Penyebab Dari Kompleksitas Permasalahan Yang Terjadi Di Masyarakat Adalah


Penyebab Dari Kompleksitas Permasalahan Yang Terjadi Di Masyarakat Adalah

Penyebab dari kompleksitas permasalahan yang terjadi di masyarakat adalah

Daftar Isi

1. Penyebab dari kompleksitas permasalahan yang terjadi di masyarakat adalah


Jawaban:

terlepas dari akar budayanya sendiri

Penjelasan:

maaf kalau salah ya


2. penyebab dari kompleksitas permasalahan yang terjadi di masyarakat adalah​


Jawaban:

jarangnya seseorang untuk berbaur dgn msyarakt lain shngga mnybabkan adnya permasalahn, adanya seseorang pngosip yg brkta tdk bnr yg mnybabkan permasalhn


3. Kapan waktu kejadiannya? permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang anda hadapi saat itu? gambarkan secara jelas! kapan waktu kejadiannya? permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang anda hadapi saat itu? gambarkan secara jelas!


Jawab:

Kapan waktu kejadiannya? permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang anda hadapi saat itu? gambarkan secara jelas! kapan waktu kejadiannya? permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang anda hadapi saat itu? gambarkan secara jelas! adalah

Pencapaian tujuan bersama membutuhkan komitmen bersama melalui komunikasi yang  intensif. Nyatanya, menjalin komunikasi satu arah yang efektif tidak semudah yang Anda bayangkan. Hal ini membutuhkan pendekatan yang sama dan pemahaman yang sama tentang tujuan yang ingin dicapai.Misalnya, ketika saya ditunjuk oleh kepala sekolah sebagai koordinator ujian untuk kegiatan evaluasi  kinerja (evakin) pada Oktober 2021, tepatnya pada  Oktober 2021, penulis sebenarnya adalah seorang guru PNS ketika saya berusia.

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Hal ini membutuhkan pendekatan yang sama dan pemahaman yang sama tentang tujuan yang ingin dicapai. Membangun komunikasi, termasuk pengalaman saya sendiri, pasti menghadirkan kesulitan. Saya mengalami sedikit  kesulitan mengelola anggota yang ada. saya untuk sementara waktu. Beberapa guru tampak acuh tak acuh terhadap penyesuaian saya. Hal ini cenderung mengganggu proses penyiapan dan pengumpulan data dari hasil penilaian  sebagai bahan evakin Kepala Sekolah 2021. Meski demikian, berbagai upaya tetap dilakukan  guna optimalisasi persiapan evakin itu sendiri.

Pelajari lebih lanjut tentang mengidentifikasi masalah: https://brainly.co.id/tugas/2999290

#BelajarBersamaBrainly


4. Kapan waktu kejadiannya permasalahan tantangan atau kompleksitas apa yang anda hadapi saat itu


Jawaban:

Saya mengalami tantangan atau kompleksitas saat mengerjakan soal-soal Ujian Nasional,


Penjelasan:

Ujian Nasional adalah serangkaian tes yang dirancang untuk menilai keterampilan dan pengetahuan siswa di seluruh negara. Pengalaman mengerjakan soal-soal Ujian Nasional dapat menimbulkan tantangan atau kompleksitas tertentu bagi para peserta ujian.


Pertanyaan Terkait:

Kapan anda mengalami tantangan atau kompleksitas apa yang anda hadapi saat itu?

https://brainly.co.id/tugas/45871141https://brainly.co.id/tugas/15930507https://brainly.co.id/tugas/1570421

Support: https://trakteer.id/dakunesu/tip


5. Sejarah perkembangan pemikiran pancasila menunjukan adanya kompleksitas permasalahan dan heterogonitas pandangan. Sebutkan kompleksitas permasalahan tersebut?


apakah menjadikan indonesia negara agamis?
ataukah nasionalis.......

6. maksud dari menambah kompleksitas permasalahan sosial


makna kompleksitas adalah kerumitan, keruwetan. menambah kompleksitas permasalahan sosial berarti menambah kerumitan permasalahan sosial yg ada.

