konsep belajar menurut teori behavioristik, kogntivistik dan konstruktivistik.
1. konsep belajar menurut teori behavioristik, kogntivistik dan konstruktivistik.
Jawaban:
Prinsip-Prinsip dalam Teori Behavioristik
a) Obyek psikologi adalah tingkah laku.
b) Semua bentuk tingkah laku di kembalikan pada reflek.
c) Mementingkan pembentukan kebiasaan.
d) Perilaku nyata dan terukur memiliki makna tersendiri.
e) Aspek mental dari kesadaran yang tidak memiliki bentuk fisik harus dihindari.
prunsip teori kogntivistik
Belajar adalah proses mental bukan behavioral
Belajar adalah proses mental bukan behavioralb) Siswa aktif sebagai penyadur
Belajar adalah proses mental bukan behavioralb) Siswa aktif sebagai penyadurc) Siswa belajar secara individu dengan pola deduktif dan induktif
Belajar adalah proses mental bukan behavioralb) Siswa aktif sebagai penyadurc) Siswa belajar secara individu dengan pola deduktif dan induktifd) Instrinsik motivation, sehingga tidak perlu stimulus
Belajar adalah proses mental bukan behavioralb) Siswa aktif sebagai penyadurc) Siswa belajar secara individu dengan pola deduktif dan induktifd) Instrinsik motivation, sehingga tidak perlu stimuluse) Siswa sebagai pelaku untuk menuntun penemuan
Belajar adalah proses mental bukan behavioralb) Siswa aktif sebagai penyadurc) Siswa belajar secara individu dengan pola deduktif dan induktifd) Instrinsik motivation, sehingga tidak perlu stimuluse) Siswa sebagai pelaku untuk menuntun penemuanf) Guru memfasilitasi terjadinya proses insight.
proses konstruktivistik
Setiap siswa perlu dimotivasi oleh guru agar merasa bahwa belajar merupakan suatu kebutuhan, dan bukan sebaliknya sebagai beban
Setiap siswa perlu dimotivasi oleh guru agar merasa bahwa belajar merupakan suatu kebutuhan, dan bukan sebaliknya sebagai bebanPembelajaran hendaknya dimulai dari hal-hal yang konkrit ke hal-hal yang abstrak.
Setiap siswa perlu dimotivasi oleh guru agar merasa bahwa belajar merupakan suatu kebutuhan, dan bukan sebaliknya sebagai bebanPembelajaran hendaknya dimulai dari hal-hal yang konkrit ke hal-hal yang abstrak.Setiap usaha mengkonseptualisasikan matari pembelajaran hendaknya diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan siswa belajar.
Setiap siswa perlu dimotivasi oleh guru agar merasa bahwa belajar merupakan suatu kebutuhan, dan bukan sebaliknya sebagai bebanPembelajaran hendaknya dimulai dari hal-hal yang konkrit ke hal-hal yang abstrak.Setiap usaha mengkonseptualisasikan matari pembelajaran hendaknya diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan siswa belajar.Pembelajaran hendaknya dirancang sesuai dengan pengalaman belajar siswa dengan memperhatikan tahap-tahap perkembangannya.
Setiap siswa perlu dimotivasi oleh guru agar merasa bahwa belajar merupakan suatu kebutuhan, dan bukan sebaliknya sebagai bebanPembelajaran hendaknya dimulai dari hal-hal yang konkrit ke hal-hal yang abstrak.Setiap usaha mengkonseptualisasikan matari pembelajaran hendaknya diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan siswa belajar.Pembelajaran hendaknya dirancang sesuai dengan pengalaman belajar siswa dengan memperhatikan tahap-tahap perkembangannya.Materi pelajaran hendaknya dirancang dengan memperhatikan sequencing penyajian secara logis.
Penjelasan:
jadikan yg terbaik dan follow aku y
2. Apa kekurangan dari teori belajar behavioristik
Jawaban:
Teori behavioristik banyak dikritik karena sering kali tidak mampu menjelaskan situasi belajar yang kompleks, sebab banyak variable atau hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan dan/atau belajar yang tidak dapat diubah menjadi sekedar hubungan stimulus dan respon.
