang dijalankan oleh setiap perusahaan baik besar maupun kecil untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan Analisis kebutuhan pasar produk kerajinan diarahkan pada kondisi pemasaran, tingkat berapa produk akan di jual, mutu produk apa saja yang akan dijual, kepada siapa produk akan dijual, dan jalur pemasaran yang bagaimana yang digunakan ringkasannya​


Jawaban:

panjang amt solanya pls


18. 1. Orang atau lembaga yang melakukan kegiatan ekonomi di antaranya rumah tangga keluarga, rumah tangga perusahaan, rumah tangga pemerintah, rumah tangga luar negeri disebut...a. Perdagangan antar negarab. Pelaku ekonomic. Ekspord. Impor2. Perdagangan antar negara terjadi saling menguntungkan. Dibawah ini yang bukan faktor pendorong perdagangan antar negara adalah....a. Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negerib keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negarac. Keinginanan membuka kerjasama, hubungan kerja, politik dan dukungan dari negara laind. Penggunaan kurs tukar3. Pengembangan agrikultur di Indonesia mempunyai beberapa hambatan diantaranya.....a. Modal terbatasb. Tidak dipengaruhi musimc. Perbaikan irigasid. Distribusi pupuk secara merata4. Tiara seorang pelajar MTs, ia membutuhkan pengaris untuk keperluan sekolah karena itu ia membeli pengaris di toko Pak Ilyas. Berdasarkan ilustrasi tersebut Tiara bertindak sebagai pelaku ekonomi…….a. Rumah tangga pemerintah.b Rumah tangga konsumenc. Rumah tangga luar negerid. Rumah tangga konsumen5. Pak Budi salah satu pengusaha tempe di Surabaya. Dalam sehari usahanya mampu memproduksi tempe sebanyak 1.000.000 biji. Dari ilustrasi tersebut dapat di simpulkan pak Budi termasuk rumah tangga produsen karena…………..a. Menghasilkan barang kebutuhan.b. Mengunakan barang kebutuhan.c. Mengatur harga barang kebutuhan.d. Membeli barang kebutuhan dari negara lain6. Ayasha seorang karyawan swasta yang rutin membayar pajak penghasilan kepada negara tindakan Ayasha menunjukan peran sebagai………..a. Rumah tangga konsumen .b. Rumah tangga pemerintah.c. Rumah tangga luar negeri.d. Rumah tangga perusahaan.7. Dalam rangka menjamin ketersediaan listrik masyarakat pemerintah Indonesia mendirikan PT perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan wujud peran pemerintah sebagai………..a. Perusahaan mengembangkan perusahaan baru yang dapat menyerap tenaga kerja.b. Perusahaan memberikan beaiswa pendidikan bagi siswa berprestasi di sekolah -sekolah.c. Perusahaan menjaga kelestarian lingkungan dengan cara mengolah limbah industri.d. Perusahaan membayar pajak secara rutin kepada pemerintah untuk pemeliharaan infrastruktur.8. Kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi terhadap barang atau jasa untuk kebutuhan diri sendiri atau keluarga .............a. Pelaku ekonomi.b. Rumah tangga produsen.c. Rumah tangga konsumen.d. Rumah tangga pemerintah.9. Indonesia mengekspor kopi ke Amerika Serikat. Sementara itu Amerika Serikat mengekspor gandum ke Indonesia. Pernyataan tersebut merupakan contoh perdagangan antar negara yang di dorong oleh factor…………..a. Perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi.b. Persamaan selera masyarakat.c. Persamaan sumber daya alam.d. Perbedaan sumber daya alam.10. Perdagangan antar negara memiliki peluang perdagangan lebih luas dibandingkan perdagangan antar pulau. Jika di analisis kondisi ini terjadi karena .............a. Perdagangan antar negara lebih banyak menggunakan modal.b. Perdagangan antar negara memiliki produk lebih beragam.c. Perdagangan antar negara dapat melakukan kegiatan jual beli beragam.d. Penerimaan impor bertambah.11. Melalui perdagangan antar pulau jumlah barang yang di produksi meningkat kondisi ini terjadi karena..........a. Kwalitas produk semakin baik.b. Pendapatan masyarakat semakin tinggi.c. Bahan baku produk semakin banyak.d. Daerah pemasaran produk semakin luas.12. Pertemuan antar negara Jepang dengan negara Indonesia menunjukan peran pemerintah untuk mendorong kegiatan ekspor dengan cara …………….a. Menjaga kestabilan nilai rupiah.b. Membuat perjanjian dagang Internasional.c. Meningkatkan produk dalam negeri.d. Memberi kemudahan kepada produsen.13. Pedagangan antar negara memberikan banyak manfaat antara lain...a. Meningkatkan konsumsi masyarakatb. Menambah selera masyarakatc. Menambah devisa negarad. Menambah gairah hidup14. Peran kegiatan agrikultur bagi masyarakat adalah......a. Sumber penyedia panganb. Sektor utama pertumbuhan ekonomic. Sumber penyedia lapangan kerja pada modald. Sektor utama pendukung industrialisasi15. Tujuan pemerintah dalam memberikan subsidi pupuk dan benih bagi petani adalah..a. Mengurangi resiko gagal panenb. Kombinasi sumber daya dan teknik yang akan dan harus digunakanc. Barang yang diproduksi akan dipakai dan dikonsumsi oleh siapad. Seberapa banyak kebutuhan orang- orang yang harus dipenuhi16. Peran agrikultur bagi masyarakat pedesaan adalah....a. Sumber penyedia kebutuhan panganb. Sektor utama pertumbuhan ekonomic. Melindungi petani dari harga rendahd. Meningkatkan harga jual produk agrikultur17. Ekofarming merupakan salah satu strategi pembangunan agrikultur di Indonesia. Dampak positif pengembangan ekofarming bagi lahan pertanian adalah....a. Menambah zat hara lahanb. Meningkatkan kesuburan tanahc. Mengurangi penggunaan lahand. Mengurangi pencemaran lahan ​