7. masyarakat indonesia sangat kompleks dimana kompleksitas. tersebut dapat dilihat secara vertikal dan horizontal, jelaskan!​


Struktur sosial yang berkembang di Indonesia digambarkan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat majemuk yang ditandai dengan dua ciri unik secara vertikal dan horizontal. Secara vertikal, tingkatan sosial di indonesia menggambarkan perbedaan kelas yang membagi masyarakat berdasarkan faktor ekonomi. Sedangkan secara horizontal, menggambarkan perbedaan yang membagi masyarakat berdasarkan perbedaan suku-bangsa, agama, adat istiadat dan perbedaan kedaerahan.

Pembahasan

Struktur sosial di Indonesia

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat majemuk, dimana terdapat berbagai suku, agama, ras dan kebudayaan yang tersebar di lebih dari tiga ribu pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan rakyat Indonesia yang menyentuh angka ratusan juta dan didukung dengan pembagian wilayah serta kemajemukan dan kebhinekaan yang ada, maka tentulah struktur sosial di Indonesia begitu kompleks.

Struktur sosial yang berkembang di Indonesia digambarkan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat majemuk yang ditandai dengan dua ciri unik secara vertikal dan horizontal. Secara vertikal, tingkatan sosial di indonesia menggambarkan perbedaan kelas yang membagi masyarakat berdasarkan faktor ekonomi. Sedangkan secara horizontal, menggambarkan perbedaan yang membagi masyarakat berdasarkan perbedaan suku-bangsa, agama, adat istiadat dan perbedaan kedaerahan.

Pendapat tersebut dikuatkan oleh Furnivall yang melihat adanya titik temu antara perbedaan vertikal dan horizontal, sehingga menimbulkan lahirnya nilai pluralitas. Pluralitas sendiri berarti bisa diartikan sifat dari sekumpulan kelompok nilai atau sub-kultur yang diikat oleh suatu kekuatan nilai lebih tinggi yang memungkinkan masing-masing kelompok dan subkultur itu menyatu di dalam suatu wa­dah kebersamaan. Sedangkan heterogenitas sifat dari sekumpulan kelompok nilai atau sub-kultur yang berdiri sendiri tanpa diikat oleh satu kesatuan nilai yang lebih tinggi. Indonesia lebih tepat disebut sebagai negara plural daripada negara heterogen, karena Indonesia, meskip­un terdiri atas berbagai suku, etnik, bahasa, dan agama namun tetap merupakan satu ke­satuan budaya dan ideologis sebagaimana ter­cermin di dalam motto "Bhinneka Tunggal Ika".

Timbulnya pluralitas dalam masyarakat Indonesia disebabkan oleh tiga faktor, yaitu:

Faktor georgrafis Indonesia yang memiliki beribu pulau besar dan kecil yang membentang dari Sabang sampai Merauke dengan kondisi alam dan wilayah yang berbeda-beda sehingga muncul keanekaragaman suku bangsa dan budaya bangsa.Letak Indonesia yang diapit oleh dua benua yakni Asia dan Australia serta dua samudra yakni Hindia dan Pasifik menjadikan Indonesia sebagai jalur strategis dalam perdagangan dunia sehinga menimbulkan pluralitas agama.Kondisi iklim dan cuaca di Indonesia yang beriklim tropis yang mengakibatkan curah hujan di Indonesia merata dan membawa kesuburan tanah di Indonesia, sehingga menjadikan pulau Jawa sebagai pusat perdagangan di Indonesia. Oleh karena itu, jawa menjadi pusat bertemunya segala budaya dan suku bangsa yang ada di Indonesia.

Struktur sosial pada masa penjajahan dan masa kemerdekaan

Sistem dan nilai-nilai sosial telah dibentuk dari zaman dahulu. Pada masa penjajahan Belanda sangat terlihat perbedaan vertikal dalam masyarakat Indonesia. Sangat terlihat bagaimana kesenjangan ekonomi di Indonesia. Yang kaya sangat kaya seperti contoh para penjajah, sedang yang miskin hingga mati kelaparan. Selain perbedaan vertikal, terdapat perbedaan horizontal seperti pembagian kasta  antara bangsa Eropa (Belanda) sebagai kasta tertinggi karena bangsa penjajah, kemudian Asia (Arab dan China) sebagai kasta tengah sebagai akum pedagang, dan pribumi (Indonesa) ada pada kasta terendah sebagai bangsa yang terjajah.