Murid cenderung diarahkan untuk berpikir linier, konvergen, tidak kreatif, dan memposisikan murid sebagai murid pasif. Dalam proses belajar mengajar, murid hanya bisa mendengar dan menghafal yang didengarkan. Murid membutuhkan motivasi dari luar dan sangat bergantung pada guru.
3. pembelajaran yang cocok untuk teori belajar behavioristik adalah
Jawaban:
Implementasi teori belajar behavioristik dalam dunia pendidikan ini terlihat dari beberapa contoh. Misalkan: penerapan hukuman membersihkan halaman bagi siswa yang datang ke sekolah terlambat, siswa disuruh lari lapangan jika tidak mengerjakan tugas atau PR. Teori ini cukup menakutkan karena penekanan prinsip pemberian hukuman (punishment), akan tetapi teori ini tak selamanya buruk. Pada kondisi tertentu siswa juga akan mendapatkan penguatan (reinforcement) berupa pujian, hadiah atau penghargaan lainya jika menunjukkan sikap positif dalam pembelajaran. Sehingga, teori behaviorisme dianggap merupakan pilihan metode pembelajaran yang tepat dan dianggap mampu menghasilkan output yang diharapkan.
Jawaban:
Implementasi teori belajar behavioristik dalam dunia pendidikan ini terlihat dari beberapa contoh. Misalkan: penerapan hukuman membersihkan halaman bagi siswa yang datang ke sekolah terlambat, siswa disuruh lari lapangan jika tidak mengerjakan tugas atau PR. Teori ini cukup menakutkan karena penekanan prinsip pemberian hukuman (punishment), akan tetapi teori ini tak selamanya buruk. Pada kondisi tertentu siswa juga akan mendapatkan penguatan (reinforcement) berupa pujian, hadiah atau penghargaan lainya jika menunjukkan sikap positif dalam pembelajaran. Sehingga, teori behaviorisme dianggap merupakan pilihan metode pembelajaran yang tepat dan dianggap mampu menghasilkan output yang diharapkan.
mohon jawabannya jangan di copy
4. Menurut Bapak/Ibu, masalah apa yang mungkin muncul bila dalam suatu proses pembelajaran diterapkan teori belajar behavioristik?
jawabannya adalaaaah tergantung sekolah itu sendiri yang menentukan
5. berikan contoh pembelajaran yang berpijak pada teori behavioristik
Kata Pengantar
Segala puji bagi Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Dengan segala keterbatasan dan kekurangan pengetahuan yang dimiliki, kami mencoba membuat makalah ini dengan judul “Pembelajaran Yang Berpijak Pada Teori Belajar Behavioristik” untuk memenuhi tugas mata kuliah Belajar dan Pembelajaran.
Shalawat serta salam semoga selalu terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW., yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Dosen pengampu bidang studi yang telah memberikan motivasi dan bimbingan kepada kami dalam penyusunan makalah ini, khususnya bagi kami yang masih serba kekurangan dalam pemahaman materi. Kami telah berusaha maksimal untuk menyusun makalah ini dengan sebaik mungkin dan apabila ada kesalahan atau kekurangan dalam makalah ini, kami mohon maaf. Oleh karena itu, segala kritik dan saran demi perbaikan makalah ini sangat kami harapkan. Akhirnya kami menyampaikan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu kami, semoga segala amal baiknya selalu mendapat pahala dari Allah Swt, aamiin.
6. Dalam teori pembelajaran pemrosesan informasi,kognitif(piaget),dan teori behavioristik Teori yang manakah yang paling di kuasai oleh peserta didik?
teoiri yang di kuasai oleh seorang peserta didik adalah teori kognitif .Teori behavioristik
Kebanyakan peserta didik (termasuk saya) lebih mementingkan sebuah perubahan dari suatu pengalaman. Jadi kita belajar dari pengalaman, tentang apapun yang menurut kita perlu diperbaiki dalam kehidupan.
Kognitif tersebut mungkin sangat bertolak belakang dengan pelajar saat ini. Kebanyakan pelajar lebih mementingkan hasil daripada proses. Kebanyakan pelajar mencontek dalam ulangan hanya menginginkan hasil yang terbaik dengan cara apapun.
