Teori Yang Melandasi Pendidikan Sd

Ada 3 teori yang melandasi pendidikan sehubung dengan perkembangan manusia sebutkan dan berilah penjelasan singkat

1. Ada 3 teori yang melandasi pendidikan sehubung dengan perkembangan manusia sebutkan dan berilah penjelasan singkat


Jawaban:

bayi .balita.remaja.tua


2. tuliskan 3 teori yang melandasi teori tektonik!​


Jawaban:

3 teori sebagai berikut:

Penjelasan:

Bukti 1: Kesesuaian Kontinen

Bukti yang paling kuat tentang adanya kesesuaian antara Amerika Selatan dan Afrika telah dikemukakan oleh Sir Edward Bullard dan kawan-kawanya pada tahun 1960-an. Bukti tersebut berupa peta yang digambar dengan menggunakan bantuan komputer, dimana datanya diambil dari kedalaman 900 meter di bawah muka air laut.

Bukti 2: Fosil

Fosil-fosil yang diajukan oleh Wegener untuk mendukung teorinya, adalah :  

Fosil tumbuhan "Glassopteria" yang ditemukan menyebar secara luas di benua-benua bagian Selatan, seperti Afrika, Australia dan Amerika Selatan. Fosil ini berumur Mesozoikum. Fosil tersebut kemudian ditemukan juga di benua Antartika.

Fosil reptil "Mesosaurus" yang ditemukan di Amerika Selatan Bagian timur dan Afrika bagian Barat.

Bukti 3: Kesamaan Tipe dan Struktur Batuan

Contoh kesamaan batuan yang ditemukan adalah : Busur Pegunungan Appalachian yang berarah timurlaut dan memanjang sampai ke bagian timur Amerika Serikat, yang tiba-tiba menghilang di bagian pantai Newfoundland. Pegunungan yang mempunyai umur dan struktur yang sama dengan pegunungan di atas, ditemukan di Greendland dan Eropa Utara. Jika kedua benua Amerika dan Benua Eropa (lihat Peta Benua Eropa) disatukan kembali, maka pegunungan di atas juga akan bersatu menjadi satu rangkaian pegunungan.


3. laporan percobaan harus dilandasi dengan teori,apa manfaat teori?


Agar kita lebih paham tentang apa yg dikerjakan dan lebih masuk akal atau logika.

Sekedar membantu..

Maaf kalau salah

Jawaban:

mengetahui cara praktik secara langsung dengan cara memahami dan mengerti teori2 tersebut guna bagus atau lancar dalam praktik langsung


4. Hal yang melandasi pendidikan kewarganegaraan


Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Pendidikan Kewarganegaraan harus memberikan perhatiannya kepada pengembangan nilai, moral, dan sikap perilaku siswa. Misi dari Pendidikan Kewarganegaraan sendiri adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Sejatinya, Pendidikan Kewarganegaraan adalah studi tentang kehidupan kita sehari-hari, mengajarkan bagaimana menjadi warga negara yang baik, warga negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia.



Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi adalah kelanjutan dari study sebelumnya. Di Perguruan Tinggi diajarkan lebih mendetail sampai ke akar-akarnya. Apalagi jika mengambiljurusan PKn. Dasar mengapa Pendidikan Kewarganegaraan diajarkan sampai tingkat Perguruan Tinggi adalah Pasal 37 ayat (1) dan (2)UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan wajib dimuat dalam kurikulum pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.



Berdasarkan Pasal 3 Keputusan Dirjen Dikti No. 43/Dikti/2006 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi, Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) yang dirancang untuk memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antar warga negara serta pendidikan pendahuluan bela negara sebagai bekal agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.



Dalam jurusan Pendidikan Kewarganegaran sendiri, memuat materi mengenai hukum dan politik yang ada dan berkembang. Mahasiswa diajarkan untuk menjadi lebih demokratis, lebih kritis terhadap masalah-masalah yang sedang terjadi baik di dalam maupun di luar negeri. Tidak hanya teori saja yang diberikan, namun juga memberikan sentuhan moral dan sikap sosial. Menyaring budaya dari luar agar sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia yaitu pancasila.