Jawaban:

1.B

2.D

3.B

4.B/D sama

5.A

6.A

7.D

8.C

9.C/D sama

10.D

11.D

12.B

13.C

14.A

15.A

16.B

17.D

Penjelasan:

jangan lupa jadikan jawaban terbaik

maaf bila ada kekeliruan


19. 4. Pengertian E-commerce dan Bedanya dengan Marketplace Penulis Muhammad Idris | Editor Muhammad Idris Berkat perkembangan pesat internet dan teknologi, melahirkan berbagai peluang dalam bisnis. E-commerce adalah salah satunya. Apa pengertian e-commerce dan bedanya dengan marketplace? Dikutip dari Investopedia, perdagangan elektronik atau e-commerce adalah model bisnis yang memungkinkan perusahaan atau individu bisa membeli atau menjual barang melalui internet (online). Hampir semua produk, termasuk jasa, tersedia di internet dari mulai makanan, musik, buku, produk rumah tangga, tiket pesawat, investasi bisa dibeli lewat e-commerce. Itu sebabnya, kemajuan teknologi perdagangan elektronik ini dianggap sebagai disrupsi ekonomi. Sarana e-commerce sendiri sangat beragam dari mulai televisi, telepon, dan internet. Sederhananya, e-commerce adalah penyebaran, penjualan, pembelian, serta pemasaran barang atau jasa yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, TV, atau jaringan teknologi lainnya. Selain itu yang juga tengah jadi tren, contoh e-commerce adalah penggunaan media sosial. Perbedaan e-commerce dengan marketplace Seringkali, orang menyamakan bahwa ecommerce adalah marketplace. Padahal keduanya adalah dua hal yang berbeda. Marketplace sendiri merupakan salah satu model dari e-commerce. Secara spesifik, marketplace adalah platform tempat bertemunya atau perantara antara penjual dan pembeli. Perusahaan-perusahaan marketplace di Indonesia antara lain Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibi, OLX, JD.ID, dan sebagainya .... Pada masa Pandemic Covid 19, banyak terjadi perubahan yang terjadi di masyarakat, antara lain peningkatan daya beli melalui e-commerce. Kemukakan analisis Anda terkait bagaimana teknologi aplikasi e-commerce memberikan pengaruh perubahan sosial di masyarakat, dilihat dari teori modernisasi.


Kaitan pengaruh teknologi aplikasi e-commerce terhadap perubahan sosial di masyarakat jika dilihat dari teori modernisasi adalah Masyarakatmulai beralih dengan memanfaatkan e-commerce karena mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli. E-commerce merupakan salah satu penemuan modern yang menerapkan IPTEK.

PEMBAHASAN

Teori modernisasi adalah perubahan dalam babak kehidupan baru masyarakat dengan ciri pedesaan atau tradisional menuju masyarakat perkotaan atau modern yang ditandai dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

E-commerce dan marketplace adalah salah bentuk modernisasi dibidang pembangunan ekonomi.

Dengan adanya e-commerce dan marketplace maka kegiatan perdagangan semakin cepat dan mudah dan masyarakat hanya perlu memesan produk secara online maka barang yang dipesan akan diatar ke rumah.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang e-commerce dan marketplace https://brainly.co.id/tugas/31278024