Pada jaman kemerdekaan terjadi pertubrukan antara perbedaan vertikal dan horizontal yang membawa permasalahan Indonesia menjadi lebih kompleks. Sehingga saat ini muncul adanya intergrasi dan kondisi yang rawan konflik, dimana integrasi masyarakat Indonesia tidak bisa dikatakan sebagai sebuah negara karena sejatinya dari awal sudah berbeda suku, bahasa, budaya, dan agama. Serta rawannya konflik yang terjadi itu lebih kearah ideologis yang politis. Namun, terlepas dari struktur sosial vertikal dan horizontal, perlu digarisbawahi bahwa meskipun Indonesia merupakan negara majemuk dengan berbagai perbedaan yang ada, Indonesia tetap menjujung tinggi nilai-nilai persatuan. Indonesia tetap menjunjung nilai-nilai pancasila dan berpegang teguh pada semboyan "Bhinneka Tunggal Ika".

Pelajari lebih lanjutPengertian struktur sosial brainly.co.id/tugas/1867675Fungsi struktur sosial brainly.co.id/tugas/2014546

======================================================

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel : Sosiologi

Kategori: Struktur sosial

Kode: 11.20.1

Kata kunci: Struktur vertikal, horizontal, majemuk, kompleks


8. apa itu kompleksitas sistem kekuasaan?bagaimana hal itu terjadi di Indonesia?


kompleksitas sistem kekuasaan adalah komplesitas yang mengurus pembagian kekuasaan
hal itu terjdi di indonesia karena indonesia tak menganut sistem trias politika namun pembagian kekuasaaan.

semogaa membantu :)


9. Berikut yang bukan merupakan karakteristik dari pola pemerintahan pada masyarakat adalah....a.proses koordinasi dan keanekaragaman b.keanekaragaman dan dinamikac.dinamika dan kompleksitas d.kompleksitas dan keanekaragaman e.keanekaragaman, dinamika, dan kompleksitas​


Jawaban:

a.proses koordinasi dan keanekaragaman

Penjelasan:

karna pernyataan diatas yang bukan merupakan karakteristik dari pola pemerintahan pada masyarakat sedangkan merupakan karakteristik dari pola pemerintahan pada masyarakat adalah keanekaragaman dan dinamika,dinamika dan kompleksitas,dinamika dan kompleksitas,keanekaragaman,dinamika, dan kompleksitas


10. Dimensi kompleksitas


Dimensi Kompleksitas merujuk pada tingkat diferensiasi yang ada di dalam sebuah organisasi.

11. Penyebab dari kompleksitas permasalahan yang terjadi di masyarakat adalah.. a. tidak dapat dilepaskan dari masa lalunya b. terlepas dari akar-akar budayanya sendiri c. terdiri dr kumpulan individu yg memiliki pemikiran masing-masing d. terikat dengan berbagai aturan yang bersifat memaksa e. mengalami terus menerus perkembanyan secara konstan


C.terdiri dari kumpulan individu yg memiliki pemikiran masing-masing

12. Apa itu kompleksitas stastis


Jawaban:

adalah kompleksitas dari sebuah sistem mengingat tingkat kedetailan dalam perancangan, pembuatan dan pengelolaan (3P) sangat tinggi di luar kemampuan seorang individu biasa. 

maaf kalo salah

semoga membantu


13. hal yang menyebabkan kekompleksitasan pada prosedur adalah


vajaiaoapqiwieueyetgsgsjakallmzmznxnxbdhsj

14. Kompleksitas tu kan artinya rumit. Nah Komunikasi yang rumit tu sering terjadi atau tidak ? Trus apa kaitan kompleksitas tu dengan sosiologi komunikasi


Jawaban:

Contoh Komunikasi Primer dan Sekunder

Contoh Komunikasi Primer

Melakukan penatapan terhadap mata lawan bicara yang dimana kemudian akan sedang mealkukan sebuah diskusi yang idmana kemudian akan dianggap cukup serius.