Memahami mata kuliah Pendidikan Kewarganegaaraan adalah salah satu upaya untuk membangkitkan kembali semangat kebangsaan generasi muda, khususnya mahasiswa dalam menghadapi pengaruh globalisasi dan mengukuhkan semangat bela negara. Tujuannya adalah untuk memupuk kesadaran cinta tanah air, mengetahui tentang hak dan kewajiban dalam usaha pembelaan negara, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.


Maaf kalau salah

5. Apa fakta yang melandasi teori atom bohr ?


Niels bohr nengajukan atom bohr ini pada tahun 1915 karena model atom bohr merupakan pengembangan dari model atom rutherford, beberapa ahli kimia menyebutnya dengan teori atom rutherford-bohr. Model atom bohr berbentuk seperti tata surya, dengan elektron yang berada di lintasan peredaran (orbit) mengelilingi inti bermuatan positif yang ukurannya sangat kecil

6. jelaskan tentang teori nusantara dan argumen yang melandasinya !


teori nusantara menjelaskan bahwa asal usul manusia purba di indonesia berasal dari indonesia sendiri  wilayah Nusantara ini tidak berasal dari luar, melainkan dari wilayah Nusantara itu sendiri. Mengikuti sudut pandang Multiregional Evolution Model, teori nusantara menyatakan bahwa manusia purba menjadi nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri. Pendukung teori Nusantara adalah Mohammad Yamin, J. Crawford, K. Himly, Sutan Takdir Alisjahbana dan Gorys Keraf.


Berikut adalah argumen yang melandasi teori Nusantara.

1.Bangsa Melayu merupakan bangsa yang berperadaban tinggi. Peradaban tidak mungkin dapat dicapai apabila tidak melalui proses perkembangan dari kebudayaan sebelumnya.
2.Bahasa Melayu memang memiliki kesamaan dengan bahasa Champa (Kamboja), namun persamaan tersebut hanyalah suatu kebetulan saja.
3.Adanya kemungkinan bahwa orang Melayu adalah keturunan dari Homo soloensis dan Homo Wajakensis.
4.Adanya perbedaan bahasa antara bahasa Austronesia yang berkembang di Nusantara dengan bahasa Indo-Eropa yang berkembang di Asia Tengah.


7. Jika seorang guru SMK akan mengimplementasikan pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas peserta didik, Teori-teori belajar apa yang melandasi pembelajaran tersebut. sebaiknya guru mengunakan pendekatan dan metode pembelajaran apa? ​


Jawaban:

Metode Diskusi

Cara pembelajaran dengan guru memberikan suatu permasalahan untuk dipecahkan bersama oleh peserta didik.


8. Kemukakan beberapa argumen yang melandasi teori nusantara


1. bangsa melayu merupakan bangsa yang berperadaban tinggi
2. bangsa melayu memang memiliki kesamaan bahasa dengan bahasa         champa kamboja
3. adanya kemungkinan bahwa bangsa melayu merupakan keturunan dari homo soloensis dan homo wajakensis
4. adanya perbedaan bahasa antara bahasa austronesia dengan indo-eropa

9. Tuliskan 3 teori yang melandasi teori tektonik lempeng beserta contohnya


1) Teori Alferd Weigener

Contoh : Pulau madagascar menjauhi benua Afrika 9m per tahun

2) Teori Decrates

Contoh : Dunia pertama dari Pangea , lalu terbelah jadi 2 : Laurasia dan Gondwana

3) Teori Edward Suezz

Lanjutan dari teori decrates


10. teori yang melandasi teknik kuitur jaringan adalah


Teori Totitopensi

GoodLuck

11. hal hal yang melandasi pendidikan kewarganegaraan


pancasila dan uud 1945

12. Tuliskan 3 teori yang melandasi teori tektonik lempeng


Lapisan terluar bumi terbuat dari suatu lempengan tipis dan keras yang masing-masing saling bergerak relatif terhadap yang lain. Gerakan ini terjadi secara terus-menerus sejak bumi ini tercipta hingga sekarang." 