Jadi kesimpulannya, yang paling dikuasai ialah Teori behavioristik
7. teori belajar Behavioristik menurut ahli
Jawaban:
Teori belajar Behaviorisme
Dalam belajar sebenarnya ada 3 teori besar yang terkenal, yang pertama yakni teori behavioristik. Penjelasan dari sebuah teori yang di kemukakan oleh ahli psikoloki Gage dan Berliner ini memiliki arti tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman, bisa dikatakan bahwa belajar merupakan perubahan berdasarkan pengalaman. Tokoh-tokoh aliran behavioristik di antaranya adalah Thorndike, Watson, Clark Hull, Edwin Guthrie, dan Skinner.
Teori ini juga berkembang menjadi aliran psikologi khusus untuk belajar yang nantinya akan berpengaruh pada perkembangan baik teori maupun praktek dalam pendidikan dan pembelajaran, untuk itulah dikenal sebagai aliran yang membentuk perilaku sebagai hasil belajar atau behavioristik.
Teori behavioristik erat kaitannya dengan model hubungan stimulus-responnya, mendudukkan orang yang belajar sebagai individu yang pasif atau yang tinggal menerima saja sedangkan respon atau perilaku tertentu dengan menggunakan metode pelatihan atau pembiasaan semata. Munculnya perilaku akan semakin kuat bila diberikan penguatan dan akan menghilang bila dikenai hukuman.
Penjelasan:
Jadikan Jawaban Terbaik yaa kak
8. Jelaskan karakteristik teori belajar behavioristik, clasical conditioning, teori daya, teori gestalt, teori belajar kognitif
tanya guru nya jawabanya ketinggalan dirumah coy
9. Menurut Bapak/Ibu, masalah apa yang mungkin muncul bila dalam suatu proses pembelajaran diterapkan teori belajar behavioristik?
Teori behavioristik adalah suatu teori yang didasarkan pada perbedaan tingkah laku atau karakter yang terdapat pada masing-masing pribadi dan menekankan bahwa setiap orang memiliki karakter atau tingkah laku yang berbeda-beda.
PembahasanPada kesempatan ini, soal meminta pendapat kita perihal penerapan proses pembelajaran dengan teori belajar behavioristik. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
JIKA PROSES PEMBELAJARAN DITERAPKAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK, MAKA MASALAH YANG AKAN MUNCUL ADALAH PROSES PEMBELAJARAN YANG MEMAKAN WAKTU JAUH LEBIH LAMA DARIPADA SAAT INI. HAL INI KARENA TENAGA PENDIDIK HARUS MEMASTIKAN BAHWA PROSES BELAJAR YANG DIJALANKAN HARUS SESUAI DENGAN KARAKTER DARI SETIAP PESERTA DIDIK YANG BERADA DALAM SEBUAH RUANGAN KELAS. SELAIN ITU, KITA JUGA AKAN BERHADAPAN DENGAN KONDISI TENAGA PENDIDIK YANG TENTUNYA AKAN MENGALAMI KELELAHAN DAN TIDAK MAMPU MENCAPAI CAPAIAN SEPERTI YANG DITETAPKAN OLEH KURIKULUM DAN PEMERINTAH.
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teori pendidikan:
https://brainly.co.id/tugas/12352594
Detil jawabanKelas: VII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab; Bab 8 - Mendeskripsikan sesuatu
Kode kategori: 7.1.8
Kata kunci: masalah, pendidikan, pembelajaran, behavioristik
10. masalah apa yang mungkin muncul bila dalam suatu proses pembelajaran diterapkan teori belajar behavioristik
Tidak mampu menjelaskan situasi belajar yang kompleks, sebab banyak variabel atau hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan dan atau belajar yang tidak dapat diubah menjadi sekedar hubungan stimulus dan respon.