Melakukan penggandengan tehradap adik yang dimana kemduian pada saat sedang melakukan penyebrangan jalang.

Memberikan senyuman kepada orang asing yang idman akemudian berada di tempat umum sebagai sebuah bentuk akan sebagai wujud dari sopan santun.

Melakukan pemberian makanan siang kepada orang yang dimana sedang melakukan kegiatan minta meminta yang berada di daerah pinggir jalan.

Contoh Komunikasi Sekunder

Melakukan telepon kepada keluarga yang dimana kemudian akan berada di daerah luar kota guna untuk menanyakan kabar yang ada.

Memberikan kiriman kepada barang yang dimana akan diberikan kepada penerima dengan melalui kantor pos.

Penjelasan:

semoga membantu


15. Apa arti dari kompleksitas?


Arti: kerumitan; keruwetan

contoh: 'saya tidak mempunyai kompleksitas kejiwaan dengan terlalu curiga terhadap orang lain'


16. Penyebab terjadinya kompleksitas permasalahan yang terjadi di masyarakat adalah.......a. Tidak dapat dilepaskan dari masa lalunyab. Terlepas dari akar budayanya sendiric. Terdiri dari kumpulan individu yang memiliki pemikiran masing-masingd. Terikat dengan berbagai aturan yang bersifat memaksae. Terus mengalami perkembangan secara konstan ​


Jawaban:

Penjelasan:

c. Terdiri dari kumpulan individu yang mempunyai pemikiran berbeda/masing-masing.

Karena setiap individu memiliki keinginan dan pendapatnya masing-masing, sehingga permasalahan yang sedang ditangani semakin bercabang dan akan semakin lama untuk dipecahkan.

Pembahasan

Permasalah sosial merupakan ketidaksesuaian antara kenyataan sosial  dengan unsur-unsur sosial masyarakat yang ada serta menjadi pengaruh kelompok masyarakat.

Faktor permasalahan sosial, sebagai berikut:

1. Faktor ekonomi

Contoh pengangguran, kemiskinan dan lain-lain.

2. Faktor budaya

Contoh kenakalan remaja, bullying, perceraian, dan lain-lain.

3. Faktor biologis

Contoh penyakit keracunan makanan busung lapar, menular, dan lain-lain.

4. Faktor psikologis

Contoh penyakit syaraf, trauma, dan lain-lain.

Cara untuk mengatasi masalah sosial, sebagai berikut:

Dapat meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan.Dapat meningkatkan pemerataan pembangunan atau fasilitas publik.Dapat meningkatkan kesadaran sosial.Dapat menyediakan lapangan kerja yang banyak.Dapat diberikan sanksi sosial.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang upaya penanggulangan masalah sosial brainly.co.id/tugas/25916159

materi tentang dampak masalah sosial brainly.co.id/tugas/7610100

materi tentang ilmu sosiologi brainly.co.id/tugas/31744865

------------------------------------------------------------Detail jawaban

Kelas: 11 - SMA

Mapel: Sosiologi

Bab: Permasalahan Sosial dalam Masyarakat

Kode: -

Kata kunci: faktor yang menjadi penyebab permasalahan sosial, definisi permasalah sosial, cara untuk mengatasi permasalahan sosial.

AJ.


17. Permasalahan, tantangan, situasi yang kompleks adalah kondisi umum yang ditemui dalam menjalankan pekerjaan. berikan contoh pengalaman anda dalam menghadapi situasi yang paling menantang, kompleks atau sulit saat menjalankan tugas anda. kapan waktu kejadiannya? permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang anda hadapi saat itu? gambarkan secara jelas!


Jawaban:

tantangan

-saat di suruh naik bukit tinggi dan itu sangat menakutkan sekaligus tantangan .

waktu iti saat saya kelas 5 sd .

itu tantangan yang sulit .

permasalahan

-saat itu saya tidak mau menyapu ,dan saya di marahi oleh teman hingga guru .

pada saat wakyu SD

itu kompleks

Situasi

-saat itu saya dan teman inhin di suntik ,dan itu sangat menakutkan .

pada waktu SD/SMP.

itu sangat sulit bagi saya .

