Tasawuf Di Indonesia


Tasawuf Di Indonesia

Jelaskan pengaruh tasawuf timur tengah terhadap tasawuf indonesia

Daftar Isi

1. Jelaskan pengaruh tasawuf timur tengah terhadap tasawuf indonesia


Tasawuf Sunni banyak sekali mengambil ajaran-ajaran al-Ghozali yang memang menjadi rujukan yang baku dalam pengajian-pengajian di pesantren. Ajaran al-Gazhali ini tertuang dalam karya monumentalnya, Ihya Ulumuddin (Kebangkitan Ilmu-ilmu Agama). Kemudian, dilengkapi dengan dua karya lainnya, yakni Minhajun Abidin(Metode Para Ahli Ibadah) dan Bidayatul Hidayah (Permulaan Petunjuk).

maaf kalau slah


2. salah satu jalur masuknya Islam di Indonesia adalah jalur tasawuf tasawuf adalah


Tasawuf ialah ajaran atau cara untuk mendekatkan diri kepada Allah. Tasawuf lebih memudahkan orang yang telah mempunyai dasar ketuhanan lain untuk mengerti dan menerima ajaran agama Islam.

'maaf kalau salah dan semoga membantu'

3. Tasawuf yang berkembang di indonesia mendapatkan pengaruh yang kuat dari gerakan tasawuf yang berkembang di daerah


tasawuf yang berkembang di Indonesia mendapat pengaruh yang kuat dari gerakan tasawuf yang berkembang di daerah pulau Jawa.

4. Penyebaran islam melalui tasawuf mudah diterima di indonesia karena....A ajaran tasawuf sesuai dengan budaya masyarakat indonesiaB ajaran tasawuf adalah ajaran islam yang benar dan murniC ajaran tasawuf memiliki persamaan dengan konsep pemikiran mistik masyarakat indonesia pada zaman Hindu-BuddhaD ajaran tasawuf mudah dimengerti dan bersifat moderat.


B. ajaran tasawuf adalah ajaranIslam yang benar dan murni.

5. Tokoh tasawuf terkenal di Indonesia adalah​


Jawaban:

Syeikh 'Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad r.a (Abah Sepuh) Pendiri Pondok Pesantren Suryalaya,Syamsuddin As-Sumatrani, Hamzah Al-Fasuri, Nuruddin Ar-Raniri, Syekh Abdurrauf As-Singkili dan Syekh Yusuf Al-Makasari.

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Jawaban:

Syeikh 'Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad r.a (Abah Sepuh) Pendiri Pondok Pesantren Suryalaya,Syamsuddin As-Sumatrani, Hamzah Al-Fasuri, Nuruddin Ar-Raniri, Syekh Abdurrauf As-Singkili dan Syekh Yusuf Al-Makasari.


6. Siapakah tokoh-tokoh tasawuf yang terkenal di Indonesia?


Jawaban:

- Hamzah Al-Fansory

- Syamsuddin As

- Nuruddin Ar

- Abdul Rawf As

- Abdus Samad Al

Maaf kalau salah

Jawaban:

Hamzah Al-Fansory

Syamsuddin As – Sumatrani

Nuruddin Ar – Raniry

Abdul Rawf As – Singkil

Abdus Samad Al – Palimbani

muhammad Nafis Al – Banjari

Muhammad Nawawi Al – Bantani

Hamka (H. Abdul Malik Karim Abdullah)


7. Tasawuf mudah di terima di indonesia karena?


Insyaallah guru Sejarah Indonesia saya pernah menerangkan itu dan bilang kalau tasawuf mudah diterima di Indonesia karena tidak terlalu 'ekstrem' dan sesuai dengan bangsa Indonesia yang mengunggulkan kebudayaan dan warisan luhur nenek moyang yaitu yang beragama Buddha dan Hindu sehingga 'Islam yang mutlak' tidak begitu diterima seperti Wahabi.