11. masalah apa yang mungkin muncul bila dalam suatu proses pembelajaran diterapkan teori belajar behavioristik
sulit untuk dipahami oleh orang orang
12. Teori belajar behavioristik menurut pandangan islam
Jawaban:
Teori belajar merupakan kumpulan prinsip umum yang saling berhubungan dan penjelasan atas sejumlah fakta serta penemuan yang berkaitan dengan peristiwa belajar. Dalam teori belajar Barat, terdapat tiga teori yang populer yaitu: teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif, dan teori belajar humanis. Namun, yang menjadi fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teori belajar behavioristik? Bagaimana pula teori belajar dalam perspektif Islam? Serta bagaimana perbandingan dan sintesa teori belajar konvensional dengan teori belajar Islam? Hasil penelitian menunjukkan bahwa Barat yang memiliki pandangan duniasekulerpositifistik-materialistik, membatasi teori belajar pada gejala-gejala yang berkaitan dengan peristiwa-peristiwa yang bersifat empiris-rasional-kuantitaif. Hal ini berimplikasi bahwa teori belajar behavioristikmereduksi manusia hanya terbatas pada mekanikalpragmatis dan menjadikan individu berorientasi pada materi. Sementara teori belajar yang ditawarkan Islam tidak hanya bersifat rasional-empiris, melainkan juga bersifat normatif-kualitatif. Terdapat teori belajar dalam Islam yang setara dengan teori belajaristik, yaitu: 1) teori belajar dalam membangun tingkah laku, yang terdiri dari tiga model; taqlid (imitasi), ta'wid (pembiasaan), dan tajribah wa khata' (coba-coba). Meskipun demikian, tidak semua konsep teori belajar behavioristik itu bersifat destruktif atau bertentangan dengan Islam. Di sisi lain, masih ada teori-teori belajar yang tidak bertentangan dengan Islam, sehingga perlu diadakan sintesa. Dari sintesa kedua teori belajar tersebut muncul teori belajar terpadu yang selaras dengan idealisme Islam, yaitu kumpulan dari beberapa prinsip yang berkaitan dengan belajar yang bersumber dari al-Qur'an, as-Sunah, khazanah pemikiran intelektual muslim, dan mengadopsi teori belajar Barat yang relevan dengan Islam. Teori belajar terpadu ini memberikan pada proses pembelajaran yang holistik, efektif, dan efisien.
Penjelasan:
Maaf klo salah ya adik adik
13. Apa yang harus dilakukan siswa jika guru menggukan teori behavioristik dalam proses pengajaran
Jawaban:
menyimaknnya
Penjelasan:
#semangatbelajar
#belajardaribrainly
14. teori belajar apa saja yang termasuk dalam aliran behavioristik
setahu aku salah satu diantaranya model cooperative learning STAD yang menitik beratkan pada kerjasama suatu kelompok untuk memecahkan masalah secara bersama-sama.
15. Bagaimana contoh belajar yang menggunakan teori belajar behavioristik?
Haloo Kakak❤^-^,Terimakasih Sudah Bertanya widra coba bantu jawab ya...☺✍
jawaban :
sebagai contoh
siswa belum dapat berhitung perkalian walaupun iya sudah berusaha giat dan gurunya sudah mengajarkan dengan tekun , namun jika anak tersebut belum dapat mempraktekan perhitungan perkalian, maka iya belum dianggap belajar karena ia belum bisa menunjukan perubahan prilaku sebagai hasil belajar
⛈
《Learn with widra ☃️•°☆》...✍
Detail :
Kelas : -
Mapel : bahasa
Materi : -
16. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah....
Jawaban:
1. olahraga
2. belajar menari
3. pembelajaran komputer seperti mengetik
4. belajar berenang
Penjelasan:
4 hal tersebut bisa dilakukan dalam penerapan behavioristik
makasih
semoga membantu
Jawaban:
