Pertanyaan Tentang Manajemen Organisasi


Pertanyaan Tentang Manajemen Organisasi

Pertanyaan menyangkut Teori Organisasi 1. Jelaskan model teori organisasi, manajemen dan perilaku organisasi !

Daftar Isi

1. Pertanyaan menyangkut Teori Organisasi 1. Jelaskan model teori organisasi, manajemen dan perilaku organisasi !


Jawaban:

jawabanya di gambar ya

follow ya

Jawaban:

Teori organisasi merupakan sebuah teori untuk mempelajari kerjasama pada setiap individu. Hakekat kelompok dalam individu untuk mencapai tujuan beserta cara-cara yang ditempuh dengan menggunakan teori yang dapat menerangkan tingkah laku, terutama motivasi, individu dalam proses kerjasama.


2. Mengapa suatu organisasi membutuhkan manajemen? Jelaskan hubungan organisasi dan manajemen?


Karena manajemen merupakan dasar penting dari pelaksanaan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan. jika suatu organisasi tidak memiliki manajemen maka organisasi tersebut tidak akan berjalan dan tidak akan terstruktur dengan baik.


3. Definisikan Manajemen dan Organisasi serta mengapa manajemen diperlukan dalam sebuah organisasi ! Jelaskan.​


Jawaban:

manajemen adalah proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol pada sumber daya agar tujuan tercapai secara efektif dan efisien.

organisasi dapat diartikan sebagai dua atau lebih orang yang berada di dalam satu wadah yang sama dan memiliki satu tujuan.

manajemen diperlukan dalam sebuah organisasi agar tujuan yang telah ditetapkan dalam organisasi dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Penjelasan:

maaf kalau salah


4. Kenapa harus ada manajemen di dalam organisasi


karna manajemen mempunyai peran penting dalam organisasi yaitu mengatur sgla sesuatu yg ada dlm organisasi,tanpa adanya manajemen sgla nya pun mnjadi tak teratur

5. organisasi dalam manajemen​


Jawaban:

aku tidak tahu

Penjelasan:

maaf kalo salah:)


6. Mana yang lebih dahulu ada manajemen atau organisasi ?


Jawaban:

yg lbh dahulu ada yaitu manajemen


7. defenisikan manajemen dalam organisasi


Manajemen dalam organisasi iyalah suatu rangkaian aktivitas yang didalamnya adalah perencanaan , pengambilan keputusan , pengorganisasian , kepemimpinan , serta pengendalian yang diarahkan pada sumber daya(resource) untuk mencapai tujuan dengan efektif serta efisien.

8. apa saja manfaat manajemen bagi organisasi?


agar dapat mengatur semua pekerjaan dalam organisasiManfaat manajemen dalam organisasi adalah mengatur tugas anggota-anggota organisasi, dan memberikan masukan semacam program-program yang ingin di buat.

9. Manajemen dan organisasi


1. Manajemen
a. Pengertian dan peranan manajemen
Manajemen adalah suatu seni dan ilmu perencanaa, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu atau sebelumnya.

c. Fungsi dan proses manajemen
Proses manajemen adalah serangkaian keputusan dan kegiatan kerja yang terus menerus dimana manajer terlibat sewaktu mereka merencana, mengorganisasi, mengarahkan, mengkordinasi dan mengawasi.
Fungsi manajemen merupakan perincian dari kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam mengelola perusahaan. Fungsi manajemen menurut GR Jerry yang terdiri dari:
1. Planning
2. Organizing
3. Actuating
4. Controlling

1. Planning (Perencanaan)
kegiatan yang berhubungan untuk mencapai tujuan.
2. Organizing (Pengorganisasian)
Kegiatan yang berhubungan dengan mengatur manusia atau karyawan atau pegawai.
3. Actuating (Penggerakan)
Kegiatan yang berhubungan dengan memotivasu atau memberi semangat kepada karyawan atau pegawai.
4. Controlling (Pengawasan)
Kegiatan yang berhubungan dengan mengendalikan atau mengawasi setiap pekerjaan serta melakukan tindakan koreksi.