Lempeng tektonik terbentuk oleh kerak benua (continental crust) ataupun kerak samudra (oceanic crust), dan lapisan batuan teratas dari mantel bumi (earth's mantle). Kerak benua dan kerak samudra, beserta lapisan teratas mantel ini dinamakan litosfer. Kepadatan material pada kerak samudra lebih tinggi dibanding kepadatan pada kerak benua. Demikian pula, elemen-elemen zat pada kerak samudra (mafik) lebih berat dibanding elemen-elemen pada kerak benua (felsik). 

Di bawah litosfer terdapat lapisan batuan cair yang dinamakan astenosfer. Karena suhu dan tekanan di lapisan astenosfer ini sangat tinggi, batu-batuan di lapisan ini bergerak mengalir seperti cairan (fluid). 

Litosfer terpecah ke dalam beberapa lempeng tektonik yang saling bersinggungan satu dengan lainnya. Berikut adalah nama-nama lempeng tektonik yang ada di bumi, dan lokasinya bisa dilihat pada Peta Tektonik. 

Teori Lempeng Tektonik muncul sejak tahun 1960-an, dan hingga kini teori ini telah berhasil menjelaskan berbagai peristiwa geologis, seperti gempa bumi, tsunami, dan meletusnya gunung berapi, juga tentang bagaimana terbentuknya gunung, benua, dan samudra. 


13. tuliskan 3 teori yang melandasi teori tektonik beserta contohnya​


Tiga teori yang melandasi teori tektonik beserta contohnya adalah:

⇒ Teori Arus Benua (Continental Drift)

⇒ Teori Arus Konveksi (Convection Current)

⇒ Teori Perkembangan Lantai Dasar Samudera (Sea Floor Growth)

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini, sahabat Brainly! :)

Pembahasan

Teori Tektonik Lempeng (Tectonic Plates) pertama kali muncul berkat dua orang ahli Geofisika yang berasal dari Inggris, yaitu D. McKenzie dan Robert L. Parker pada tahun 1967.

Tiga teori dasar yang melandasi teori Tektonik Lempeng yaitu:

a. Teori Arus Benua (Continental Drift)

⇒ merupakan teori yang dikemukakan oleh Alfred Wegener pada tahun 1912 yang menyatakan bahwa "dulunya seluruh benua yang ada sekarang saling menempel dan berupa benua besar yang disebut Pangea".

b. Teori Arus Konveksi (Convection Current)

⇒ teori Konveksi dikemukakan oleh Arthur Holmes dan Harry H. Hess dan dikembangkan lebih lanjut oleh Robert Diesz. Teori ini menyatakan bahwa "perpecahan benua dan pergerakan lempeng diakibatkan oleh pergerakan karena adanya arus konveksi yang berasal dari lapisan astenosfer Bumi".

c. Teori Perkembangan Lantai Dasar Samudera (Sea Floor Growth)

⇒ teori ini mengemukakan bahwa adanya pembentukan punggungan yang memanjang di dasar samudera Bumi.

Semoga jawabannya cukup membantu! :)

----------------------------------

Pelajari lebih lanjut  

Yuk, pelajari juga materi lainnya di link berikut ini!

1. Teori  konveksi

brainly.co.id/tugas/21353186

2. Teori kontraksi

brainly.co.id/tugas/19027958

-------------------------  

Detil jawaban  

Kelas: 10 SMA  

Mapel: Geografi  

Bab: Dinamika Planet Bumi dan Tata Surya  

Kode: 10.8.3  

Kata kunci:  tiga teori dasar landasan teori lempeng tektonik, teori arus konveksi, teori lantai dasar samudera


14. Kemukakan argumen yang melandasi teori Nusantara tersebut!


Jawaban:

Berikut adalah argumen yang melandasi teori Nusantara.1. Bangsa Melayu merupakan bangsa yang berperadaban tinggi. Peradaban tidak mungkin dapat dicapai apabila tidak melalui proses perkembangan dari kebudayaan sebelumnya.

2. Bahasa Melayu memang memiliki kesamaan dengan bahasa Champa (Kamboja), namun persamaan tersebut hanyalah suatu kebetulan saja.