1. olahraga
2. belajar menari
3. pembelajaran komputer seperti mengetik
4. berenang
17. Masalah apa yang mungkin muncul bila dalam suatu proses pembelajaran menerapkan teori belajar behavioristik?
Masalah yang mungkin muncul bila dalam suatu proses pembelajaran menerapkan teori belajar behavioristik :
Hak mental pelajar tidak akan terlalu di perhatikan karena dalam teori ini yang dicanangkan hanyalah hak jasmaniah saja.Banyak pelajar yang akan membangkang karena pembelajaran yang dilakukan dengan teori ini akan bersifat ketat, terikat, dan tidak adanya sedikit pun kebebasan.Pelajar yang kurang dalam aspek akademik maupun nonakademiknya akan mudah putus asa karena yang akan didukung dan di puji-puji adalah pelajar yang dominan, pandai, dan disiplin. Hal ini mengakibatkan tidak ada seseorang (baik guru atau pihak lain) yang menyemangati siswa yang berkebalikan dari itu.Banyak siswa yang akan menjadi tersangka akan ketidakpatuhan dalam proses belajar karena perilaku siswa yang demikian dicap sebagai kesalahan dan karena kesalahan itu ia wajib DIHUKUM.PembahasanTeori Behavioristik adalah teori pembelajaran akademik dan motorik siswa yang mencakup nilai sosial dan moral siswa yang didapatkan dari peniruan dan peneladanan. Teori Behavioristik lebih menekankan kepada moral dan kedisiplinan siswa sehingga baik siswa yang pandai dan tidak pandai dinilai dari sikapnya. Ada 3 paradigma dalam Teori Behavioristik (menurut Edward Lee Thorndike) yaitu :
Paradigma Hukum Kesiapan.Paradigma Hukum Latihan.Paradigma Hukum Akibat.Adapun menurut pendapat yang lain misalnya saja Tobert Gagne, ada 9 paradigma dalam Teori Behavioristik, yaitu :
Paradigma Pendapatan Perhatian.Paradigma Penginformasian Siswa.Paradigma StimulasiParadigma Pemberian Materi.Paradigma Pembimbingan.Paradigma Pemunculan Tindakan.Paradigma Umpan Balik.Paradigma Penilaian Hasil Belajar.Paradigma Pelatihan Daya Ingat.Pelajari Lebih LanjutTeori Buner : modes of presentation, Tahap Ikonik : brainly.co.id/tugas/39313845Arti dari tahap enaktif : brainly.co.id/tugas/4373842Proses kognitif dalam penerimaan umpan balik : brainly.co.id/tugas/20937339Proses belajar menurut Gagne : brainly.co.id/tugas/39972814Detail JawabanKelas : 10Mapel : SosiologiSubMapel : PsikologiMateri : Sosiologi sebagai IlmuKode : 10.20.1Kata Kunci : Permasalahan teori belajar behavioristik#AyoBelajar
#BelajarBersamaBrainly
18. kelemahan dan kelebihan teori belajar behavioristik dan sejak kapan digunakan di indonesia
Kekurangan
Pembelajaran siswa yang berpusat pada guru (teacher centered learning), bersifat meanistik, dan hanya berorientasi pada hasil yang diamati dan diukur
Murid hanya mendengarkan dengan tertib penjelasan guru dan menghafalkan apa yang didengar dan dipandang sebagai cara belajar yang efektif.Penggunaan hukuma sebagai salah satu cara untuk mendisiplinkan
siswa ( tori skinner ) baik hukuman verbal maupun fisik seperti kata – kata kasar , ejekan , jeweran yang justru berakibat buruk pada siswa.
Kelebihan
Sangat cocok untuk memperoleh kemampuan yang membutuhkan praktek dan pembiasaan yang mengandung unsure-unsur seperti kecepatan, spontanitas, kelenturan, refleks, dan daya tahan.
19. Ciri-ciri belajar menurut teori behavioristik
Jawaban:
Ciri-Ciri Teori Belajar Behavioristik
Mengutamakan pengaruh lingkungan.
Hasil pembelajaran fokus pada terbentuknya perilaku yang diinginkan.
Mementingkan pembentukan reaksi atau respon.
Bersifat mekanistis atau dilakukan dengan mekanis tertentu, misalnya meminta maaf.
#jng lupa likeya and followya:-)
20. bagaimana penerapan teori belajar behavioristik terhadap gaya belajar visual
Jawaban:
Teori belajar behavioristik adalah
sebuah aliran dalam teori belajar yang
sangat menekankan pada perlunya tingkah
laku (behavior) yang dapat diamati.
Menurut aliran behavioristik, belajar pada
hakikatnya adalah pembentukan asosiasi
antara kesan yang ditangkap panca indra
dengan kecenderungan untuk bertindak atau
hubungan antara stimulus dan respons.
Oleh karena ituteori ini juga dinamakan
teori stimulus-respons.Metode yang dipakai
yaitu mengamati serta menyimpulkan.
semoga membantu.
0 Comments