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1


20. 21. Seorang wirausaha dikatakan trampil dan professional dalam menjual jika memiliki kemampuan menjual yang memuaskana. Diri sendirib. Orang lainc. Keluargad. Pelanggan/pembelie. Pemasok22. Mempromosikan produk dapat menggunakan media, kecualia. Bannerb. Surat kabarc. Internetd. Radioe. Televisi23. Akibat jika perusahaan tidak menjaga kualitas produk adalah sebagai berikut, kecualia. Produk tidak lakub. Konsumen lari ke produk lainc. Pelanggan hilangd. Produk digemari konsumene. Perusahaan menderita kerugian24. Berikut ini yang bukan merupakan ciri – ciri intrepreaneur action adalaha. Mandirib. Mencari peluangc. Mudah menyerahd. Berkreasie. Berorientasi ke masa depan25. Kesempatan yang harus diambil oleh seorang wirausaha untuk mewujudkan atau melaksanakan suatu usaha dengan keberanian mengambil resiko merupakan pengertian daria. Wirausahab. Wiraswastac. Peluang usahad. Jual belie. Pedagang26. Untuk menganalisis lingkungan eksternal dalam perencanaan usaha seseorang wirausaha dapat mengguanak analisisa. Streangth and Weaknessb. Opportunity and Weaknessc. Opportunity and Strengthd. Streangth, Weakness, Opportunity and Threatse. Opportunity and Threats27. Berikut ini termasuk salah satu strategi hargaa. Mengikuti bazar dan pameranb. Menggelar undian berhadiahc. Mengadakan bakti sociald. Mendiversifikasi produke. Memberikan diskon28. Wirausaha sebagai orang yang menanggung resiko, yang merencanakan, supervise, mengorganisasi, merupakan gagasan daria. Richard Cantillonb. Jean Baptist Sayc. Bedeaud. Francis Walkere. David McLelland29. Membedakan antara orang yang menyediakan modal dan memberikan bunga, dengan orang yang menerima keuntungan karena keberhasilannya memimpin usaha, merupakan gagasan daria. Richard Cantillonb. Jean Baptist Sayc. Bedeaud. Francis Walkere. David McLelland30. Seorang yang energik dan membatasi resiko, merupakan gagasan daria. Richard Cantillonb. Jean Baptist Sayc. Bedeaud. Francis Walkere. David McLelland31. Kata lain dari kalimat peluang adalaha. Strengthb. Opportunityc. SWOTd. Weaknesse. Threat32. Seorang wirausaha harus berfikir bicara positif dan kreatif antara lain :a. Kurang komunikatifb. Harus menerima gagasan baru didalam dunia usaha / bisnis c. Tidak percaya dirid. Malu bertanyae. Egoistis33. Yang bukan merupakan cara menangkap peluang usaha adalaha. Mau belajar ilmu manajemen usahab. Mau meminta jasa konsultanc. Mau meminta jasa keluargad. Mau percaya dan yakin bahwa usahanya bisa dilaksanakane. Meminta jasa kenalan34. Dalam analisis SWOT, W adalah Weakness yang artinya :a. Kekuatanb. Peluangc. Kelemahand. Ancamane. Persaingan35. Berikut ini alas an utama kegagalan usaha baru, yaitua. Waktu memulai usaha baru yang tidak tepatb. Manajemen yang baik dan tepatc. Memulai usaha yang membuat perencanaan yang baikd. Pengusaha selalu menangkap peluang usaha yang tepat dan baike. Hasil produksi yang banyak diminati oleh konsumen36. Perusahaan menyerahkan cara untuk menarik para konsumen agar mau melakukan pembelian terhadap barang – barang produksinya disebut a. Ilmu menjualb. Promosic. Negosiasid. Pembiayaane. Pelanggan37. Orang yang pandai dalam menentukan produk baru, menentukan cara produk baru, menyusun kegiatan produk baru, mengatur keuangan serta memasukkannya kedalam suatu usaha merupakan pengertian dari a. Kewirausahaanb. Pelaku usahac. Pekerjad. Wirausahawane. Wiraswasta38. Kemampuan menyelesaikan masalah yang memeberikan kesempatan individu untuk menciptakan ide -ide asli atau baru disebuta. Kreatifb. Inovatifc. Imajinatifd. Pro aktife. Aktif39. Dalam promosi apa yang harud dilakukan agar minat pembeli semakin meningkat ?a. Memberi tau kelemahan – kelemahan produkb. Menawarkan produk dengan harga yang sangat murahc. Menjelaskan manfaat dan kelebihan yang ada pada produkd. Menghasut dan memaksa konsumen untuk membeli produk tersebute. Membohongi konsumen tentang deskripsi barang40. Dalam memasarkan suatu produk, hendaklah memperhatikan beberapa aspek, kecualia. Harga produk harus sesuai dengan biaya produksinyab. Harga produk harus memperhatikan ekonomi dan nilai kurs mata uang yang sedang berlakuc. Produk harus dikemas dan dipasarkan sebagus mungkin agar menarik pembelid. Pada kemasan disertakan deskripsi yang menampilkan kelebihan produke. Memasarkan produk dengan promosi yang tidak baik​


Jawaban:

21. orang lain

22. surat kabar

23. produk digemari

24. mudah menyerah

25. pedagang

26. yang D

27. memberi diskon

28. francis walker

29. bedeau

30.


Video Terkait


Post a Comment

0 Comments