SEMOGAMEMBANTU


18. hal yang menyebabkan kekompleksitasan pada prosedur adalah.?


ketika seseorang melakukan pelanggaran

19. Penyebab dari kompleksitas permasalahan yang terjadi di masyarakat adalah.. a. tidak dapat dilepaskan dari masa lalunya b. terlepas dari akar-akar budayanya sendiri c. terdiri dr kumpulan individu yg memiliki pemikiran masing-masing d. terikat dengan berbagai aturan yang bersifat memaksa e. mengalami terus menerus perkembanyan secara konstan


b terlepas dari akar akar budayanya sendiri
klo ngak salah

20. Sebutkan tiga permasalahan kependudukan yang dimunculkan dari kompleksitas dinamika penduduk​


Jawaban:

1. Persebaran penduduk yang tidak merata

Luasnya wilayah yang dimiliki Indonesia tidak sebanding dengan pemerataan penduduknya. Ada daerah yang sangat padat, namun ada juga daerah yang sangat jarang penduduknya. Jakarta sebagai ibukota memiliki pertambahan jumlah penduduk yang signifikan setiap tahunnya. Hal ini tidak sebanding dengan kota-kota di wilayah timur yang jumlah penduduknya masih sangat sedikit di beberapa wilayah. Maka dari itu, saat ini pemerintah juga sedang menggalakkan program transmigrasi demi persebaran penduduk yang lebih merata.

2. Jumlah penduduk yang besar

Menurut berbagai hasil riset, Indonesia menduduki urutan keempat negara terbanyak jumlah penduduknya setelah Cina, India, dan Amerika Serikat. Hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah Indonesia untuk menjamin kesejahteraan jumlah penduduk sebanyak ini dengan kondisi ekonomi sebagai negara berkembang.

3. Pertumbuhan penduduk yang tinggi

Jumlah penduduk Indonesia yang sudah sangat banyak ini diperkirakan akan terus bertambah karena pertumbuhan jumlah penduduk yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh angka kelahiran lebih tinggi dibandingkan dengan angka kematian. Pemerintah juga berupaya untuk meminimalisasinya dengan menggalakkan program Keluarga Berencana. Namun berita baiknya, jumlah golongan usia produktif juga akan selalu bertambah untuk membantu menggerakkan perekonomian negara.

4. Kualitas penduduk rendah

Saat ini, Indonesia masih bermasalah dengan tingkat pendidikan. Tingkat pendidikan yang rendah akan mempengaruhi kualitas penduduknya. Masyarakat Indonesia menjadi kurang memiliki keahlian dan keterampilan dalam bekerja. Hal ini berdampak pada sulitnya masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya. Selain itu, masyarakat Indonesia menjadi kalah bersaing dengan tenaga asing yang saat ini sudah banyak bekerja di tanah air kita.

5. Tingginya tingkat ketergantungan

Penduduk yang tidak bekerja disebut penduduk yang tidak produktif. Umumnya penduduk yang tidak bekerja adalah yang telah berusia lanjut atau masih anak-anak dan remaja yang juga disebut usia nonproduktif. Penduduk nonproduktif menggantungkan hidupnya pada penduduk produktif. Karena usia nonproduktif tinggi, maka tingkat ketergantungannya juga cukup tinggi. Golongan usia produktif menanggung terlalu banyak beban ekonomi dari penduduk usia nonproduktif ini.

6. Kepadatan penduduk

Beberapa kota besar di Indonesia tergolong sangat padat jika dibandingkan dengan luas wilayahnya. Tingginya kepadatan penduduk ini menyebabkan masalah-masalah sosial seperti pengangguran, kemacetan, kemiskinan, rendahnya pelayanan kesehatan, meningkatnya angka kriminalitas, pemukiman kumuh, lingkungan tempat tinggal yang tidak sehat, dan lain sebagainya.


Video Terkait


Post a Comment

0 Comments