3. Adanya kemungkinan bahwa orang Melayu adalah keturunan dari Homo soloensis dan Homo Wajakensis.

4. Adanya perbedaan bahasa antara bahasa Austronesia yang berkembang di Nusantara dengan bahasa Indo-Eropa yang berkembang di Asia Tengah.


15. hal apa saja yang melandasi pendidikan kewarganegaraan


kepedulian dan kebersamaan

16. teori yang melandasi munculnya model atom mekanika kuantum adalah teori


disusun oleh Erwin Scrodinger(1926). Dengan prinsip dualisme materi dan Prince Louis de Broglie 

17. Teori yang melandasi model pembelajaran tematik


Jawaban:Teori yang melandasi model pembelajaran tematik:

Penjelasan:

1.Teori perkembangan jean piaget,

2.Teori pembelajaran konstruktivisme,

3.Teori vygotsky,

4.Teori bandura,dan

5.Teori bruner.


18. Kemukakan beberapa argumen yang melandasi teori nusantara


Berikut adalah argumen yang melandasi teori Nusantara.1. Bangsa Melayu merupakan bangsa yang berperadaban tinggi. Peradaban tidak mungkin dapat dicapai apabila tidak melalui proses perkembangan dari kebudayaan sebelumnya.
2. Bahasa Melayu memang memiliki kesamaan dengan bahasa Champa (Kamboja), namun persamaan tersebut hanyalah suatu kebetulan saja.
3. Adanya kemungkinan bahwa orang Melayu adalah keturunan dari Homo soloensis dan Homo Wajakensis.
4. Adanya perbedaan bahasa antara bahasa Austronesia yang berkembang di Nusantara dengan bahasa Indo-Eropa yang berkembang di Asia Tengah.

19. Apa yang melandasi pendidikan jasmani di indonesia


A. Latar Belakang
Kinesiology adalah ilmu yang mempelajari gerak atau the science human movement yang diaplikasikan dan menjelaskan tentang gerak tubuh manusia kemudian ilmu ini dapat diaplikasikan terhadap prinsip-prinsip mekanik dalam gerak manusia yang disebut biomekanika atau biomekanik kinesiology sedangkan aplikasi anatomi dalam gerak manusia disebut anatomi kinesiology.
Pendidikan jasmani yang berorientasi pada developmental education mengarahkan kegiatan anak melalui pemenuhan kebutuhan keterampilan pada diri anak. Disamakan dengan tahap perkembangan fisik dan mentalnya, setiap kelompok anak diarahkan pada keterampilan gerak yang dibutuhkan anak. Misalnya, bagi anak usia dibawah lima tahun, perlu dikembangkan kemampuan pengaturan tubuhnya dan bagi anak usia diatasnya perlu dikembangkan keterampilan dasarnya. Sementara bagi anak yang lebih dewasa diarahkan pada keterampilan-keterampilan khususnya, seperti yang dikembangkan dalam cabang-cabang olah raga tertentu.
Keterampilan yang terspesialisasi adalah keterampilan yang digunakan dalam cabang olahraga dan wilayah pendidikan jasmani lainnya. Keterampilan ini meliputi kegiatan dengan peralatan (misalnya senam alat), gerakan-gerakan akrobatik, tari-tarian, serta permainan khusus atau tempat seperti sepak bola, bola voli, bola basket dan lain-lain.
Untuk kemudahan pembahasannya, dalam modul ini keterampilan dasar dibagi dalam tiga bagian.
a. Keterampilan lokomotor
b. Keterampilan non-lokomotor
c. Keterampilan manipulatif
B. Tujuan
Menumbuhkan dan mengembangkan pemahaman kognitif tentang bagaimana dan mengapa suatu keterampilan gerak berlangsung demikian.
C. Ruang Lingkup
Berdasarkan pola pertumbuhan perkembangan anak serta berbagai karakteristik :
1. Kemampuan pengelolaan tubuh
2. Keterampilan-keterampilan dasar
3. Keterampilan-keterampilan khusus yang terspesialisasi

20. Apa saja alasan yang melandasi lahirnya teori mekkah?


Jawaban:

dibawa olh nabi

Penjelasan:

biar pintar


Video Terkait