2. Organisasi
a. Definisi organisasi
Organisasi merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi menajemen yang dilakukan seorang pemimpin dengan organisasi.
Definisi organisasi mencakup 3 elemen pokok:
1. Interaksi manusia
2. Kegiatan yang mengarah kepada tujuan
3. Struktur organisasi itu sendiri
b. Pentingnya mengenal organisasi
Semakin ketat persaingan didalam dunia Global ini sangat penting bagi kita untuk mengenal yang namanya organisasi, pada dasarnya organisasi itu ditandai dengan adanya sharing atau yang biasa dibilang salah tukar pikiran demi tercapainya suatu tujuan. Dengan sharing kita dapat mengenal dan memahami tiap individu didalam kelompok sehingga kita dapat menbagi tanggung jawab anggota didalam sebuah organisasi.

c. Bentuk-bentuk organisasi
1. Organisasi lini/garis
Organisasi yang didalamnya terdapat wewenang yang menghubungkan langsung secara vertikal antara atasan ke bawahan.
Ciri-ciri organisasi ini:
– Karyawan sedikit
– Manajer hanya sebagai pelaksana
– Sarana dan alatnya terbatas
– hubungan atasan dan bawahan bersifat langsung
– Pemilik perusahaan adalah sebagai top manajer
2. Organisasi fungsional
Suatu organisasi dimana wewenang dari pemimpin tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.
Ciri-ciri organisasi ini:
– Organisasi kecil
– Didalamnya terdapat kelompok-kelompok kerja staff ahli
– Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
– Target yang hendak dicapai jelas dan pasti
– Pengawasan dilakukan secara ketat
3. Organisasi lini dan staff
Suatu organisasi dimana pelimpahan wewenang berlangsung secara bertikal.
Ciri-ciri organisasi ini:
– Hubungan atasan dan bawahan tidak seluruhnya secara langsung
– Karyawan banyak
– Organisasi besar
– Ada dua kelompok kerja dalam organisasi:
a. Personal lini
b. Personel staff
4. Organisasi fungsional dan garis
Bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kelapa bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian tertentu.
Ciri-ciri organisasi ini:
– Tidak tampak adanya pembedaan tugas pokok dan bantuan
– Spesialisasi secara praktis pada pejabat fungsional
– Pembagian kerja dan pelimpahan wewenang tidak membedakan perbedaan tingkat eselon
5. Organisasi matrik
Organisasi matrik disebut juga organisasi proyek yaitu organisasi dimana penggunaan struktur organisasi menunjukan kepada spesialis yang mempunyai keterampilan dimasing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan suatu proyek yang harus diselesaikan. Organisasi ini digunakan khusunya dibidang penelitian dan pengembangan.
6. Organisasi komite
Bentuk organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok pejabat.
Organisasi ini terdiri dari:
1. Pemimpin komite
2. Staff komite

d. Prinsip-prinsip organisasi
1. Perumusan tujuan harus jelas
2. Pembagian kerja
3. Delegasi kekuasaan
4. Rentang kekuasaan
5. Tingkat pengawasan
6. Kesatuan perintah dan tanggung jawab
7. koordinasi

e. Sebab keberhasilan dan kegagalan organisasi
Sebab keberhasilan dan kegagalan organisasi sangan berhubungan dengan para anggotanya. Sebab keberhasilan organisasi kerena adanya kerjasama yang baik antara anggota dalam suatu organisasi, sehingga tercipta keberhasilan didalam organisasi tersebut. Sebab kegagalan organisasi adalah adanya faktor intern dalam organisasi tersebut.

10. manfaat organisasi dan manajemen


manfaat berorganisasi antara lain
-melatih dri untk berkomunikasi dgn org lain
-melatih dri untk dpt bkerja sma
-melatih dri untk brtanggung jwab
-melatih diri untk menjadi pemimpin baik bgi dri sndri maupun bgi org lainAgr lbh dpt bersosialisasi dan mengenal karakter orng luar,
Agr lbh bisa bkrja sma dlm mslh

11. mengapa manajemen di perlukan dalam sebuah organisasi


Jawaban:

Manajemen diperlukan dalam sebuah organisasi karena manajemen sangat berpengaruh untuk meningkatkan dan mengatur tingkat kemajuan dalam sebuah organisasi.

berpengaruh meningkatkan kemajuan sebuah organisasi

12. manajemen tidak hanya sebagai suatu proses yang berkaitan dengan perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan manajemen juga berkaitan dengan orang orang yang melakukan aktivitas tertentu pertanyaan tersebut berkaitan dengan pengertian manajemen sebagai


Planning adalah bagaimana perusahaan menetapkan tujuan yang diinginkan dan kemudian menyusun rencana strategi bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut.


13. mengapa manajemen dibutuhkan dalam suatu organisasi


Dengan adanya sistem managemen sebuah organisasi akan berjalan sesuai dengan pedoman dan tujuan yang jelas. Jika tidak, sebuah oraganisasi tersebut tidak akan berhasil dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam organisasi menagemen juga berfungsi untuk mengatur ketertiban yang seharusnya ada dalam perusahaan. Baik dari struktur organisasi, kinerja pegawai, pencapaian atau target.