Semoga membantu :)
dikarenakan Islam tasawuf yang datang keNusantara, dengan segala pemahaman dan penafsiran mistisnya terhadap Islam dalam berbagai segi tertentu “cocok” dengan latar belakang masyarakat setempat  yang dipengaruhi asketisme Hindu Budha dan sinkritisme kepercayaan lokal. Juga terhadap kenyataan bahwa tarekat-tarekat sufi memiliki kecenderungan untuk bersikap toleran terhadap pemikiran dan praktik tradisional semacam itu, yang sebenarnya bertentangan dengan praktik ketat unilitarianisme Islam.

8. tasawuf yang berkembang di indonesia mendapat pengaruh yang kuat dari gerakan tasawuf yang berkembang di daerah


di daerah jawa
maaf ya kalau jawaban nya kurang tepat

9. Tasawuf yang berkembang di Indonesia mendapatkan pengaruh yang kuat dari gerakan tasawuf yang berkembang di negara


Jawaban:

arab .kalau salah saya mohon maaf


10. ajaran tasawuf masuk ke indonesia pada abad ke


abad ke-13,maaf klo salah

11. kapan ajaran tasawuf masuk ke indonesia


pada abad ke XVI-XVII

12. Tokoh tasawuf dalam penyebaran islam diIndonesia?


wali songo

sunan drajat

sunan kalijaga

DLL

13. ajaran tasawuf di indonesia diajarkan oleh...


Syekh Abdul Hamid Abulung

14. Pertanyaan pertama : Mengapa ajaran tasawuf mudah diterima oleh masyarakat Indonesia? Pertanyaan Kedua : apa yang melatarbelakangi terjadinya tasawuf di Indonesia?


Jawaban:

1.karena tidak terlalu ekstrem dan sesuai dengan bangsa Indonesia yang mengunggulkan kebudayaan dan warisan luhur nenek moyang yaitu yang beragama Buddha dan Hindu sehingga Islam yang mutlak tidak begitu.

2.Faktor ajaran Islam sebagaimana terkandung dalam kedua sumbernya, Al-Qur'an dan As-Sunnah.

Penjelasan:

maaf kalo salah


15. kapan ajaran tasawuf mulai berkembang di indonesia​


Jawaban:

Kalau diperhatikan berdasarkan catatan sejarah, aliran tasawuf yang pertama kali tumbuh di Nusantara (Indonesia) adalah yang bercorak falsafi seperti yang dikembangkan oleh Hamzah Fansuri (sekitar abad 16 awal abad 17 atau 1600-an) dan Syamsuddin Sumatrani (sekitar 1575 – 1630 perannya awal abad 17).

maaf kalo salah

Jawaban:

sekitar abad 16 awal abad 17 atau 1600an dan Syamsuddin Sumatrani sekitar 1575 sampai 1630 perannya awal abad 17


16. Uraikan 3 ajaran tasawuf yang dibawa oleh para tokoh tasawuf di Indonesia, beserta nama tokohnya!


Jawaban:

Tasawuf sebagai khazanah islam adalah ajaran, sikap atau ideologi. Dalam literatur tasawuf, seringkali kata 'Tasawuf' dikait-kaitkan dengan Hadis Jibril yang masyhur. Menurut sebagian sejarawan tasawuf (muarrikh at-Tasawuf), tasawuf adalah implementasi dari Ihsan yang merupakan pokok agama; Islam, Iman, Ihsan dan Ammarat as-Sa'ah (tanda-tanda kiamat).

Dengan demikian, tasawuf merupakan ajaran yang dibawa oleh Rasulullah Saw. atau dalam kata lain, Rasulullah Saw. selain mengajarkan Iman (Tauhid) dan Islam (Syari'at) juga mengajarkan Ihsan (Tasawuf). Semua ajaran itu diajarkan kepada para sahabatnya. Lalu, dari para sahabat, diajarkan kepada para tabi'in. Dari tabi'in kepada murid-muridnya, dan seterusnya, hingga sampai kepada kita hari ini. Terkhusus tasawuf, peran dan jasa para tokoh sufi nusantara adalah penunjang utama ajaran itu bisa sampai kepada kita.

Sufi pertama indonesia yang karangannya sampai kepada kita adalah Syekh Hamzah Fansuri. Fansur merupakan istilah orang arab untuk menyebut kota Barus, sebuah kota kecil yang terletak disekitar pantai barat Sumatera. Terletak antara Sibolga dan Singkel. Gagasan-gagasan Hamzah Fansuri tentang tasawuf banyak diungkapkan melalui bai-bait syair yang di kemudian hari banyak diinterpretasi oleh murid beliau, Syamsuddin (w. 1630).

Kisah perjalanan Syekh Hamzah Fansuri banyak ia ceritakan sendiri dalam karya-karyanya. Diantaranya, ia mengaku pernah berkunjung ke Makkah-Madinah, al-Quds, Baghdad dan Ayuthia. Mazhab bertasawuf Hamzah Fansuri ditengarai berafiliasi kepada Tarekat Qodiriyah yang didirikan oleh Syekh Abdul Qodir al-Jilani, tokoh sufi tersohor yang dalam bidang fikih bermazhab hambali. Dalam salah satu karyanya, Syekh Hamzah (wafat sekitar 1590) mengatakan bahwa ia mendapat sanad Tarekat Qodiriyah saat kunjungannya ke Baghdad. Entah pada tahun berapa, tidak ada keterangan pasti. Yang jelas, data ini menunjukkan bahwa Hamzah Fansuri adalah orang indonesia pertama yang diketahui menganut Tarekat Qodiriyah.


17. Aliran tasawuf yang masuk ke Indonesia berasal dari


Aliran tasawuf yang masuk Indonesia sepertinya berasal dari Persia (Iran)

18. Penyebaran Islam di Indonesia melalui Tasawuf


Dari segi Linguistik dapat dipahami bahwa tasawuf merupakan sikap mental yang selalu memelihara kesucian diri, beribadah, hidup sederhana, rela berkorban untuk kebaikan dan selalu bersikap bijaksana. sikap mental yang seperti ini hakikatnya pada akhlak yang mulia karena hanya dapat dipandang dengan mengaplikasikannya dalam kebijakan mengambil. Tasawuf juga berperan dalam membersiahkan hati sanubari. Karean tasawuf banyak berurusan dengan dimensi esoterik (batin).Tasawuf mulai masuk ke Indonesia bersamaan dengan masuknya Islam ke Indonesia dan tasawuf mengalami banyak perkembangan itu ditandai dengan banyaknya berkembang ajaran tasawuf dan tarikat yang muncul dikalangan masyarakat saat ini yang dibawah oleh para ulama Indonesia yang menuntut ilmu di Mekkah dan Madina kemudian berkembang.Hawash Abdullah menyebutkan beberapa bukti tentang besarnya peran para sufi dalam menyebarkan Islam pertama kali di Nusantara. Ia menyebutkan Syekh Abdullah Arif yang menyebarkan untuk pertama kali di Aceh sekitar abad ke-12 M.  Dengan beberapa mubalig lainya. Menurut Hawash Abdullah kontribusi para sufilah yang sangat memperngaruhi tumbuh pesatnya perkembangan Islam di Indonesia.


19. Apa pendapat anda tentang urgensi akhlak dan tasawuf di Indonesia


Jawaban:

Tasawuf memiliki relevansi dan signifikansi dengan problema manusia modern, karena secara seimbang memberikan kesejukan batin dan disiplin syari‟ah sekaligus. Tasawuf dapat dipahami sebagai pembentuk tingkah laku melalui pendekatan tasawuf-suluki (tasawuf akhlaqi), dan dapat memuaskan dahaga intelektual melalui pendekatan tasawuf-falsafi. Tasawuf juga dapat diamalkan oleh setiap muslim, dari lapisan sosial manapun dan di tempat manapun.


20. penyebaran agama islam di indonesia salah satunya dengan Tasawuf,jelaskan yg dimaksud dengan tasawuf!


tasawuf adalah salah satu ajaran dalam agama islam.ahli tasawuf disebut sufi. ajaran tasawuf menyuruh pengikutnya lebih dekat pada kegiatan ibadah daripada materi. tujuannya agar bisa menjalin hubungan langsung dengan tuhan.

Video Terkait


Post a Comment

0 Comments