14. Fungsi manajemen dalam organisasi


Fungsi manajemen dlm organisasi diantaranya mengontrol bagaimana organisasi tsb berjalan apakah sesuai dgn aturan atau tidak..manajemen jg mengarahkan organisasi dlm kegiatan rutinnya agar organisasi tsb tepat sasaran dan bs mendatangkan keuntungan..Fungsi managemen dalam organisasi yaitu
1. Planning (Perencanaan)
2. Organizing (pengorganisasian)
3. Actuating (Implementasi/pergerakan)
4. Controlling (pengawasan)

15. Bagaimana manajemen dalam organisasi-organisasi yang ada di papua saat ini​


Penjelasan:

Organisasi Papua Merdeka di singkat (OPM) adalah sebuah organisasi yg didirikan pada tahun 1965 untk mengakhir pemerintah provinsi Papua.


16. Bagaimana manajemen dalam organisasi-organisasi yang ada di papua saat ini​


Jawaban:

Organisasi Papua Merdeka (disingkat OPM) adalah sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1965 untuk mengakhiri pemerintahan Provinsi Papua dan Papua Barat yang saat ini di Indonesia, yang sebelumnya dikenal sebagai Irian Jaya, dan untuk memisahkan diri dari Indonesia.


17. pengorganisasian manajemen


1.delegasi wewenang
2.pembagian kekuasaan/kinerja
3.pengelompokan karyawan

18. mengapa lingkungan manajemen atau organisasi perlu dipahami dalam manajemen organisasi bisnis​


Jawaban:

Lingkungan organisasi adalah semua unsur dari dalam maupun luar organisasi yang dapat mempengaruhi sebagian atau keseluruhan suatu organisasi. Merupakan suatu kondisi yang berada di dalam organisasi yang dapat mempengaruhi. Meliputi: Karyawan, manajer, dan budaya organisasi.

Jawaban:

karena itu sangat penting


19. mengapa manajemen dibutuhkan dalam suatu organisasi


untuk mengatur dan mempimpin suatu organisasi sehingga bisa mencapai tujuan bersama yang belum dicapai sebelumnya

20. dalam sebuah organisasi jika salah satu dari 6 unsur manajemen tidak ada. Apakah manajemen dalam organisasi tersebut akan berjalan dengan baik ?


Dalam sebuah organisasi jika salah satu dari 6 unsur manajemen tidak ada. Apakah manajemen dalam organisasi tersebut akan berjalan dengan baik? Jawabannya adalah TIDAK, karena unsur manajemen bekerja saling berkaitan satu sama lain, sehingga jika salah satu unsur tidak terpenuhi maka organisasi tersebut tidak dapat berjalan dengan baik.

Pembahasan

Manajemen bisnis pada sebuah organisasi merupakan hal yang sangat penting, dalam sebuah organisasi manajemen dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuan. dengan adanya manajemen bisnis pada suatu organisasi maka akan dengan mudah organisasi itu mengatur dan mencapai tujuannya.

Manajemen digunakan untuk mengelola suatu persoalan yang sebelumnya belum tersusun rapi, menjadi lebih rapi karena manajemen digunakan untuk mempermudah dalam mengatur banyak hal, terutama dalam pekerjaan di sebuah organisasi atau perusahaan. secara umum, fungsi manajemen terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengendalian.

Dan unsur-unsur manajemen terdiri dari :

Human (Manusia)Money (Uang)Materials (Barang)Machine (Mesin)Methods (Metode)Market (Pasar)

DAri masing-masing unsur manajemen ini merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan, artinya jika salah satu unsur dalam manajemen tersebut tidak dapat terpenuhi, maka jalannya manajemen tidak akan sempurna, sehingga untuk mencapai tujuan organisasi sangat sulit.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang ilmu manajemen brainly.co.id/tugas/3104732

2. Materi tentang kegiatan perekonoimian suatu negara brainly.co.id/tugas/9566512

3. Materi tentang konsep ilmu manajemen brainly.co.id/tugas/18241956

---------------------------------------------

Detil Jawaban

Kelas ; X (1 SMA)

Mapel : Ekonomi

Bab : Konsep Manajemen

Kode : 10.12.6

Kata Kunci : Manajemen, Organisasi. Unsur Manajemen.


Video Terkait


Post a Comment

0 Comments